Comscore Tracker

5 Kuliner Khas Banjar yang Rasanya Mantap Jiwa!

Belum cicipi sudah ngiler duluan #LokalIDN

Banjar merupakan salah satu kabupaten yang terletak di provinsi Kalimantan Selatan dengan pusat pemerintahan ada di Martapura. Kabupaten ini tak hanya mampu menarik minat wisatawan untuk berkunjung melalui beragam destinasi wisata alam yang memukau, tapi juga hidangan khasnya yang lezat.

Kira-kira apa saja ya hidangan khas Banjar yang wajib kamu cicipi? Yuk simak ulasannya berikut ini.

1. Itik panggang

5 Kuliner Khas Banjar yang Rasanya Mantap Jiwa!Itik panggang (instagram.com/zuraida_hamdie)

Itik panggang merupakan salah satu hidangan khas Banjar yang kerap disajikan dalam perayaan kelahiran. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat hidangan ini terdiri dari itik muda, garam, bawang putih, jahe, kecap manis, dan saus tomat.

Agar bumbu mudah meresap dan itik panggang cepat matang, sebelum dipanggang, daging itik harus ditusuk-tusuk pada beberapa bagiannya terlebih dahulu lalu diolesi bumbu lagi sambil dibolak-balik.

2. Kacang bagula

5 Kuliner Khas Banjar yang Rasanya Mantap Jiwa!Kacang bagula (instagram.com/lydia_puspa_)

Kacang bagula terbuat dari kacang merah yang digoreng lalu diberi cairan gula merah yang sebelumnya telah dilarutkan. Tapi ada juga yang menambahkan emping goreng dan bawang putih goreng. Supaya lebih enak, bisa juga diberi sedikit cabai rawit.

Baca Juga: Resep Soto Banjar Santan yang Gurih, Bikin Air Liur Menetes!

3. Soto banjar

5 Kuliner Khas Banjar yang Rasanya Mantap Jiwa!Soto banjar (instagram.com/kuliner.indonesia01)

Tak hanya di pulau Jawa, hidangan soto juga bisa kamu temukan di pulau Kalimantan, tepatnya di kabupaten Banjar. Ciri khas soto banjar adalah cita rasa kuahnya yang gurih dengan aroma bumbu rempah-rempah yang kuat.

Bahan lain yang juga membuat soto banjar berbeda dengan soto dari daerah lainnya adalah penggunaan telur bebek. Soto banjar akan semakin nikmat saat disajikan bersama dengan nasi atau ketupat.

4. Pisang petis

5 Kuliner Khas Banjar yang Rasanya Mantap Jiwa!Pisang petis (instagram.com/wie_hers)

Hidangan khas Banjar yang satu ini terbuat dari pisang muda yang dibelah menjadi dua bagian. Kemudian pada bagian tengahnya diisi petis dan kacang goreng yang sebelumnya telah dihaluskan.

Selain itu ada juga yang menambahkannya dengan larutan gula merah dan taburan bawang putih goreng. Bagi penyuka pedas juga bisa menambahkan cabai rawit ke dalamnya.

5. Tahu petis

5 Kuliner Khas Banjar yang Rasanya Mantap Jiwa!Tahu petis (instagram.com/lyssahoo)

Pada dasarnya cara penyajian hidangan ini tak jauh berbeda dengan pisang petis, yaitu dengan menambahkan larutan gula merah. Sedangkan untuk bahan utamanya, kamu hanya perlu mengganti pisang dengan tahu goreng.

Namun agar cita rasa tahu petis lebih maknyus, beberapa orang ada yang lebih suka menambahkan emping dan melinjo goreng.

Nah, itulah beberapa kuliner khas Banjar yang bercita rasa unik dan menggugah selera. Apakah kamu tertarik untuk mencicipi salah satunya?

Baca Juga: 6 Fakta Nasi Astakona Khas Banjar yang Penampilannya Mencuri Perhatian

Sinta Listiyana Photo Verified Writer Sinta Listiyana

Terimakasih telah membaca tulisan saya :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya