Comscore Tracker

5 Makanan Khas Gowa yang Menggugah Selera, Rasanya Juara!

Perut kenyang, liburan pun jadi menyenangkan #LokalIDN

Gowa merupakan salah satu kabupaten yang terletak di provinsi Sulawesi Selatan dengan Sungguminasa sebagai pusat pemerintahannya. Kabupaten Gowa berjarak sekitar 55 kilometer dari pusat kota Makassar.

Selain terkenal dengan ragam destinasi wisata, seperti Museum Balla Lompoa, Taman Wisata Holyland Malino, dan Raja Ampat Bollangi Gowa, di kabupaten ini juga terdapat rekomendasi kuliner khas yang patut kamu coba.

Memiliki cita rasa manis hingga gurih, jangan lupa mencoba mencicipi makanan khas Gowa saat berkunjung ke sana.

1. Toppa lada

5 Makanan Khas Gowa yang Menggugah Selera, Rasanya Juara!toppa lada (instagram.com/natalia.goysal)

Toppa lada merupakan makanan tradisional yang resepnya diwariskan oleh nenek moyang secara turun-temurun. Sekilas tampilannya seperti rendang, bedanya aroma toppa lada lebih harum dan cita rasanya sangat pedas karena penggunaan lada.

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat makanan ini terdiri dari daging sapi urat, lada, cabai rawit, cabai besar, bawang merah, bawang putih, kemiri, serai, santan kental, garam, gula pasir, dan air.

2. Kacang sembunyi

5 Makanan Khas Gowa yang Menggugah Selera, Rasanya Juara!kacang sembunyi (instagram.com/dian0503)

Dinamakan kacang sembunyi karena bentuk makanan ini yang menyembunyikan kacang tanah di dalam balutan adonan terigu. Bentuk hidangan dengan nama unik tersebut pasti akan mengingatkanmu pada pisang molen mini.

Tak hanya tepung, nantinya makanan ini juga dibalut dengan cairan gula pasir. Setelah itu goreng hingga teksturnya menjadi renyah. Memiliki cita rasa manis nan gurih, tak heran jika kacang sembunyi kerap diborong oleh wisatan sebagai oleh-oleh.

Baca Juga: 5 Kuliner Khas Mamuju Sulawesi Barat, Ada yang Pernah Kamu Coba?

3. Bassang

5 Makanan Khas Gowa yang Menggugah Selera, Rasanya Juara!bassang (instagram.com/raja_bassang)

Sebenarnya bassang merupakan makanan khas yang dapat kamu jumpai di hampir seluruh wilayah Sulawesi Selatan. Perbedaannya terletak pada penggunaan beberapa bahan tambahan, seperti halnya pada bassang khas Gowa yang diberi gula.

Bassang terbuat dari perpaduan tepung terigu dan jagung pulut yang dicampur air, gula, dan garam; kemudian dituangkan pada bubur beras.

Terdapat dua jenis bassang, yaitu bassang cokelat dan bassang putih. Makanan ini terasa semakin nikmat jika disantap saat masih panas.

4. Pallu kaloa

5 Makanan Khas Gowa yang Menggugah Selera, Rasanya Juara!pallu kaloa (instagram.com/doelbeckz)

Pallu kaloa merupakan hidangan yang terbuat dari kepala ikan, bawang merah, bawang putih, cabai merah, gula jawa, garam, jeruk nipis, lengkuas, daun jeruk, sereh, air, ketumbar, dan asam jawa.

Ciri khas pallu kaloa adalah memiliki aroma harum dan kuah berwarna cokelat seperti pada rawon di Jawa. Cara masyarakat setempat menikmati hidangan ini adalah dengan diberi topping dari serutan kelapa yang telah disangrai.

5. Keripik pisang ijo

5 Makanan Khas Gowa yang Menggugah Selera, Rasanya Juara!keripik pisang ijo (instagram.com/bundanisadotcom)

Jika biasanya pisang ijo populer sebagai bahan untuk membuat es, di kabupaten Gowa pisang ijo dapat diolah menjadi keripik yang renyah dan nikmat.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat keripik ini terdiri dari pisang kepok, minyak padat, dan perasa pisang ambon.

Hayo, mana nih kuliner khas favorit kamu? Semoga artikel ini bisa menjadi referensimu dalam memilih kuliner saat sedang berlibur ke Gowa.

Baca Juga: Info Wisata Rainbow Garden, Gowa: Rute, Biaya, dan Tips

Sinta Listiyana Photo Verified Writer Sinta Listiyana

Terimakasih telah membaca tulisan saya :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya