Comscore Tracker

Hits Abis! Ini 9 Jenis Mi Korea yang Bisa Kamu Coba

Cobain kuliner dari Korea yang istimewa

Ada yang mengatakan bahwa makan nasi masih bisa ditolak, tapi kalau makan mi sulit untuk berkata tidak. Ya, mi memang salah satu kuliner favorit yang punya banyak penggemar. Ditambah lagi sangat banyak pilihan jenis mi yang bisa memuaskan selera. Menemukan mi di restoran mana pun di dunia juga tidak sulit sehingga kepopulerannya semakin meningkat.

Korea merupakan salah satu negara yang memiliki beragam macam mi dengan varian yang cukup banyak. Paling sering mungkin mendengar mi samyang yang terkenal akan kepedasannnya, atau ramyeon yang biasa ditemukan pada drama-drama Korea. Selain dua jenis mi tadi, masih banyak ternyata varian lainnya yang tak kalah menarik. Yuk, disimak apa saja jenis mi lain yang bisa kamu coba.

1. Jajangmyeon

Hits Abis! Ini 9 Jenis Mi Korea yang Bisa Kamu Cobajajangmyeon (pixabay.com/lalay)

Normalnya, kamu akan menemukan mi dengan kuah yang bening atau merah. Mi yang satu ini sedikit unik dengan warna gelap yaitu hitam. Berasal dari saus kacang kedelai hitam, mi ini lebih menonjolkan rasa manis.

Jika kamu yang sering mengeluh dengan masakan pedas, boleh mencoba pilihan ini. Meskipun bisa dimakan kapan saja, orang Korea memiliki kebiasaan yang akan memakan Jajangmyeon saat mereka pindah rumah.

2. Kalguksu

Hits Abis! Ini 9 Jenis Mi Korea yang Bisa Kamu Cobakalguksu (pixabay.com/LeeJeongSoo)

Kalguksu adalah mi potong korea yang terbuat dari tepung terigu. Mi ini diolah secara tradisional dengan menggunakan tangan. Adonan dibuat terlebih dahulu dan diuleni hingga mencapai tekstur tertentu, baru selanjutnya dipotong sesuai dengan ukuran mi kalguksu.

Kuliner Korea ini memiliki kuah yang berasal dari kaldu seperti ikan dan ada juga yang menggunakan ayam. Kalguksu juga merupakan kuliner yang biasa dimakan musiman. 

3. Jjamppong

Hits Abis! Ini 9 Jenis Mi Korea yang Bisa Kamu Cobajjampong (pixabay.com/withplex)

Para penikmat makanan pedas tak usah cemas, Korea juga memiliki mi pedas yaitu jjampong. Orang Korea suka memakan mi ini dengan pedamping soju.

Meskipun lumayan banyak ditemukan di Korea, Jjampong sebenarnya merupakan makanan Cina yang menjadi menu pada restoran Cina di Korea. Harga dari mi ini biasanya lebih murah daripada jajangmyeon.

Baca Juga: Resep Mie Setan yang Enak ala Mie Gacoan, Cara Bikinnya Gampang 

4. Naengmyeon

Hits Abis! Ini 9 Jenis Mi Korea yang Bisa Kamu Cobanaengmyeon (pixabay.com/Ipegasu)

Kalau di Indonesia, nikmatnya makan mi kuah ya ketika mi itu sedang hangat-hangat. Berbeda dengan mi yang satu ini, naengmyeon disajikan dalam keadaan dingin. 

Sensasi dingin naengmyeon menjadikan kuliner ini sering dikonsumsi ketika musim panas. Namun sayangnya, mi ini kebanyakan hanya dinikmati oleh orang Korea. Lidah orang asing kebanyakan kurang sesuai dengan cita rasa Naengmyeon ini.

5. Ramyeon

Hits Abis! Ini 9 Jenis Mi Korea yang Bisa Kamu Cobaramyeon (pixabay.com/kps7942)

Seperti Indomie di Indonesia, ramyeon merupakan makanan instan Korea yang biasa disajikan. Ketika sedang mengikuti acara outdoor seperti camping atau hiking, mi ini selalu menjadi andalan. Tinggal tambahkan telur dan juga potongan sosis, lengkap sudah kenikmatan ramyeon ini.
Ramyeon Korea juga banyak yang sudah diekspor ke luar negeri. Merek yang cukup populer adalah shin ramyeon dengan cita rasa yang sedikit pedas.

6. Jjolmyeon

Hits Abis! Ini 9 Jenis Mi Korea yang Bisa Kamu Cobajjolmyeon (pixabay.com/gilwe1314)

Perbedaan jjolmyeon dengan mi lainnya yaitu tekstur minya yang sangat kenyal. Tekstur mie ini menjadikannya sedikit lama untuk dikunyah namun tetap memiliki peminat karena cita rasanya yaitu pedas dengan sedikit rasa asam manis.

Mi ini juga termasuk mi yang dinikmati saat dingin sama seperti naengmyeon. Orang Korea biasa menikmati jjolmyeon dengan kimbab, dimana ada kimbab disitu ada jjolmyeon.

7. Kongguksu

Hits Abis! Ini 9 Jenis Mi Korea yang Bisa Kamu Cobakongguksu (pixabay.com/kps7942)

Satu lagi hidangan dingin mi Korea yaitu kongguksu. Kuah konguksu berasal dari kacang kedelai yang direndam beberapa jam dan direbus. Kedelai yang direbus akan dihaluskan dengan air dingin dan sedikit bumbu.

Rasa dari konguksu yaitu sedikit manis karena berasal dari kedelai. Selain itu, kedelai juga menjadikan hidangan ini memiliki kandungan protein yang tinggi.

8. Janchi guksu

Hits Abis! Ini 9 Jenis Mi Korea yang Bisa Kamu Cobajanchi guksu (pixabay.com/go_han_na)

Sedikit mirip dengan kalguksu, janchi guksu juga memiliki kuah dengan kaldu yang berasal dari ikan teri atau sapi. Perbedaannya, mi ini tidak menggunakan mi potong seperti pada kalguksu dan memiliki topping yaitu telur, rumput laut kering serta tumisan sayur.

Janchi guksu merupakan mi autentik Korea yang sering dihidangkan saat pesta seperti perkawinan. Itu sebabnya mi ini dinamakan janchi guksu yang mana "janchi" berarti pesta dan "guksu" merupakan mi.

9. Bibim guksu

Hits Abis! Ini 9 Jenis Mi Korea yang Bisa Kamu Cobabibim guksu (pixabay.com/kps7942)

Mi campur Korea yang disebut bibim guksu ini terbuat dari mi yang sangat tipis. Mi tipis ini berasal dari tepung terigu dan dinamakan dengan somyeon.

Bibim guksu memang biasa disajikan dingin, namun rasa dari mi ini cukup bisa diterima oleh masyarakat internasional. Sebab mi ini menggunakan perasa tambahan dan diberi potongan daging sapi juga sayur didalamnya.

Ternyata hidangan mi Korea cukup bervariasi, ya. Kamu ingin coba yang mana dulu, nih?

Baca Juga: Resep Udang Keju ala Mie Gacoan, Camilan Spesial Akhir Pekan

Shafira Raihana Photo Verified Writer Shafira Raihana

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya