Comscore Tracker

Kelihatannya Sehat, 7 Makanan Ini Ternyata Tinggi Kandungan Gula Lho!

Tingkat konsumsinya harus dikontrol ya! 

Gula adalah makanan yang penting untuk membangun energi pada tubuh manusia. Kendati memiliki manfaat baik, terlalu banyak mengkonsumsi gula juga menimbulkan beragam masalah kesehatan seperti obesitas dan diabetes.

Berbicara mengenai makanan tinggi gula, yang biasanya terpikir dalam benak kita adalah makanan warna-warni dan bertampilan cantik seperti permen, donat atau kue. Namun jangan salah, beberapa makanan yang terlihat aman dan sehat ternyata bisa mengandung gula jauh lebih tinggi dari permen lho.

Penasaran apa saja makanan tersebut? Simak informasinya di bawah ini!

1. Yogurt rendah lemak

Kelihatannya Sehat, 7 Makanan Ini Ternyata Tinggi Kandungan Gula Lho!splendidtable.org

Yogurt pada dasarnya adalah makanan yang menyehatkan. Sayang, tidak semua yogurt diciptakan sama. Terutama pada low-fat yogurt, produk satu ini cenderung mengandung banyak gula untuk menyeimbangkan rasa.

Dalam secangkir yogurt berukuran 245 gram, kurang lebih 12 sdt gula ditambahkan ke dalamnya. Jika mencari produk yogurt yang sehat, greek yogurt mungkin bisa menjadi pilihan terbaik.

2. Granola bar

Kelihatannya Sehat, 7 Makanan Ini Ternyata Tinggi Kandungan Gula Lho!Hipnewjersey.com

Granola merupakan kudapan penambah energi. Inilah mengapa di dalamnya terdapat beragam bahan yang banyak mengandung gula. Walau dipasarkan dengan imej sebagai camilan sehat, setiap bar granola bisa dibuat dengan 20 gram gula di dalamnya lho! 

3. Saus tomat

Kelihatannya Sehat, 7 Makanan Ini Ternyata Tinggi Kandungan Gula Lho!drweil.com

Karena perannya yang tidak terlalu nampak, jangan anggap saus tomat dalam sandwich atau makanan lain tak berdampak pada kenaikan berat badanmu, guys! Sebaliknya, dalam sesendok makan saus tomat terkandung pula sekitar 1 sdt gula. Cukup tinggi untuk bahan makanan yang nggak bercita rasa manis ya?

Baca Juga: 5 Cara Ampuh Kurangi Kadar Gula Darah, Bikin Hidup Sehat

4. Sup dalam kemasan

Kelihatannya Sehat, 7 Makanan Ini Ternyata Tinggi Kandungan Gula Lho!sheknows.com

Tak pernah terlintas dalam pikiran kita, bahwa produk sup termasuk dalam deretan makanan yang tinggi kadar gulanya. Apalagi, sup biasanya identik dengan sayur-sayuran yang notabene adalah panganan kaya gizi.

Namun tidak dengan premade soup atau sup dalam kemasan yang ternyata tidak sesehat labelnya. Beberapa perusahan biasa menggunakan bahan-bahan seperti sukrosa, dekstrosa, barley malt, hingga sirup jagung tinggi fruktosa yang terlihat kecil takarannya, namun sebenarnya tinggi gula total di dalamnya. 

5. Salad dressing

Kelihatannya Sehat, 7 Makanan Ini Ternyata Tinggi Kandungan Gula Lho!kyleecooks.com

Mayoritas penggemar salad yang merupakan pejuang diet, menganggap bahwa dressing adalah pilihan tepat untuk menambah cita rasa salad. Namun satu hal yang perlu kamu ketahui bahwa salad dressing yang ada di pasaran biasanya dibuat dengan perasa buatan dan gula yang tentunya berlawanan dengan manfaat salad untuk menjaga berat badan. Oleh karena itu baca kandungan bahannya dengan teliti ya.

6. Roti

Kelihatannya Sehat, 7 Makanan Ini Ternyata Tinggi Kandungan Gula Lho!biggerbolderbaking.com

Dalam pembuatan roti, biasanya digunakan madu atau gula untuk mengaktifkan ragi agar adonan mengembang. Ditambah dengan tepung yang sarat karbohidrat yang akan diubah tubuh menjadi glukosa, roti adalah salah satu produk yang banyak dikonsumsi yang ternyata tinggi gula.

Konsumsi roti lebih dari jumlah yang disarankan bisa memicu lonjakan kadar gula darah. Jadi, makan roti jangan sampai berlebihan ya!

7. Buah kalengan

Kelihatannya Sehat, 7 Makanan Ini Ternyata Tinggi Kandungan Gula Lho!fabco.dk

Hanya karena diberi label sebagai produk buah-buahan, tidak berarti buah kalengan memiliki gizi yang sama baiknya dengan buah asli. Produk satu ini dikemas dengan kadar gula tinggi karena direndam dalam sirup.

Proses pengalengan juga mampu merusak vitamin C yang rentan terhadap panas. Bagaimana pun, kandungan gizi dalam buah asli tentu nggak bisa dibandingkan dengan produk dalam kemasan.

Nah, itu dia 7 makanan yang tidak kita sangka ternyata mengandung gula yang tinggi. Biar kesehatan terkontrol, konsumsi apapun tetap secukupnya dan sesuai kebutuhan ya, guys!

Baca Juga: 7 Menu Sarapan Rendah Gula yang Bikin Rasa Kantuk Gak Datang

Sinta Wijayanti Photo Verified Writer Sinta Wijayanti

“Failure is a feeling long before it becomes an actual result." -Michelle Obama

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya