Comscore Tracker

5 Kuliner Khas Kota Sungai Penuh yang Wajib Dicicipi, Yummy Abis!

Gak cukup kalau hanya makan seporsi #LokalIDN

Terbentuk dari hasil pemekaran kabupaten Kerinci, kota Sungai Penuh merupakan kota terbesar kedua di provinsi Jambi. Kota ini memiliki banyak kuliner yang bercita rasa unik dan lezat karena hanya menggunakan bumbu rempah-rempah lokal yang khas.

Penasaran apa saja kuliner khas kota Sungai Penuh? Yuk simak ulasannya berikut ini.

1. Ketan durian

5 Kuliner Khas Kota Sungai Penuh yang Wajib Dicicipi, Yummy Abis!instagram.com/synthiatjipto

Ketan durian khas kota Sungai Penuh sangat terkenal dengan kelezatannya karena hanya menggunakan bahan-bahan berkualitas. Perpaduan gurih ketan dan manisnya buah durian terasa pas di lidah.

Untuk membuat hidangan ini, pastikan kamu memilih buah durian yang tepat karena dapat memengaruhi rasa dan tekstur lengket dari ketan durian tersebut.

2. Dodol kentang

5 Kuliner Khas Kota Sungai Penuh yang Wajib Dicicipi, Yummy Abis!instagram.com/arlindanreza

Dodol khas kota Sungai Penuh tergolong unik karena terbuat dari bahan yang tak biasa, yaitu kentang granola. Rasanya manis legit seperti dodol pada umumnya, namun teksturnya berbeda karena tidak lengket.

Kerap dijadikan oleh-oleh, dodol kentang tersedia dalam berbagai varian rasa seperti gula aren, pandan, nanas, durian, dan lain-lain.

Baca Juga: 5 Ragam Kue Khas Jambi yang Lezat dan Menggugah Selera, Bikin Ngiler!

3. Gulai ikan semah

5 Kuliner Khas Kota Sungai Penuh yang Wajib Dicicipi, Yummy Abis!instagram.com/etalasesehat.id

Hidangan ini hanya bisa kamu nikmati saat berkunjung ke kota Sungai Penuh. Sebab bahan utama berupa ikan semah yang keberadaannya sangat langka hanya hidup di sungai Batang Merangin dan danau Kerinci, provinsi Jambi.

Daging ikan semah yang empuk dan enak dipadukan dengan kuah kuning yang teksturnya pekat dan rasanya asam benar-benar membuat siapa saja tidak sabar untuk segera mencicipinya.

4. Soto semurup

5 Kuliner Khas Kota Sungai Penuh yang Wajib Dicicipi, Yummy Abis!instagram.com/donapiscesika

Soto semurup khas kota Sungai Penuh menggunakan daging sapi yang sebelumnya telah dimasak menjadi dendeng. Hal ini berbeda dengan soto daging lainnya yang dagingnya hanya direbus kemudian langsung dimasukkan ke dalam kuah.

Selain itu, isian soto semurup tak jauh berbeda dengan soto lain yaitu terdiri dari nasi, sayuran, dendeng sapi, dan bihun dengan kuah soto berwarna kuning bening. Rasanya semakin lezat saat disantap bersama kerupuk atau bawang goreng.

5. Lemang kantong semar

5 Kuliner Khas Kota Sungai Penuh yang Wajib Dicicipi, Yummy Abis!instagram.com/djamilahbindjamin

Isi lemang kantong semar tak jauh berbeda dengan lemang bambu, yaitu berupa beras ketan dan santan kelapa. Hidangan ini paling nikmat disantap dengan gulai. Biasanya lemang kantong semar sangat mudah ditemukan saat ada acara-acara adat.

Nah, itulah beberapa kuliner khas kota Sungai Penuh yang wajib kamu cicipi karena kelezatan rasanya. Tertarik?

Baca Juga: 5 Makanan Khas Kuantan Singingi yang Rasanya Mantap Jiwa!

Sinta Listiyana Photo Verified Writer Sinta Listiyana

Terimakasih telah membaca tulisan saya :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya