Comscore Tracker

Bikin Ngiler, 10 Dessert Cokelat Paling Populer dari Berbagai Negara

Kamu paling ngiler sama yang mana, nih?

Siapa di sini penggila cokelat? Dengar kata cokelat saja sudah bisa bikin para cokelat maniak ngiler berat.

Bagi kamu penggemar cokelat, rasanya tidak lengkap jika kamu tidak mengetahui dan mencicipi dessert-dessert cokelat yang populer dari beberapa negara berikut. Dijamin lihat fotonya saja sudah bisa buat kamu ngiler dan ingin segera mencobanya.

Berikut ada 10 dessert cokelat paling populer dari berbagai dunia. 

1. Brownies (Amerika Serikat)

Bikin Ngiler, 10 Dessert Cokelat Paling Populer dari Berbagai Negarabrownies (pexels.com/Piotr Arnoldes)

Tentu kamu tidak akan asing dengan dessert cokelat yang satu ini. Brownies adalah dessert yang terbuat dari cokelat, telur, mentega, gula, tepung, garam, dan ekstrak vanila yang kemudian dioven.

Meskipun bahannya mirip dengan yang digunakan untuk membuat kue cokelat, brownies memiliki tekstur lebih padat dan lebih berat daripada kue. Dan pastinya, memiliki rasa cokelat yang lebih terasa.

2. Lamington (Australia)

Bikin Ngiler, 10 Dessert Cokelat Paling Populer dari Berbagai Negaralamington cake (pexels.com/Karen Laårk Boshoff)

Berikutnya ada kue lamington dari Australia. Lamington sendiri merupakan sebuah kue mentega atau kue bolu yang dilapisi saus cokelat di bagian luarnya dan digulung dengan kelapa kering.

Campuran tipis cokelat yang terserap di bagian luar kue bolu akan mengeras dan memberikan tekstur yang khas pada kue. Bisa dibayangkan dong betapa lezat kue yang satu ini.

Rasa manis dari cokelat dan gurih dari kelapa kering membuat lamington sangat populer di Australia dan berbagai negara lainnya.

3. Praline (Belgium)

Bikin Ngiler, 10 Dessert Cokelat Paling Populer dari Berbagai Negarapraline (pexels.com/Pixabay)

Pernah icip dessert cokelat yang satu ini? Dessert ini bernama praline. Praline dari Belgium merupakan salah satu praline yang paling populer.

Praline dari Belgium terdiri dari kulit cokelat dengan isian yang lebih lembut bahkan terkadang cair. Secara tradisional, praline ini terbuat dari berbagai kombinasi seperti hazelnut, almond, gula, sirup, dan seringkali pasta dari susu.

Ciri khas dari praline ini adalah garing di bagian luar dan lembut di bagian dalamnya. Praline Belgium atau bisa disebut juga praline Belgia pertama kali diperkenalkan oleh Jean Neuhaus II, seorang pembuat cokelat Belgia, pada tahun 1912.

4. Kalter Hund (Jerman)

Bikin Ngiler, 10 Dessert Cokelat Paling Populer dari Berbagai Negarakalter hund (instagram.com/moeyskitchen)

Kalter hund adalah salah satu dessert tradisional dari Jerman.

Kalter hund merupakan kue berlapis yang dibuat dengan kue kering dan isian cokelat yang bercampur minyak kelapa. Kue ini tidaklah susah dibuat karena tidak perlu pemanggang. Jadi, bagi kamu yang mau coba dessert yang satu ini, kamu boleh coba buat sendiri di rumah.

5. Champurrado (Mexico)

Bikin Ngiler, 10 Dessert Cokelat Paling Populer dari Berbagai Negarachampurrado (instagram.com/isabeleats)

Champurrado adalah minuman hangat dari Meksiko yang berbahan dasar cokelat. Minuman ini memiliki tekstur yang sangat kental. Rasa cokelat yang lezat dan kaya dari champurrado didapatkan dari penambahan beberapa bahan yang sangat unik.

Untuk membuat minuman yang satu ini, kamu memerlukan cokelat, air, dan susu (susu dibumbui dengan batang kayu manis, adas manis, dan dimaniskan dengan piloncillo). Supaya kental, champurrado dikentalkan dengan masa harina atau maizena.

Baca Juga: 5 Kue Cokelat Paling Popular di Italia, Kelezatannya Meleleh di Mulut

6. Nanaimo bars (Kanada)

Bikin Ngiler, 10 Dessert Cokelat Paling Populer dari Berbagai Negarananaimo bars (instagram.com/bakecassiebake)

Berikutnya ada nanaimo bars dari Kanada. Nanaimo bar adalah dessert tanpa panggang yang memiliki tiga lapisan. Tiga lapisan itu antara lain remahan wafer dengan kelapa parut, lapisan gula mentega rasa custard di tengah, dan ganache cokelat di atasnya.

Nanaimo bars semakin populer setelah disorot sebagai makanan penutup klasik Kanada di Expo 86. Resep untuk dessert ini dapat ditemukan di berbagai tempat dengan berbagai nama di Amerika Utara dan Eropa.

7. Mosaic cake (Turki)

Bikin Ngiler, 10 Dessert Cokelat Paling Populer dari Berbagai Negaramosaic cake (instagram.com/parisas_vegan_life)

Mosaic cake merupakan salah satu kue cokelat dengan tampilan yang unik. Mosaic cake merupakan kue klasik yang dihancurkan dan dilipat atau ditumpuk sedemikian rupa. Kemudian dituangkan cokelat leleh pada adonan. Dengan cara seperti ini, maka kue akan memberikan tampilan seperti ubin atau mosaik.

Biasanya dalam mosaic cake terdapat juga kenari, hazelnut, dan ceri kering untuk memberikan tekstur yang lebih banyak dan variasi rasa yang luar biasa yang cocok dengan cokelat hitam.

8. Kladdkaka (Swedia)

Bikin Ngiler, 10 Dessert Cokelat Paling Populer dari Berbagai Negarakladdkaka (instagram.com/flavourforever)

Kladdkaka adalah salah satu makanan penutup paling dicintai di Swedia. Kue cokelat ini memiliki tekstur yang unik berupa sedikit renyah di bagian luar dan lengket atau kenyal di bagian dalam. 

Kladdkaka hampir mirip dengan brownies coklat. Yang membedakan kladdkaka dan kue lainnya adalah tidak adanya baking powder. Kladdkaka biasanya disantap dengan krim kocok atau es krim vanila dan raspberry.

9. Chocoflan (Mexico)

Bikin Ngiler, 10 Dessert Cokelat Paling Populer dari Berbagai Negarachocoflan (instagram.com/sweetendingsbyshay)

Chocoflan adalah makanan penutup khas Meksiko yang menggabungkan flan dan kue coklat yang disiram karamel. Kue ini memiliki rasa yang sangat manis.

Flan pada kue terbuat dari custard yang dibuat dari susu, telur, dan pemanis. Biasanya dipanggang dalam penangas air untuk tekstur terbaik. Setelah dipanggang, akan didinginkan kemudian dibalik ke piring.

10. Nama chocolate (Jepang)

Bikin Ngiler, 10 Dessert Cokelat Paling Populer dari Berbagai Negaranama chocolate (instagram.com/royce_jp)

Terakhir, ada nama chocolate dari Jepang. Nama chocolate merupakan sejenis ganache yang terbuat dari campuran coklat leleh dan krim segar. Saat campuran mengeras, balok cokelat dipotong-potong dan ditaburi bubuk kakao di atasnya.

Cokelat ini sangat lembut dan akan meleleh di mulut kamu. Rasa manis dan sedikit pahit dari cokelat hitam membuat nama chocolate wajib untuk kamu icip.

Nah, itulah 10 dessert cokelat populer dari berbagai negara. Dari deretan hidangan cokelat di atas, kamu paling mau coba yang mana nih?

Baca Juga: 5 Kreasi Lava Cake Menarik Hati yang Tidak Selalu Berbahan Cokelat

Sintya Yoo Photo Verified Writer Sintya Yoo

IG : @gyy_0529 | FB : Sintya Yoo | Twitter : @Sintya46831892

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya