Comscore Tracker

5 Kuliner Khas Mesuji yang Wajib Dicicipi, Yummy Abis!

Ada yang terbuat dari rotan lho #LokalIDN

Mesuji merupakan salah satu kabupaten yang ada di provinsi Lampung hasil pemekaran dari kabupaten Tulang Bawang. Mesuji tak hanya terkenal memiliki banyak destinasi wisata alam dan wisata budaya yang memukau, tapi juga ragam kuliner khas yang nikmat.

Penasaran apa saja? Yuk simak ulasannya berikut ini.

1. Pisro

5 Kuliner Khas Mesuji yang Wajib Dicicipi, Yummy Abis!pisro (instagram.com/brklu_dicelsna)

Pisro adalah kuliner tradisional Mesuji yang terbuat dari ikan, cabai merah, bawang merah, jeruk nipis, tomat, asam jawa, terasi ikan, dan gula aren. Ikan yang digunakan biasanya ikan betok dan tembangkang.

Pisro memiliki cita rasa manis gurih yang khas karena penggunaan terasi ikan dan gula aren. Gula aren jugalah yang menjadikan kuah pisro berwarna kecokelatan.

2. Burgo

5 Kuliner Khas Mesuji yang Wajib Dicicipi, Yummy Abis!burgo (instagram.com/irmadesmayanti)

Burgo merupakan kuliner khas Mesuji yang bentuknya menyerupai dadar gulung dengan kulit yang terbuat dari tepung beras dan tepung sagu. Sementara itu, isiannya terdiri dari ikan gabus yang sebelumnya telah direbus dan disuwir halus.

Cita rasa kuah burgo yang kaya akan santan dan bumbu rempah-rempah lokal terasa gurih dan sangat nikmat di lidah sehingga embuat siapa pun ingin terus mencicipinya lagi dan lagi.

Baca Juga: 5 Kuliner Khas Rejang Lebong yang Rasanya Mantap Jiwa!  

3. Umbu

5 Kuliner Khas Mesuji yang Wajib Dicicipi, Yummy Abis!umbu (instagram.com/kuliner_lampung)

Umbu merupakan kuliner khas Mesuji berupa rotan muda. Sebelum dikonsumsi, umbu harus direbus terlebih dahulu hingga teksturnya menjadi lunak. Setelah itu, umbu bisa langsung dimakan sebagai lalapan atau ditumis.

Cita rasanya pahit seperti pare. Sayangnya saat ini umbu sulit dijumpai. Kalaupun ada, pasti dijadikan sebagai jamuan di acara-acara besar seperti upacara adat dan hajatan pernikahan.

4. Pempek Lampung

5 Kuliner Khas Mesuji yang Wajib Dicicipi, Yummy Abis!pempek lampung (instagram.com/pempeknony168)

Selama ini kamu mengenal pempek sebagai kuliner yang identik dengan kota Palembang. Tapi ternyata di Mesuji, Lampung juga memiliki olahan pempek dengan ciri khasnya tersendiri, lho.

Perbedaan kedua pempek ini terletak pada penggunaan bahan bakunya. Pempek di Palembang berbahan dasar ikan tenggiri, sementara di Lampung pempek dibuat dari ikan belida.

Selain dari penggunaan ikan yang berbeda, warna kuah kedua pempek ini juga berbeda. Pempek di Lampung memiliki kuah dengan warna yang sedikit lebih pekat dari pempek khas Palembang karena menggunakan biang cuka.

5. Kue lapis legit

5 Kuliner Khas Mesuji yang Wajib Dicicipi, Yummy Abis!kue lapis legit (instagram.com/lv_cake_cookies)

Kue lapis legit terbuat dari tepung terigu, kuning telur, mentega, gula pasir, susu kental manis, dan vanilla. Kue ini memiliki tekstur yang lembut dengan cita rasa manis nan legit.

Kue lapis legit selalu ada di setiap acara-acara besar seperti pesta, hajatan, sajian untuk menyambut tamu saat lebaran, dan lain sebagainya. Kuliner khas Mesuji yang bisa kamu jadikan sebagai oleh-oleh ini cocok disantap bersama segelas teh atau secangkir kopi.

Nah, itulah kuliner dari kabupaten Mesuji yang wajib kamu cicipi saat berkunjung ke sana karena kelezatan rasa yang ditawarkan. Apakah ada favoritmu?

Baca Juga: 5 Fakta Masjid Jami Al-Anwar, Masjid Tertua di Lampung

Sinta Listiyana Photo Verified Writer Sinta Listiyana

Terimakasih telah membaca tulisan saya :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya