Comscore Tracker

9 Sup Khas Thailand yang Cocok untuk Menu Buka Puasa, Wajib Dicoba!

Yuk, merapat yang suka masakan Thailand!

Bosan dengan menu berbuka puasa yang itu-itu saja saat #DiRumahAja? Yuk, coba untuk membuat masakan khas Thailand yang dijamin bisa menambah selera makan.

Sejauh ini masakan khas Thailand dikenal kaya rempah dengan cita rasa yang lezat. Beberapa sup khas Thailand juga wajib dicoba untuk variasi menu buka puasa bersama keluarga agar tidak cepat bosan.

Berikut ini beberapa sup khas Thailand yang cocok dicoba untuk menu buka puasa. Yuk, simak ulasannya di bawah ini!

1. Tom chuet

9 Sup Khas Thailand yang Cocok untuk Menu Buka Puasa, Wajib Dicoba!riversidethaicooking.com

Tom chuet adalah sup sederhana dan jernih yang dibuat dengan sayuran, seperti kol Cina, wortel, dan buncis. Bahan dasar sup biasanya direbus dalam kaldu sayur bersama bumbu, seledri, daun bawang, bawang putih, dan kecap.

Sup ini juga bisa menggunakan kaldu ayam daripada kaldu sayur dengan tambahan bakso, mie gelas, potongan tahu lembut, rumput laut, dan jamur. Kamu juga bisa menambahkan bahan-bahan makanan yang lain sesuai selera.

Tom chuet memiliki rasa ringan yang membuat sup ini sangat berbeda dari masakan khas Thailand yang lain yang biasanya menggabungkan beberapa rasa dalam satu mangkuk.

Tom chuet biasanya disajikan bersama masakan khas Thailand lain yang memiliki cita rasa pedas.

2. Kaeng om

9 Sup Khas Thailand yang Cocok untuk Menu Buka Puasa, Wajib Dicoba!thaistreetfood.com

Kaeng om adalah kari herbal yang berasal dari Thailand utara. Berbeda dengan varietas kari lain yang lebih creamy, versi ini tidak menggunakan santan. Air rebusan daging diperkaya dengan saus ikan pedas, daun jeruk purut, adas, berbagai sayuran, serta pasta kari harum yang biasanya menggabungkan cabai, bawang merah, bawang putih, dan serai.

Meskipun biasanya disajikan dengan ayam, tetapi sup ini juga bisa dimasukkan jenis daging atau ikan yang lain. Kaeng om bisa dinikmati sendiri sebagai sup sehat dan bergizi, tetapi juga bisa disajikan dengan nasi atau mie. Berminat untuk mencoba?

3. Kuai-tiao ruea

9 Sup Khas Thailand yang Cocok untuk Menu Buka Puasa, Wajib Dicoba!thinkeatdrink.com

Kuai-tiao ruea atau yang disebut sup mie perahu adalah hidangan Thailand yang pada awalnya dijual dari kapal melalui kanal Bangkok. Sup ini dibuat dengan berbagai jenis mie yang disiram dalam kaldu sapi yang lezat, serta ditaburi dengan topping seperti daging sapi, bakso, taoge, atau bahan makanan lain.

4. Tom saep

9 Sup Khas Thailand yang Cocok untuk Menu Buka Puasa, Wajib Dicoba!feastthailand.com

Tom saep atau yang sering disebut sebagai tom yum populer versi Thailand utara, adalah sup pedas dan asam yang terdiri dari kaldu beraroma yang biasanya diresapi dengan daun jeruk purut, kemangi Thailand, serai, dan lengkuas.

Meskipun secara tradisional dibuat dengan daging sapi dan jeroan sapi, beberapa variasi mungkin dibuat dengan daging kerbau. Sup ini sering diperkaya dengan saus ikan, jeruk nipis, atau asam jawa, serta biasanya disajikan dengan irisan cabai atau cabai segar.

Baca Juga: 5 Makanan Thailand Ini Mirip dengan Masakan Indonesia, Enak Mana?

5. Khao tom

9 Sup Khas Thailand yang Cocok untuk Menu Buka Puasa, Wajib Dicoba!messyvegancook.com

Khao tom adalah sup nasi dari Thailand yang memadukan nasi dengan kaldu herbal dan sayuran yang penuh rasa. Nasi biasanya dimasak, kemudian ditambahkan ke kaldu yang mengandung bawang merah, serai, lengkuas atau jahe, dan bawang putih. Kombinasi tersebut kemudian dimasak hingga konsistensi menjadi kental.

Sup nasi ini cocok dinikmati saat panas, biasanya dicampur dengan saus ikan, kecap, dan jeruk nipis, serta sering disajikan dengan ayam suwir, udang, ikan, atau telur untuk hidangan yang lebih memuaskan. Ketumbar cincang, daun bawang, tahu, cabai, dan bawang putih goreng termasuk beberapa bumbu khas dari khao tom.

6. Yen ta fo

9 Sup Khas Thailand yang Cocok untuk Menu Buka Puasa, Wajib Dicoba!hot-thai-kitchen.com

Yen ta fo berwarna merah muda ini adalah sup khas Thailand yang terdiri dari berbagai jenis mie yang disajikan dalam kaldu ayam yang dibumbui dengan dadih kacang merah yang difermentasi. Setiap mangkuk sup yang penuh rasa ini dilengkapi dengan bola ikan, cumi-cumi, udang, tahu goreng, dan bahan makanan yang lain.

Yen ta fo biasanya disajikan di restoran tradisional Thailand dan dijual di berbagai kios. Yen ta fo sangat populer di seluruh Thailand dan biasanya dinikmati sebagai hidangan utama yang mengenyangkan.

7. Suki

9 Sup Khas Thailand yang Cocok untuk Menu Buka Puasa, Wajib Dicoba!hot-thai-foood.com

Suki adalah versi masakan hot pot khas Thailand. Masakan ini tumbuh dari tradisi Tiongkok dan Jepang yang mempersiapkan dan memasak bahan-bahan makanan di mangkuk bersama. Hidangan disiapkan dengan mangkuk yang diletakkan di tengah meja, biasanya diisi dengan kaldu ayam berbumbu serai.

Bahan lainnya dalam suki antara lain daging, ayam, berbagai bahan makanan laut, mie gelas, dan sayuran seperti kol, jamur shiitake, bawang merah, wortel, dan seledri.

Ciri khas suki Thailand adalah saus celup yang dibuat dengan sejumlah besar cabai, ketumbar, bawang putih, dan jeruk nipis.

8. Khao soi

9 Sup Khas Thailand yang Cocok untuk Menu Buka Puasa, Wajib Dicoba!sharontravelogue.com

Hidangan khas Thailand Utara, khao soi adalah sup kelapa yang lezat di mana banyak pengaruh regional digabungkan untuk membuat hidangan yang benar-benar lezat. Bahan dasar sup adalah kaldu yang sedikit pedas yang menggabungkan santan dan pasta kari merah.

Kaldu disajikan dengan mie telur pipih dan pilihan daging, yang biasanya mencakup ayam dan sapi. Sup ini biasanya ditaburi dengan beberapa mie goreng renyah dan ketumbar cincang, serta disajikan bersama berbagai bumbu seperti jeruk nipis, acar kubis, bawang merah, dan cabai.

9. Tom yum

9 Sup Khas Thailand yang Cocok untuk Menu Buka Puasa, Wajib Dicoba!thespruceeats.com

Tom yum adalah salah satu masakan khas Thailand yang paling terkenal yang identik dengan sup pedas, asam, dan aromatik yang cocok disajikan dengan nasi. Tom yum terbuat dari bawang merah, serai, saus ikan, jahe segar atau lengkuas, udang, jamur, daun jeruk purut, jeruk nipis, dan cabai Thailand cincang.

Biasanya disajikan sebagai hidangan pembuka, tom yum secara tradisional dihias dengan daun ketumbar di atasnya. Karena popularitasnya, berbagai versi sup mulai muncul selama bertahun-tahun, seperti tom yum gai, dengan tambahan ayam dan tom yum talay, dengan tambahan makanan laut.

Itulah beberapa rekomendasi sup khas Thailand yang dijamin lezat dan cocok untuk menu buka puasa. Berminat untuk mencoba yang mana nih?

Download aplikasi masak Yummy App untuk mendapatkan beragam referensi resep masakan sesuai dengan selera kamu, lengkap dengan cara memasaknya hanya di Google Play Store dan App Store.

Baca Juga: 7 Sup Khas Korea yang Cocok untuk Menu Buka Puasa, Gampang Bikinnya

Anis Photo Verified Writer Anis

من صبر ظفر

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum
  • Antonius Putu Satria

Berita Terkini Lainnya