Comscore Tracker

5 Kuliner Khas Barito Selatan yang Menggugah Selera, Lezat! 

Rugi banget kalau kamu gak nyobain 

Barito Selatan merupakan salah satu kabupaten yang terletak di provinsi Kalimantan Tengah dengan Buntok sebagai pusat pemerintahannya. Di kalangan wisatawan kabupaten ini begitu populer karena memiliki banyak kuliner khas bercita rasa unik dan lezat. Bahkan beberapa di antaranya bisa kamu bawa pulang sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah setelah puas berlibur.

Kira-kira apa saja ya kuliner khas dari Barito Selatan? Yuk simak ulasannya berikut ini.

1. Keripik ikan lais

5 Kuliner Khas Barito Selatan yang Menggugah Selera, Lezat! Ikan lais (instagram.com/cecerika87)

Ikan lais atau yang dikenal juga dengan nama ikan wader dapat dengan mudah ditemukan di sungai Barito. Masyarakat setempat cukup pandai mengolah ikan ini menjadi berbagai macam hidangan yang memanjakan lidah, salah satunya adalah dengan digoreng kering dan diberi bumbu penyedap.

Selain memiliki cita rasa gurih yang nikmat, ikan lais juga memiliki kandungan kalsium tinggi yang bagus untuk pertumbuhan tulang.

2. Kalumpe

5 Kuliner Khas Barito Selatan yang Menggugah Selera, Lezat! Kalumpe (instagram.com/rasasayange)

Kalumpe merupakan hidangan yang terbuat dari daun singkong yang ditumbuk halus, bumbu rempah-rempah, dan santan. Setelah matang, kalumpe diberi taburan ikan teri dan kacang tanah. Hidangan ini akan terasa semakin lezat saat disantap bersama dengan nasi hangat.

Baca Juga: Ada Kelelawar, Ini 5 Kuliner Paling Enak di Barito Utara

3. Chai kue

5 Kuliner Khas Barito Selatan yang Menggugah Selera, Lezat! Chai kue (instagram.com/choipan_madeu_kitchen)

Di Barito Selatan chai kue disebut juga dengan nama choi pan. Kue ini mendapat banyak pengaruh dari budaya Tiongkok.

Memiliki cita rasa gurih yang bisa membuat siapa saja sulit untuk berhenti mengunyah, chai kue berisi lobak dan ebi di dalamnya. Chai kue paling lezat disantap bersama dengan sambal bercita rasa pedas dan asam.

4. Ikan seluang goreng

5 Kuliner Khas Barito Selatan yang Menggugah Selera, Lezat! ikan seluang goreng (instagram.com/immanuelwongsonegoro)

Hanya ada di perairan Indonesia, ikan seluang memiliki sisik seperti ikan lamam dan bentuk menyerupai ikan jelawat. Di Barito Selatan ikan seluang diolah dengan cara digoreng kering lalu diberi racikan bumbu-bumbu khusus.

Cita rasanya sangat gurih dan renyah dibandingkan ikan lainnya. Kamu bisa langsung menyantapnya sebagai camilan atau dijadikan sebagai lauk.

5. Keripik singkah uei

5 Kuliner Khas Barito Selatan yang Menggugah Selera, Lezat! Keripik singkah uei (instagram.com/buifa_cemilankhaskalteng)

Satu lagi camilan khas Barito Selatan yang sayang kamu lewatkan, yaitu keripik yang berbahan dasar rotan muda atau yang dikenal dengan nama keripik singkah uei. Cita rasanya gurih dan tentu saja lezat. Keripik singkah uei tersedia dalam berbagai varian rasa  mulai dari manis hingga pedas.

Kuliner khas Barito Selatan yang rasanya sangat menggugah selera bisa kamu cicipi atau kirimkan ke orang terdekat sebagai oleh-oleh. Tertarik coba?

Baca Juga: 5 Choi Pan yang Paling Dicari di Jakarta, Bikin Ketagihan!

Sinta Listiyana Photo Verified Writer Sinta Listiyana

Terimakasih telah membaca tulisan saya :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya