Comscore Tracker

6 Ragam Sate Khas Sumatera yang Lezat dan Bikin Perut Keroncongan

Dari ikan sampai siput ada semua

Sate merupakan menu makanann berbahan daging yang disukai banyak orang. Tak hanya daging sapi, ayam, dan kambing; ternyata di Sumatera ada sate berbahan ikan dan siput juga, lho.

Terkenal akan sate padangnya, siapa sangka Sumatera punya ragam sate yang lezat dan enak. Tersebar dari Lampung hingga Aceh, berikut 6 ragam sate khas Sumatera yang bikin perut keroncongan

1. Sate tuhuk

6 Ragam Sate Khas Sumatera yang Lezat dan Bikin Perut Keroncongansate tuhuk (instagram.com/rm.pondokuring)

Sate tuhuk merupakan olahan daging khas lampung yang memiliki bahan utama tuhuk atau ikan marlin. Cara pembuatan dan bumbunya hampir sama dengan sate pada umumnya karena menggunakan sambal kacang saat disajikan. 

Sate tuhuk punya cita rasa gurih dan tekstur mirip sate ayam. Tetapi saat masih mentah, daging ikan marlin terlihat seperti daging sapi. 

2. Sate manis palembang

6 Ragam Sate Khas Sumatera yang Lezat dan Bikin Perut Keroncongansate manis palembang (instagram.com/pesonasriwijaya)

Sate manis adalah sate daging sapi khas Palembang dengan bumbu cuko di atasnya. Selain cuko, sate manis Palembang disajikan bersama kuah daging, tauco dan sepiring nasi hangat. Sate manis sendiri ternyata sudah ada ratusan tahun lalu dan dijual secara berkeliling dengan cara dipikul.

Meski tak sebanyak dulu, namun beberapa penjual sate manis masih setia menjajakkan sate khas Palembang ini di kios mereka.

3. Sate senapelan

6 Ragam Sate Khas Sumatera yang Lezat dan Bikin Perut Keroncongansate senapelan (instagram.com/kuliner_with_mark)

Sate senapelan terbuat dari ikan patin yang dibumbui dan dibakar. Sate senapelan banyak ditemukan di Riau, lho. Seperti sate lainnya, ikan patin akan dipotong kecil kecil dan ditusuk dengan kayu lidi. Setelah itu dibumbui dan dibakar hingga matang.

Berbeda dari sate yang ada di Jawa, sate senapelan disajikan dengan lontong dan kuah gulai. Rasanya gurih dan segar karena kuahnya yang penuh rempah. 

Baca Juga: 10 Kuliner Akulturasi Budaya Arab hingga India di Sumatera, Istimewa!

4. Sate gonggong

6 Ragam Sate Khas Sumatera yang Lezat dan Bikin Perut Keronconganilustrasi gonggong (instagram.com/discoverkepri)

Sate gonggong atau keong laut adalah favoritnya masyarakat Palembang dan sekitarnya. Gonggong merupakan hewan laut yang mirip dengan keong atau siput. Hewan ini banyak ditemukan di Palembang dan sekitarnya. Selain diseruput langsung, gonggong juga enak dimasak asam manis, gulai, dan sate. 

Cara membuat sate gonggong tak jauh berbeda dari sate siput atau keong, lho. Gonggong direbus agar dagingnya mudah dikeluarkan dari cangkangnya. Tak lupa sebelum dibakar, sate gonggong diberi bumbu serta kecap asin agar lebih sedap. 

5. Sate matang aceh

6 Ragam Sate Khas Sumatera yang Lezat dan Bikin Perut Keroncongansate matang aceh (instagram.com/desyelmawanty2603)

Sate matang adalah kuliner khas Matang, Geulempang Dua, Aceh. Mirip dengan sate manis Palembang, sate matang juga disajikan bersama nasi dan kuah lho.

Sate matang terbuat dari daging sapi atau kambing yang dibumbui dengan aneka rempah lalu dibakar hingga matang. 

Kuah yang disajikan dengan sate matang juga tak kalah beraroma karena memakai banyak rempah khas Indonesia. 

6. Sate padang

6 Ragam Sate Khas Sumatera yang Lezat dan Bikin Perut Keroncongansate padang (instagram.com/manang_kabau)

Sate padang adalah sate dari Pulau Sumatera yang paling populer. Dibuat dari daging sapi dan jerohannya, sate padang memiliki ciri khas rasa rempah dan cabai yang kuat. Sate padang sendiri memiliki tiga jenis tergantung daerah asalnya.

Dari sate Padang Pariaman, Padang Panjang hingga Padang Kota, perbedaan yang mencolok dari ketiganya adalah kuah kentalnya. Meski bahan yang digunakan sama, namun versi Padang Pariaman memiliki rasa cabai yang kuat dibanding lainnya. 

Enak-enak semua, keenam sate khas Sumatera di atas wajib banget masuk bucket list kulineranmu saat ke sana. Mana nih yang mau dicoba dulu? 

Baca Juga: 5 Wisata Bukit Hijau di Sumatera Utara, Lanskapnya Menyegarkan Mata

Natasha Wiyanti Photo Verified Writer Natasha Wiyanti

Ibu dua anak yang ingin belajar menulis lebih baik lagi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya