Comscore Tracker

5 Makanan Khas Penukal Abab Lematang Ilir yang Rasanya Mantap Jiwa!

Meski terlihat sederhana, jangan remehkan rasanya #LokalIDN

Tidak akan ada habisnya jika berbicara mengenai kuliner khas Indonesia, sebab negara ini memiliki banyak daerah dengan kelezatan makanan khasnya masing-masing.

Salah satu daerah tersebut adalah Penukal Abab Lematang Ilir atau yang biasa disingkat PALI. Daerah ini merupakan salah satu kabupaten yang terletak di provinsi Sumatera Selatan dengan Talang Ubi sebagai pusat pemerintahannya.

Penasaran apa saja hidangan unik dan lezat yang bisa kamu jumpai di Penukal Abab Lematang Ilir? Yuk simak ulasannya berikut ini.

1. Segarurung

5 Makanan Khas Penukal Abab Lematang Ilir yang Rasanya Mantap Jiwa!Segarurung (instagram.com/pali_up)

Segarurung merupakan makanan khas Penukal Abab Lematang Ilir yang berbahan dasar ikan. Mula-mula ikan yang akan dibuat menjadi segarurung harus diberi bumbu-bumbu yang terdiri dari bawang, cabai, dan asam jawa. Kemudian ikan tersebut dikeringkan dengan cara diasap menggunakan kayu bakar.

Sebenarnya segarurung bisa menggunakan berbagai macam jenis ikan, namun masyarakat setempat lebih suka menggunakan ikan nila dan ikan patin.

2. Miso

5 Makanan Khas Penukal Abab Lematang Ilir yang Rasanya Mantap Jiwa!Miso (instagram.com/her_cooking_journal)

Tak perlu jauh-jauh pergi ke Jepang untuk bisa menikmati miso, sebab di Penukal Abab Lematang Ilir juga ada miso dengan versi lokalnya.

Pada dasarnya hidangan ini berisi bihun dengan ayam, bawang goreng, dan bahan lain sebagai topping-nya. Tapi, kamu juga bisa menambahkan kuah agar cita rasanya lebih gurih dan segar. 

Baca Juga: 5 Kuliner Khas Ogan Komering Ulu yang Bikin Kamu Ketagihan Sekali Coba

3. Dodol nanas

5 Makanan Khas Penukal Abab Lematang Ilir yang Rasanya Mantap Jiwa!Dodol nanas (instagram.com/engzhou)

Dodol nanas memang dapat dengan mudah kamu jumpai di daerah lain di Indonesia. Tapi, dodol nanas khas Penukal Abab Lematang Ilir ini memiliki ciri khas tersendiri. Cita rasanya manis legit dengan tekstur yang kenyal dan tidak lengket.

Tak hanya menjadi camilan favorit masyarakat sekitar, dodol nanas juga sangat disukai oleh para wisatawan. Bahkan banyak yang memborongnya untuk dijadikan sebagai oleh-oleh.

4. Asam paya

5 Makanan Khas Penukal Abab Lematang Ilir yang Rasanya Mantap Jiwa!Asam paya (instagram.com/herbsencyclopedia)

Jika diperhatikan sekilas, buah ini memiliki tampilan sama seperti buah salak. Bedanya, asam paya berwarna kuning gading dan memiliki kulit bersisik yang keras.

Oleh masyarakat setempat buah yang rasanya sangat asam ini biasa digunakan untuk membuat manisan, campuran sop, dan campuran kuliner khas Penukal Abab Lematang Ilir yang lainnya.

5. Dodol biji karet

5 Makanan Khas Penukal Abab Lematang Ilir yang Rasanya Mantap Jiwa!Dodol Biji Karet (instagram.com/dodol_biji_karet)

Jika biasanya dodol terbuat dari buah, di Penukal Abab Lematang Ilir terdapat dodol yang bahan utamanya berasal dari biji karet. Unik sekali, kan?

Sebelum diolah menjadi dodol, biji karet yang masih mentah harus direbus dan direndam terlebih dahulu selama kurang lebih tiga hari untuk menghilangkan racun yang terkandung di dalamnya.

Jangan khawatir soal rasa, sebab kelezatan dodol dengan tekstur kenyal dan lembut ini tak kalah lezat dari dodol lainnya, lho.

Nah, itulah beberapa kuliner khas Penukal Abab Lematang Ilir yang unik dan populer. Berani coba?

Baca Juga: 6 Makanan Khas di Kepulauan Riau yang Wajib Dicoba Saat ke Sana

Sinta Listiyana Photo Verified Writer Sinta Listiyana

Terimakasih telah membaca tulisan saya :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya