Comscore Tracker

5 Kuliner Khas Rejang Lebong yang Rasanya Mantap Jiwa!  

Hidangannya unik dan lezat #LokalIDN

Rejang Lebong merupakan salah satu kabupaten yang ada di provinsi Bengkulu dengan Curup sebagai pusat pemerintahannya. Kabupaten ini tak hanya memiliki potensi wisata alam yang mempesona, tapi juga kelezatan kuliner khas yang beragam. Bahkan kamu bisa mendapatkannya dengan harga terjangkau.

Penasaran apa saja? Yuk simak ulasannya berikut ini.

1. Manisan terong

5 Kuliner Khas Rejang Lebong yang Rasanya Mantap Jiwa!  instagram.com/sita_syofyan

Sesuai namanya, manisan ini berbahan dasar terong ungu. Tak hanya dijadikan sebagai lauk, di tangan kreatif masyarajat Rejang Lebong terong bisa diolah menjadi manisan.

Tak hanya disukai oleh masyarakat setempat, manisan terong juga banyak disukai oleh wisatawan. Bahkan mereka kerap membelinya untuk dijadikan sebagai buah tangan.

2. Jagung marning

5 Kuliner Khas Rejang Lebong yang Rasanya Mantap Jiwa!  instagram.com/bestcornnn

Seperti namanya, kuliner khas Rejang Lebong yang satu ini terbuat dari jagung manis yang sebelumnya telah dikeringkan agar teksturnya renyah. Setelah itu diberi soda supaya bentuknya lebih mengembang. Bagi para pencinta pedas, jagung marning dapat disantap dengan sambal pedas.

Baca Juga: 5 Olahan Ikan Khas Bengkulu yang Bisa Disantap Bareng Keluarga, Yummy!

3. Gulai lemea

5 Kuliner Khas Rejang Lebong yang Rasanya Mantap Jiwa!  instagram.com/rismayeyekitchen_story

Gulai lemea menggunakan bahan dasar ikan air tawar. Kemudian ikan tersebut diberi rebung muda dan bumbu rempah-rempah yang sebelumnya sudah dicincang halus. Tekstur daging ikan yang lembut berpadu dengan kelezatan dan gurih kuah dari santan membuat siapa pun tak sabar untuk mencicipinya.

4. Bakso bakar

5 Kuliner Khas Rejang Lebong yang Rasanya Mantap Jiwa!  instagram.com/seblak_talangbenih

Jika diperhatikan dengan saksama, tampilan bakso bakar khas Rejang Lebong sama seperti bakso bakar yang biasa kamu jumpai. Perbedaannya terletak pada cara penyajiannya. Bakso bakar di Rejang Lebong biasanya disajikan bersama dengan sate atau ketupat.

5. Kue tat

5 Kuliner Khas Rejang Lebong yang Rasanya Mantap Jiwa!  instagram.com/mama_akira_akari

Kue tat dikenal juga dengan nama kue sawah karena bentuknya mirip seperti petak-petak sawah. Biasanya masyarakat setempat menyajikan kue ini untuk acara pernikahan. Kue tat tersedia dalam berbagai varian rasa, mulai dari nanas hingga kelapa.

Nah, itulah beberapa kuliner khas Rejang Lebong yang terkenal memiliki cita rasa lezat. Ada favoritmu?

Baca Juga: 9 Fakta Menu Bagar Hiu Khas Provinsi Bengkulu, Lezat!

Sinta Listiyana Photo Verified Writer Sinta Listiyana

Terimakasih telah membaca tulisan saya :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya