Comscore Tracker

5 Roti Khas Jerman yang jadi Menu Sarapan Pagi, Ada Pretzel!

Masing-masing punya rasa yang berbeda lho

Di Jerman, roti masih menjadi menu sarapan favorit masyarakatnya. Mulai dari pretzel hingga brotchen merupakan deretan roti tradisional khas Jerman yang sering dibuat sendiri dan jadi menu sarapan pagi.

Dipadukan dengan butter, sosis atau daging; kelima roti khas Jerman ini juga memiliki ciri khas yang berbeda-beda dari rasa dan teksturnya. Berikut lima roti tradisional khas Jerman yang cocok jadi menu sarapan pagi hari.

1. Roggenbrot

5 Roti Khas Jerman yang jadi Menu Sarapan Pagi, Ada Pretzel!Roggenbrot (mildlymeandering)

Roggenbrot adalah roti khas Jerman yang dibuat dari tepung dan gandum hitam. Selain itu biasanya dalam pembuatan roggenbrot ditambahkan biji-bijian atau kacang-kacangan sehingga rasa dan teksturnya unik dan khas.

Di Jerman, roggenbrot sangat lezat saat diberi olesan mentega di atasnya. Apalagi jika disajikan saat masih hangat. 

2. Pumpernickle

5 Roti Khas Jerman yang jadi Menu Sarapan Pagi, Ada Pretzel!Pumpernickle (kingarthurbaking.com)

Pumpernickle atau roti tawar hitam khas Jerman memiliki warna gelap,  punya rasa gurih dengan manis sedikit. Pumpernickle banyak dinikmati orang Jerman sebagai menu sarapan mereka di pagi hari. 

Warnanya yang hitam adalah hasil dari proses memasaknya yang cukup lama serta dipengaruhi cocoa powder yang banyak ditambahkan saat membuat roti ini. 

Baca Juga: 9 Makanan Khas Jerman yang Cocok Disantap saat Musim Dingin

3. Brotchen

5 Roti Khas Jerman yang jadi Menu Sarapan Pagi, Ada Pretzel!Brotchen (quick-german-recipe. com)

Brotchen adalah salah satu roti yang sering menjadi menu sarapan di Jerman. Bentuk brotchen lebih kecil dari roti Jerman lainnya. Brotchen memiliki tekstur yang cukup keras.

Membuat brotchen cukup mudah dan bahannya pun cukup sederhana. Roti kecil khas Jerman ini dibuat dari campuran gandum, air, yeast, dan garam.  

Saat disantap, brotchen biasa disandingkan dengan makanan yang gurih seperti daging atau sosis. 

4. Vollkornbrot

5 Roti Khas Jerman yang jadi Menu Sarapan Pagi, Ada Pretzel!Vollkornbrot (kingarthurbaking.com)

Vollkornbrot adalah roti tradisional Jerman yang dibuat dari gandum hitam. Vollkornbrot juga disebut rye wheat bread karena menggunakan gandum hitam tanpa campuran apapun. Roti vollkornbrot dicetak panjang dan dipotong pipih layaknya roti tawar. 

Vollkornbrot dikenal punya tekstur padat dan cukup lembut. Di Jerman banyak yang menyantap vollkornbrot dengan salmon atau kaviar (telur ikan). 

5. Pretzel

5 Roti Khas Jerman yang jadi Menu Sarapan Pagi, Ada Pretzel!Pretzel (preppykitchen.com)

Populer hampir di seluruh dunia, pretzel khas Jerman punya bentuk yang menarik. Bila biasanya roti Jerman bulat atau kotak, pretzel  memiliki bentuk tapal kuda. Rasanya gurih dan teksturnya empuk di bagian dalamnya. 

Pretzel banyak menjadi menu sarapan orang Jerman saat pagi hari. Rasa pretzel kini juga lebih beragam yakni ada gurih, karamel, atau cokelat. 

Tak hanya bahannya yang berbeda, kelima roti khas Jerman di atas juga memiliki teknik dan waktu masak yang berbeda. Dari kelima roti tersebut, mana nih yang mau kamu coba dulu? 

Baca Juga: 5 Ide Kreasi Sopapilla yang Enak, Roti Goreng Praktis dari Spanyol

Natasha Wiyanti Photo Verified Writer Natasha Wiyanti

Ibu satu anak yang ingin belajar menulis lebih baik lagi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya