Comscore Tracker

10 Makanan Khas Armenia yang Layak Kamu Coba, Lezat Banget!

Lupakan diet dulu yuk!

Makanan khas Armenia merupakan salah satu makanan paling unik di dunia. Hidangan yang kaya akan rasa tersebut memiliki resep yang diturunkan oleh nenek moyang sejak ribuan tahun lalu dan menggunakan bahan-bahan lokal yang masih segar sehingga menghasilkan cita rasa masakan yang istimewa.

Nah, di bawah ini terdapat ulasan mengenai sepuluh makanan khas Armenia yang layak kamu coba. Simak ya.

1. Lavash

10 Makanan Khas Armenia yang Layak Kamu Coba, Lezat Banget!instagram.com/multi_cultural_flavours

Lavash adalah makanan tradisional Armenia berupa roti pipih. Cara membuatnya cukup mudah, yaitu adonan yang terdiri dari tepung terigu dan air digulung menjadi lapisan tipis lalu diregangkan. Kemudian dipanggang dengan cara ditempelkan ke dinding oven yang terbuat dari tanah liat selama kurang dari satu menit.

2. Lahmacun

10 Makanan Khas Armenia yang Layak Kamu Coba, Lezat Banget!instagram.com/senayin_lezzetdunyasi

Lahmacun adalah pizza Armenia. Perpaduan antara roti yang renyah dengan tumis daging sapi cincang yang pedas, bawang putih, dan tomat yang telah dihaluskan menjadikan lahmacun sebagai makanan khas Armenia dengan rasa luar biasa yang paling favorit di negara ini.

3. Dolma

10 Makanan Khas Armenia yang Layak Kamu Coba, Lezat Banget!instagram.com/deryaca_tarifler

Dolma terbuat dari nasi yang sebelumnya telah diberi bumbu, daging cincang, bawang bombay, pasta tomat, peterseli segar, dan ketumbar lalu dibungkus menggunakan daun pohon anggur atau daun kubis.

Dolma lebih nikmat disantap bersama dengan matsun dan yogurt yang dicampur dengan bawang putih.

4. Ghapama

10 Makanan Khas Armenia yang Layak Kamu Coba, Lezat Banget!instagram.com/tonykababejian

Ghapama merupakan hidangan labu berukuran sedang yang diisi dengan nasi, kacang cincang, kayu manis, buah kering, kismis, dan gula atau madu, kemudian dibakar hingga teksturnya empuk.

Ghapama biasanya disajikan pada malam tahun baru dan perayaan natal Armenia yang jatuh setiap tanggal 6 Januari.

5. Basturma

10 Makanan Khas Armenia yang Layak Kamu Coba, Lezat Banget!instagram.com/cooking_by_anjelika

Memiliki tampilan seperti bresaola dari Italia, basturma merupakan filet daging sapi atau daging domba yang telah diawetkan di udara kering. Sebelumnya daging tersebut diberi bubuk fenugreek, allspice, jintan, kunyit, dan cabai merah.

Baca Juga: 8 Lokasi Plesir di Armenia yang Bikin Liburanmu Makin Berfaedah

6. Harisa

10 Makanan Khas Armenia yang Layak Kamu Coba, Lezat Banget!instagram.com/armeniancuisine

Melambangkan keberanian orang-orang Armenia, harisa merupakan makanan yang terbuat dari gandum dan daging lalu dimasak selama kurang lebih 4-5 jam agar daging larut bersama dengan terigu. Memiliki tekstur yang kental, harisa disajikan dengan mentega cair di atasnya.

7. Tjvjik

10 Makanan Khas Armenia yang Layak Kamu Coba, Lezat Banget!instagram.com/solastpete

Tjvjik merupakan hidangan hati sapi yang dimasak dengan bawang, garam, dan merica. Saat ini tjvjik sangat sulit ditemukan di kota-kota besar di Armenia. Makanan ini hanya akan kamu temui di desa-desa kecil di Armenia.

8. Armenian Eggplant

10 Makanan Khas Armenia yang Layak Kamu Coba, Lezat Banget!instagram.com/nourishedandclean

Hidangan ini terbuat dari irisan terong yang telah digoreng. Kemudian digulung dalam krim yang terdiri dari krim asam, yogurt kental, bawang putih parut, dan kenari cincang. Setelah itu, pada bagian atasnya diberi biji delima dan adas cincang.

9. Kchuch

10 Makanan Khas Armenia yang Layak Kamu Coba, Lezat Banget!instagram.com/homeagain_armeniancookbook

Kchuch terdiri dari potongan daging domba, kentang, tomat, paprika, bawang bombay, bawang putih, rempah-rempah, dan anggur. Semua bahan-bahan tersebut dimasak di dalam pot yang terbuat dari tanah liat untuk menghasilkan cita rasa yang autentik.

10. Chikofte

10 Makanan Khas Armenia yang Layak Kamu Coba, Lezat Banget!instagram.com/missionfood

Chikofte merupakan bakso yang terbuat dari daging kambing atau daging sapi yang dicampur dengan bulgur, bawang bombay, rempah-rempah, pasta tomat, dan merica. Kemudian bakso tersebut diberi lemon dan minyak zaitun. Agar lebih nikmat, sajikan chikofte dengan campuran tomat, mentimun, bawang merah, dan paprika.

Nah, itulah kuliner khas Armenia yang populer karena kelezatannya. Kamu tertarik untuk mencicipinya?

Baca Juga: 5 Makanan Khas Galicia yang Beragam nan Lezat, Bikin Ngiler!

Sinta Listiyana Photo Verified Writer Sinta Listiyana

Terimakasih telah membaca tulisan saya :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya