Comscore Tracker

Bikin Perut Keroncongan, 5 Kuliner Khas Populer Khas Banggai

Kelezatannya menggoyang lidah

Saat singgah di provinsi Sulawesi Tenggara, sempatkanlah untuk mengunjungi kabupaten Banggai. Letaknya kurang lebih 610 kilometer dari pusat kota Palu.

Kabupaten yang pusat pemerintahannya ada di Luwuk ini tak kalah dengan kabupaten lain dalam hal wisata kuliner. Ada banyak makanan khas dengan cita rasa lezat yang mampu memanjakan lidah.

Berikut terdapat 5 rekomendasi makanan khas Banggai yang wajib dicicipi saat berkunjung ke sana. Yuk, simak!

1. Salanggar

Bikin Perut Keroncongan, 5 Kuliner Khas Populer Khas Banggaisalanggar (instagram.com/altrianapalayukan)

Bahan utama makanan ini adalah buah pisang yang diolah dengan santan. Kemudian digoreng hingga matang. Cita rasanya tak perlu diragukan lagi. Perpaduan manis dari buah pisang dan gurihnya santan membuat salanggar disukai oleh banyak orang.

2. Pisang lowe

Bikin Perut Keroncongan, 5 Kuliner Khas Populer Khas Banggaipisang lowe (instagram.com/swissbelinnluwuk)

Untuk membuat pisang lowe, mula-mula buah pisang yang telah dikupas harus dibelah menjadi beberapa bagian. Kemudian digoreng hingga matang.

Pisang lowe disajikan bersama sambal terasi. Cita rasanya pun sangat unik, yaitu perpaduan antara rasa manis dan pedas yang dijamin akan membuat siapa saja ketagihan.

Baca Juga: 5 Hidangan Khas Senegal yang Paling Populer, Bikin Ketagihan!

3. Nasi jaha

Bikin Perut Keroncongan, 5 Kuliner Khas Populer Khas Banggainasi jaha (instagram.com/pinnsyl)

Nasi jaha terbuat dari beras ketan. Dibungkus menggunakan daun pisang lalu dimasak dengan cara dibakar di atas bara api.

Proses memasak yang masih mempertahankan cara tradisional ini bertujuan agar cita rasa dan aroma nasi jaha lebih khas. Dimakan langsung atau bersama lauk, cita rasa nasi jaha sama nikmatnya.

4. Milu siram

Bikin Perut Keroncongan, 5 Kuliner Khas Populer Khas Banggaimilu siram (instagram.com/misshotrodqueen)

Bahan dasar makanan ini adalah jagung yang dicampur dengan udang atau ikan tuna, daging kelapa muda, terung, jeruk nipis, dan daun kemangi.

Bahan-bahan tadi kemudian disiram dengan kuah yang sebelumnya sudah diolah menggunakan bawang merah, bawang putih, dan cabai rawit. Terakhir taburkan bawang goreng di atasnya.

Cita rasa milu siram ini asin, manis, gurih, dan pedas. Milu siram akan semakin nikmat jika disantap dengan perkedel dan keripik.

5. Onyop

Bikin Perut Keroncongan, 5 Kuliner Khas Populer Khas Banggaionyop (instagram.com/marlyneanindori)

Bisa dikatakan, bahwa onyop adalah papeda-nya Sulawesi Tengah. Sama-sama terbuat dari sagu, kedua makanan ini hanya berbeda dari segi penyajiannya saja.

Jika papeda disajikan bersama kuah kuning, lain halnya dengan onyop yang disajikan bersama kuah asam ikan.

Seperti namanya, cita rasa kuah ini dominan asam karena berasal dari perasan air jeruk lemon dan belimbing asam. Kedua bahan tadi dipadu dengan berbagai macam bumbu rempah-rempah. Bagi pecinta pedas juga bisa menambahkan sambal.

Ternyata makanan khas Banggai sangat beraneka ragam, bukan? Soal rasa, sudah pasti sangat memanjakan lidah dan dapat menjadi pilihan santapan untuk menemani liburanmu di Banggai.

Baca Juga: 5 Hidangan Nikmat Khas Tanah Laut yang Sayang Dilewatkan, Yuk Coba! 

Sinta Listiyana Photo Verified Writer Sinta Listiyana

Terimakasih telah membaca tulisan saya :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya