Comscore Tracker

Banyak Olahan Susu, 9 Camilan dan Minuman Populer di Mongolia

Tertarik untuk mencobanya saat ke Mongolia?

Mongolia merupakan salah satu negara yang terletak di Asia Timur. Negara yang berbatasan dengan Rusia ini memiliki daratan yang didominasi oleh perbukitan dan pegunungan. Tidak heran, kalau di Mongolia sangat banyak sekali ditemukan peternakan dan pertanian.

Hasil dari peternakan yang berupa susu banyak diolah menjadi camilan dan minuman tradisional yang banyak dinikmati oleh masyarakat Mongolia. Penasaran apa saja itu? Langsung simak saja 9 camilan dan minuman tradisional yang populer di Mongolia berikut ini.

1. Boortsog

Banyak Olahan Susu, 9 Camilan dan Minuman Populer di Mongoliaboortsog (instagram.com/amara.in.wonderland)

Boortsog merupakan kudapan nasional masyarakat Mongolia. Kudapan ini terbuat dari bahan-bahan sederhana berupa tepung terigu, minyak, garam, dan gula yang kemudian digoreng dengan minyak.

Boortsog banyak dikonsumsi oleh masyarakat Mongolia sebagai menu sarapan pagi. Alih-alih roti, masyarakat Mongolia lebih suka mengonsumsi boortsog sebagai sumber energi mereka di pagi hari.

2. Ul boov

Banyak Olahan Susu, 9 Camilan dan Minuman Populer di Mongoliaul boov (instagram.com/kassgagu)

Saat Tsagaan Sar atau Tahun Baru Imlek, masyarakat Mongolia akan selalu menghidangkan kudapan yang satu ini. Kudapan itu adalah ul boov. Ul boov merupakan biskuit yang terbuat dari tepung.

Biskuit ini memiliki ukuran yang cukup besar, yakni panjang 30 cm dengan ketebalan 4 cm. Ul boov biasanya ditumpuk di atas piring dengan setiap tingkat ditata dalam bentuk segitiga atau persegi. Lapisannya pun harus dalam jumlah ganjil yang melambangkan kebahagiaan.

3. Aaruul

Banyak Olahan Susu, 9 Camilan dan Minuman Populer di Mongoliaaaruul (instagram.com/caravanistan)

Mongolia kaya akan hasil susu. Salah satu kudapan Mongolia yang terbuat dari susu adalah aaruul.

Aaruul adalah camilan berupa susu kering yang biasanya diberi gula maupun tidak. Anak-anak Mongolia suka makan aaruul sebagai camilan.

Di pedesaan, aaruul seringkali dinikmati bersama yogurt untuk sarapan. Tertarik untuk mencoba?

4. Eezgii

Banyak Olahan Susu, 9 Camilan dan Minuman Populer di Mongoliaeezgii (instagram.com/bura_1105)

Eezgii merupakan salah satu camilan asam khas Mongolia. Camilan ini adalah yoghurt yang dimasak dengan susu hingga menjadi asam. Kemudian direbus hingga empat jam lamanya.

Residu kental yang tertinggal di dasar pot inilah yang dinamakan eezgii. Supaya keras, residu itu kemudian dijemur hingga menjadi eezgii yang siap untuk dikonsumsi.

5. Khoormog

Banyak Olahan Susu, 9 Camilan dan Minuman Populer di Mongoliakhoormog (instagram.com/worldfoodunique)

Yoghurt biasanya terbuat dari susu sapi. Namun, beda halnya dengan khoormog. Khoormog merupakan yoghurt khas Mongolia yang terbuat dari susu unta.

Khoormog dipercaya sangat bagus untuk kesehatan. Tidak heran, banyak orang Mongolia yang mengonsumsi yoghurt ini sebelum tidur. Mereka meyakini bahwa kandungan dalam khoormog sangat baik untuk pencernaan.

Baca Juga: 5 Olahan Khas dari Mongolia, Cita Rasa ala Tradisional yang Lezat

6. Hailmag

Banyak Olahan Susu, 9 Camilan dan Minuman Populer di Mongoliahailmag (instagram.com/mongolchuud)

Hailmag merupakan salah satu kudapan manis andalan Mongolia. Kudapan ini sekilas terlihat seperti bubur. Hailmag sendiri terbuat dari krim mentega, tepung, kismis dan gula.

Makanan ini lebih banyak dikonsumsi oleh masyarakat pedesaan. Hidangan ini juga biasanya disajikan untuk menyambut para tamu yang datang ke rumah.

7. Aarts

Banyak Olahan Susu, 9 Camilan dan Minuman Populer di Mongoliaaarts (instagram.com/farmerscornerng)

Terbuat dari susu, aarts adalah kudapan yang terbuat dari dadih susu kering. Aarts yang semula berupa yogurt akan dikeringkan sampai menjadi kue putih kering.

Kamu bisa menikmati camilan ini dengan dengan susu dan gula atau direbus dengan air, gula, dan sedikit tepung. Selain itu, kudapan ini juga dapat dikonsumsi oleh bayi dan diyakini sangat sehat untuk pencernaan bayi.

8. Airag

Banyak Olahan Susu, 9 Camilan dan Minuman Populer di Mongoliaairag (instagram.com/javkana23)

Airag adalah susu kuda yang difermentasi dan salah satu minuman klasik Mongolia. Cara untuk membuat minuman ini pun terbilang unik. Susu kuda yang sudah diperah akan diaduk dalam wadah kulit sapi.

Kemudian diaduk dengan kuat dan berulang kali dengan tongkat selama kurang lebih satu jam untuk membantu proses fermentasi. Setelah itu, susu akan dibiarkan 3-4 jam untuk fermentasi. Airag sering disajikan dalam berbagai perayaan dan dipercayai baik untuk kesehatan.

9. Suutei tsai

Banyak Olahan Susu, 9 Camilan dan Minuman Populer di Mongoliasuutei tsai (instagram.com/kdy120414)

Suutei tsai atau bisa dibilang teh susu adalah teh dan minuman tradisional Mongolia. Wanita Mongolia membuatnya dengan menambahkan susu dan garam ke dalam teh. Teh diseduh sebentar dalam panci besar di atas kompor. 

Teh ini memiliki rasa yang cukup unik dan berbeda dari teh susu pada umumnya. Teh ini juga sering disajikan untuk menyambut tamu yang datang ke rumah.

Itulah 9 camilan dan minuman yang populer di Mongolia. Mongolia sangat mengandalkan sektor peternakan. Tidak heran, banyak camilan dan minuman tradisional mereka yang terbuat dari susu. Bagaimana, tertarik untuk mencoba?

Baca Juga: 8 Fakta Unik Kerajaan Mongolia, Penyelamat Pedagang di Jalur Sutra

Sintya Yoo Photo Verified Writer Sintya Yoo

nothing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya