Comscore Tracker

5 Kuliner Khas Pelalawan yang Wajib Kamu Coba, Cita Rasa Autentik!

Bikin nambah terus pastinya #LokalIDN

Pelalawan merupakan salah satu kabupaten yang ada di provinsi Riau hasil pemekaran dari kabupaten Kampar. Pusat pemerintahan kabupaten ini terletak di Pangkalan Kerinci.

Terdapat banyak destinasi wisata seru dan menarik yang bisa kamu kunjungi di sini. Dan yang terpenting jangan lupa untuk mencicipi kuliner khasnya yang lezat.

Kira-kira apa saja ya hidangan khas Pelalawan? Yuk simak ulasannya berikut ini.

1. Gulai Ikan Patin

5 Kuliner Khas Pelalawan yang Wajib Kamu Coba, Cita Rasa Autentik!instagram.com/nasi_daun_bu_topo

Tampilan dan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat kuliner khas Pelalawan yang satu ini sama seperti gulai pada umumnya. Cita rasa gulai ikan patin adalah asam sedikit pedas dan gurih yang lezat. Sangat cocok untuk dikonsumsi bersama dengan nasi hangat.

2. Roti Jala

5 Kuliner Khas Pelalawan yang Wajib Kamu Coba, Cita Rasa Autentik!instagram.com/zunika_tumiren

Roti jala terbuat dari tepung terigu, telur, santan, margarin, garam, dan minyak goreng. Cita rasa dan aromanya yang khas semakin menambah kelezatan roti ini. Biasanya masyarakat setempat menyajikan roti jala dengan kuah kari yang terbuat dari daging kambing atau daging ayam dan acar.

Baca Juga: 5 Makanan Khas Kuantan Singingi yang Rasanya Mantap Jiwa!

3. Gulai Ikan Baung

5 Kuliner Khas Pelalawan yang Wajib Kamu Coba, Cita Rasa Autentik!instagram.com/dinakristiana77

Rupanya gulai menjadi hidangan yang paling digemari di Pelalawan. Terbukti tak hanya gulai ikan patin saja yang wajib kamu cicipi, tapi ada juga gulai ikan baung yang juga terkenal akan kelezatannya.

Untuk membuat gulai ikan baung yang nikmat, mula-mula ikan baung yang telah dimasak terlebih dahulu dimasukkan ke dalam kuali bersama dengan santan dan tunggu hingga matang. Cita rasa gurih dari gulai ikan baung dipastikan bisa membuatmu nambah porsi.

4. Gulai Umbut Rotan

5 Kuliner Khas Pelalawan yang Wajib Kamu Coba, Cita Rasa Autentik!instagram.com/relicroxx

Tergolong unik dan tak biasa, hidangan yang satu ini bernama gulai umbut rotan. Jika menu gulai sebelumnya menggunakan ikan sebagai bahan utama, pada hidangan ini bahan utamanya berasal dari rotan muda atau yang biasa disebut sebagai umbut rotan.

Tak hanya itu saja. Untuk melengkapi kelezatannya, masyarakat setempat juga kerap menambahkan ikan salai ke dalam gulai ini.

5. Roti Canai

5 Kuliner Khas Pelalawan yang Wajib Kamu Coba, Cita Rasa Autentik!instagram.com/siewguan

Terdapat dua jenis roti canai yang bisa kamu cicipi saat berkunjung ke Pelalawan. Yang pertama adalah roti canai rasa asin yang harus disajikan dengan kuah kari dan yang kedua adalah roti canai rasa manis yang disajikan dengan susu kental manis, taburan gula, atau meses.

Sementara itu, minuman yang paling pas dikonsumsi saat menyantap roti canai adalah teh tarik.

Nah, itulah kuliner khas Pelalawan yang kelezatannya tiada tara. Apakah ada favoritmu?

Baca Juga: 6 Makanan Khas di Kepulauan Riau yang Wajib Dicoba Saat ke Sana

Sinta Listiyana Photo Verified Writer Sinta Listiyana

Terimakasih telah membaca tulisan saya :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya