Comscore Tracker

5 Aneka Kuliner Manado Serba Ayam yang Rasanya Istimewa, Maknyus! 

Rasanya bikin lidah bergoyang! #LokalIDN

Bicara tentang kuliner Nusantara itu gak ada habisnya. Sebab, dari sabang hingga merauke, Indonesia memiliki beragam hidangan khas yang istimewa. Kuliner serba ayam sangat disukai oleh sebagian orang.

Kebanyakan orang akan membuat ayam krispi ataupun semur sebagai hidangan. Tetapi bila kamu bosan dengan menu masakan serba ayam yang cuma itu saja, yuk kulik hidangan ayam khas Manado yang mungkin bisa jadi referensi wisata kulinermu.

Rasa gurihnya itu membekas di hati!

1. Ayam tuturuga 

5 Aneka Kuliner Manado Serba Ayam yang Rasanya Istimewa, Maknyus! Instagram.com/momkitskitchen

Awalnya tuturuga adalah masakan khas Manado yang menggunakan daging penyu. Namun karena mengonsumsi penyu itu dilarang oleh pemerintah, masyarakat menggantikan daging ayam sebagai bahan utama dalam tuturuga.

Ayam tuturuga bisa disebut sebagai opor ayamnya Manado, lho. Soal rasa, gak usah diragukan lagi. Rasa gurih dan pedas yang terdapat di kuah, akan membuat kamu jatuh cinta dengan kuliner satu ini.

2. Ayam woku 

5 Aneka Kuliner Manado Serba Ayam yang Rasanya Istimewa, Maknyus! unileverfoodsolutions.co.id

Pencinta pedas merapat dulu, yuk! Kuliner khas Manado banyak yang memiliki rasa pedas, salah satunya adalah ayam woku. Kata 'woku' sendiri merupakan nama bumbu khas Minahasa yang kaya akan rempah.

Tekstur ayamnya yang empuk akan beradu dengan kuah pedas yang kental sehingga mampu membuat nafsu makan jadi bertambah.

Baca Juga: Resep Lalampa, Lemper ala Manado yang Rasanya Menggoyang Lidah

3. Ayam rica-rica

5 Aneka Kuliner Manado Serba Ayam yang Rasanya Istimewa, Maknyus! Instagram.com/warisanpapiboy

Selain ayam woku, ada juga kuliner pedas yang gak kalah lezat yakni ayam rica-rica. Kuliner satu ini sudah terkenal hingga luar pulau, bahkan banyak rumah makan yang menyediakan masakan khas Manado ini.

Cita rasa pedas dan gurihnya ayam rica-rica ini bikin mulut gak mau berhenti ngunyah. Jangan lupakan sepiring nasi hangat untuk meminimalisir rasa pedasnya.

4. Ayam isi buluh 

5 Aneka Kuliner Manado Serba Ayam yang Rasanya Istimewa, Maknyus! Instagram.com/khai2509

Sudah pernah nyobain ayam isi buluh, belum? Kuliner melegenda ini terbilang cukup unik untuk cara pembuatannya.

Ayam yang sudah dibalut dengan bumbu rempah ini dimasukan ke dalam bambu dan dimasak selama 3 jam. Aroma khas bambu mulai menyeruak saat bambu dibuka dan ketika mendarat di mulut, rasa gurih yang kaya akan rempah ini bikin ketagihan banget.

5. Ayam tinoransak 

5 Aneka Kuliner Manado Serba Ayam yang Rasanya Istimewa, Maknyus! Instagram.com/yulianamenjoi

Tinoransak merupakan sebuah hidangan daging babi yang dimasak dengan aneka bumbu khas Manado. Bagi kaum muslim yang ingin menyicipi tinoransak, gak perlu khawatir lagi karena daging ayam bisa menjadi pengganti daging babi, kok.

Perpaduan gurihnya ayam dengan kuah santan bikin kita gak bisa berhenti ngunyah, lho. Wajib banget nyoba!

Hidangan Manado ini mungkin saja cocok untuk pencinta pedas karena sebagian kuliner Manado bercita rasa pedas. Yuk, cintai kuliner Nusantara! 

Baca Juga: Resep Tongkol Woku Belanga, Makanan Khas Manado yang Nikmat dan Lezat

Tamara Febriyanti Photo Verified Writer Tamara Febriyanti

Enjoy 'ur life

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya