Comscore Tracker

5 Kuliner Asli Luwu Timur yang Bikin Nambah Porsi, Yummy Abis!

Ampun deh bikin lapar aja

Luwu Timur merupakan salah satu kabupaten yang terletak di provinsi Sulawesi Selatan dengan Malili sebagai pusat pemerintahannya. Kabupaten yang jaraknya sekitar 565 kilometer dari kota Makassar ini memiliki potensi sumber daya perikanan yang tinggi.

Hal tersebut turut mempengaruhi ragam kuliner khasnya yang sebagian besar menggunakan bahan yang berasal dari hasil laut.

Penasaran apa saja kuliner khas kabupaten Luwu Timur yang wajib kamu cicipi saat berkunjung ke sana? Yuk, cari tahu di bawah ini!

1. Keripik kuporai

5 Kuliner Asli Luwu Timur yang Bikin Nambah Porsi, Yummy Abis!keripik kuporai (instagram.com/kuporai_mks)

Keripik kuporai merupakan camilan khas Luwu Timur yang berbahan dasar pisang tanduk. Terdapat berbagai macam varian rasa keripik kuporai yang bisa kamu cicipi, seperti original, manis, asin, pedas manis, balado, jagung manis, dan cokelat.

Cita rasanya sangat gurih dengan tekstur renyah yang nikmat. Sangat cocok dijadikan sebagai oleh-oleh, lho.

2. Buras

5 Kuliner Asli Luwu Timur yang Bikin Nambah Porsi, Yummy Abis!buras (instagram.com/kakilasak_culinary)

Jika diperhatikan sekilas buras memang memiliki tampilan yang sama seperti lemper. Perbedaannya terletak pada bahan pembuatnya. Buras terbuat dari beras dan santan sedangkan lemper terbuat dari ketan.

Masyarakat Luwu Timur biasanya menyantap buras bersama telur, daging, atau kari ayam. Buras juga menjadi makanan yang wajib ada saat pernikahan atau acara keagamaan.

Baca Juga: 5 Makanan Khas Kediri yang Nikmatnya Ambayar di Lidah!

3. Abon bandeng

5 Kuliner Asli Luwu Timur yang Bikin Nambah Porsi, Yummy Abis!abon bandeng (instagram.com/abonbuncir)

Jika biasanya abon terbuat dari daging sapi atau daging ayam, di kabupaten Luwu Timur terdapat abon yang terbuat dari ikan bandeng. Sebagai informasi, ikan bandeng merupakan salah satu hasil laut terbanyak di kabupaten ini. Tak heran jika banyak ditemukan olahan berbahan dasar ikan bandeng di sini, salah satunya abon bandeng.

Soal rasa tidak perlu diragukan lagi. Hanya diolah menggunakan bumbu rempah-rempah pilihan menjadikan cita rasa abon bandeng khas Luwu Timur sangat gurih dan nikmat. Selain itu, abon bandeng juga memiliki umur simpan yang lama sehingga tidak mudah busuk. Cocok dijadikan sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

4. Terasi bubuk

5 Kuliner Asli Luwu Timur yang Bikin Nambah Porsi, Yummy Abis!terasi bubuk (instagram.com/cak.oyong)

Bagi wisatawan, terasi bubuk merupakan oleh-oleh khas Luwu Timur yang paling digemari. Dibandingkan dengan terasi pada umumnya, terasi bubuk dinilai lebih praktis dalam hal penggunaan karena kamu hanya perlu menaburkannya saja ke dalam masakan, tidak perlu disangrai, digoreng, atau dibakar terlebih dahulu.

Terasi bubuk terbuat dari 100% udang pilihan yang sudah melalui proses sangrai. Aroma khasnya mampu memberikan cita rasa makanan yang lezat dan nikmat.

5. Peong

5 Kuliner Asli Luwu Timur yang Bikin Nambah Porsi, Yummy Abis!peong (instagram.com/fardanhi)

Nama peong dalam bahasa Luwu berarti nasi bambu bakar. Peong terbuat dari beras yang dicampur dengan santan. Kemudian kedua bahan tersebut dimasukkan ke dalam bambu untuk selanjutnya dibakar hingga matang.

Oleh masyarakat setempat peong juga dijadikan sebagai hidangan wajib saat pelaksanaan ritual garap sawah yang dilakukan oleh para petani.

Nah, itulah beberapa kuliner khas Luwu Timur yang populer. Jangan lupa cicipi saat berkunjung ke sana ya!

Baca Juga: 8 Makanan Khas Indramayu yang Menggugah Selera

Sinta Listiyana Photo Verified Writer Sinta Listiyana

Terimakasih telah membaca tulisan saya :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ane Hukrisna

Berita Terkini Lainnya