Comscore Tracker

5 Kuliner Khas Soppeng yang Lezat dan Menggiurkan, Bikin Lapar!

Mau pilih menu yang mana nih? #LokalIDN

Soppeng merupakan salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Sulawesi Selatan dengan Watansoppeng sebagai pusat pemerintahannya. Kabupaten yang jaraknya sekitar 160 kilometer dari kota Makassar ini terdiri dari daratan dan perbukitan.

Tak heran jika banyak tempat wisata alam menarik yang bisa kamu kunjungi. Selain itu, Soppeng juga terkenal dengan makanan-makanan khasnya yang unik dan lezat.

Kira-kira apa saja ya makanan khas kabupaten Soppeng yang tak boleh dilewatkan? Yuk cari tahu di bawah ini!

1. Gogoso

5 Kuliner Khas Soppeng yang Lezat dan Menggiurkan, Bikin Lapar!gogoso (instagram.com/kanrerong.mks)

Jika diperhatikan sekilas gogoso atau yang dikenal juga dengan nama gogos memiliki tampilan yang mirip seperti lemper yang berasal dari Jawa. Bedanya bentuk gogoso sedikit lebih panjang sekitar 15 sentimeter.

Gogoso terbuat dari beras ketan hitam atau ketan putih. Sedangkan isiannya terdiri dari ikan tongkol, kelapa sangrai, dan bumbu rempah-rempah. Isian tersebut dinamakan sebagai gogos kambu. Kemudian bungkus gogoso menggunakan daun pisang lalu dibakar hingga matang.

Gogoso sangat digemari oleh masyarakat Soppeng dan merupakan makanan yang wajib ada saat acara pernikahan.

2. Kapurung

5 Kuliner Khas Soppeng yang Lezat dan Menggiurkan, Bikin Lapar!kapurung (instagram.com/ummi_rifqah)

Kapurung merupakan makanan tradisional berbahan dasar tepung sagu yang dicampur dengan ikan atau daging ayam, udang, dan sayur-sayuran yang terdiri dari tomat, cabai, kangkung, bunga pisang, serta jagung manis muda.

Kapurung paling nikmat dijadikan sebagai lauk bersama dengan nasi hangat. Hidangan ini juga kerap dijadikan sebagai makanan di acara khitanan maupun pernikahan.

Baca Juga: 7 Wisata Alam yang Kece Ini Ternyata Ada di Soppeng, ke Sini Yuk!

3. Pisang epe

5 Kuliner Khas Soppeng yang Lezat dan Menggiurkan, Bikin Lapar!pisang epe (instagram.com/cakkimfood)

Pisang epe dapat dengan mudah kamu temukan di daerah Sulawesi Selatan, salah satunya di kabupaten Soppeng. Epe dalam bahasa setempat berarti dijepit. Hal tersebut didasarkan pada proses pembuatan pisang epe yang memang harus dijepit.

Seperti namanya, bahan dasar kuliner ini berupa pisang kapok yang belum matang. Mula-mula pisang dikelupas kulitnya kemudian dibakar. Lalu pisang tersebut dijepit menggunakan alat khusus yang terbuat dari kayu hingga teksturnya berubah menjadi gepeng atau pipih.

Pisang epe bisa disajikan dengan gula merah cair, cokelat, keju, durian, dan matcha.

4. Nasi palekko

5 Kuliner Khas Soppeng yang Lezat dan Menggiurkan, Bikin Lapar!nasi palekko (instagram.com/kymifoodndrink)

Nasi palekko merupakan hidangan berupa nasi dengan daging bebek yang telah dipotong kecil-kecil dan dicincang.

Mula-mula daging bebek yang sudah disembelih harus dikuliti terlebih dahulu kemudian dicuci sampai bersih. Setelah itu untuk menghilangkan bau amisnya, lumuri daging bebek dengan cuka dan jeruk nipis.

Nasi palekko memiliki cita rasa yang cukup pedas dan aroma khas karena penggunaan minyak goreng khusus yang terbuat dari kulit bebek itu sendiri.

5. Jalangkote

5 Kuliner Khas Soppeng yang Lezat dan Menggiurkan, Bikin Lapar!jalangkote (instagram.com/jalangkote_mamak)

Jika diperhatikan sekilas, tampilan jalangkote yang merupakan makanan ringan khas Soppeng ini mirip seperti pastel. Bedanya jalangkote diselimuti dengan kulit yang lebih tipis yang terbuat dari terigu, garam, santan, dan mentega.

Jalangkote memiliki isian berupa wortel, bihun, kentang, telur yang sebelumnya telah direbus, daging asap, dan mayonnaise. Agar cita rasanya lebih nikmat, jalangkote biasanya disantap bersama dengan cabai atau cuka.

Nah, itulah beberapa kuliner khas Soppeng yang lezat dan populer. Jangan lupa untuk mencicipinya saat berkunjung ke sana ya!

Baca Juga: Sop Konro: Kuliner Lezat dari Iga Sapi Khas Sulawesi Selatan

Sinta Listiyana Photo Verified Writer Sinta Listiyana

Terimakasih telah membaca tulisan saya :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya