Comscore Tracker

10 Kuliner Khas Benin yang Lezat dan Populer!

Gak kalah lezat dengan kuliner dari negara lain

Benin merupakan salah satu negara di Afrika yang terkenal dengan kuliner khasnya yang lezat dan menyehatkan. Tidak sulit untuk mendapatkannya, kamu bisa membeli hidangan tersebut di pedagang kaki lima di Benin. Tentunya dengan harga yang ramah di kantong.

Nah, bagi kamu yang sudah penasaran dengan macam-macam kuliner Benin yang istimewa, yuk simak ulasannya berikut ini.

1. Ablo

10 Kuliner Khas Benin yang Lezat dan Populer!instagram.com/togolese_food

Ablo merupakan roti khas Benin yang terbuat dari tepung jagung, ragi, gula, dan garam yang dikukus. Agar aromanya lebih harum, ablo bisa dibungkus dalam daun pisang.

Biasanya ablo disajikan bersama dengan daging, ikan, saus, dan mojo, yaitu campuran sayuran berupa paprika, tomat, dan bawang merah.

2. Yovo Doko

10 Kuliner Khas Benin yang Lezat dan Populer!instagram.com/moonrisetomoonset

Yovo doko merupakan jajanan pinggir jalan khas Benin berupa gorengan dengan cita rasa manis yang lezat. Yovo doko terbuat dari tepung, ragi, gula, dan air.

Disajikan bersama dengan gula, bagian dalam yovo doko memiliki tekstur yang lembut dan empuk.

3. Akassa

10 Kuliner Khas Benin yang Lezat dan Populer!instagram.com/marche_gouro_paris18officiel

Akassa terbuat dari adonan jagung yang sebelumnya telah melalui proses fermentasi kemudian dikukus menggunakan daun pisang. Kaya akan kandungan karbohidrat, akassa dapat dinikmati bersama dengan saus gumbo, minyak kacang sawit, saus mojo, saus merah kental dengan ikan goreng, saus egussi yang terbuat dari tomat, minyak kacang sawit, bubuk biji wijen, dan daging cincang.

4. Dahomey Fish Stew

10 Kuliner Khas Benin yang Lezat dan Populer!instagram.com/gracecooksaroundtheworld

Dahomey fish stew adalah hidangan khas Benin yang terdiri dari fillet ikan keras rendah lemak yang digulung dengan tepung lalu digoreng hingga warnanya berubah menjadi cokelat keemasan. Setelah itu, dicampur dengan bawang bombay dan tomat.

Hidangan ini paling lezat disantap bersama dengan nasi.

5. Massa

10 Kuliner Khas Benin yang Lezat dan Populer!instagram.com/pastoepizzas

Massa merupakan hidangan sederhana khas Benin yang terbuat dari millet, tepung beras, dan bumbu rempah-rempah lokal. Tak hanya terkenal di Benin, massa yang memiliki cita rasa gurih ini juga populer di Nigeria.

Baca Juga: 10 Fakta Menarik Benin, Negara Afrika Tempat Lahirnya Ritual 'Voodoo'

6. Kuli-kuli

10 Kuliner Khas Benin yang Lezat dan Populer!instagram.com/1qfoodplatter

Kuli-kuli terbuat dari adonan kacang tanah yang telah ditumbuk, garam, merica, dan bumbu lain lalu digoreng. Kuli-kuli merupakan makanan nasional Benin yang kaya akan kandungan protein.

7. Amiwo

10 Kuliner Khas Benin yang Lezat dan Populer!instagram.com/sandrella_taste

Amiwo adalah adonan yang terbuat dari jagung dan mojo yang terdiri dari cabai, bawang bombay, dan tomat. Kemudian adonan tersebut dimasak dalam suhu tinggi. Amiwo biasanya disajikan bersama dengan ikan goreng, ikan bakar, atau daging goreng.

8. Wagassi

10 Kuliner Khas Benin yang Lezat dan Populer!instagram.com/canelya_cotonou

Wagassi pada dasarnya merupakan keju yang berasal dari susu sapi. Wagassi dapat dikonsumsi langsung maupun digoreng terlebih dahulu. Biasanya masyarakat Benin menambahkan saus ke dalam hidangan ini.

9. Tapioca

10 Kuliner Khas Benin yang Lezat dan Populer!instagram.com/rangeljroficial

Hidangan khas Benin yang satu ini terbuat dari biji tapioka yang sudah matang, lalu ditambahkan daun serai, susu, dan gula. Meskipun dapat disantap kapan saja, namun masyarakat Benin biasanya menjadikan tapioca sebagai menu sarapan.

10. Wassa-wassa

10 Kuliner Khas Benin yang Lezat dan Populer!instagram.com/beninbloggfood229

Wassa-wassa merupakan hidangan yang terbuat dari singkong yang telah dihaluskan kemudian dikukus. Masyarakat Benin menyajikan wassa-wassa dengan campuran daging, minyak bawang goreng, dan cabai bubuk.

Nah, itulah kuliner khas Benin yang lezat dan populer. Apakah kamu pernah mencicipi salah satunya?

Baca Juga: 10 Teh Khas dari Negara di Benua Afrika, Eropa, hingga Amerika

Sinta Listiyana Photo Verified Writer Sinta Listiyana

Terimakasih telah membaca tulisan saya :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya