Comscore Tracker

5 Hidangan Khas Kamboja yang Makin Nikmat Disajikan dengan Nasi

Tertarik untuk mencoba yang mana?

Nasi menjadi makanan pokok di sebagian negara Asia, salah satunya adalah Kamboja. Negara yang terkenal dengan destinasi wisata Angkor Wat ini memiliki kuliner kaya akan rempah, lho. 

Sebab nasi menjadi makanan pokok di Kamboja, maka ada beragam hidangan khas negara tersebut yang makin nikmat jika disantap dengan nasi. Apa saja hidangan tersebut? Yuk, cari tahu di bawah ini!

1. Amok trei

5 Hidangan Khas Kamboja yang Makin Nikmat Disajikan dengan Nasiilustrasi amok trei atau fish amok (instagram.com/anastasiaveno)

Menjadi hidangan nasional Kamboja, amok trei atau fish amok adalah olahan ikan dengan kuah kari yang dikukus dan disajikan menggunakan daun pisang. Kuah kari terbuat dari bawang merah, bawang putih, kunyit, serai, lengkuas, dan cabai.

Apabila ingin sensasi yang lebih segar, kamu bisa menambahkan perasan lemon di atas hidangannya. Supaya asupan gizi seimbang, jangan pernah lupakan untuk menambahkan nasi kala menyantap amok trei.

2. Bai sach chrouk

5 Hidangan Khas Kamboja yang Makin Nikmat Disajikan dengan Nasiilustrasi bai sach chrouk (instagram.com/cenjkt)

Bai  sach chrouk biasanya menjadi menu sarapan dari sebagian orang Kamboja. Hidangan ini terdiri dari nasi serta daging babi yang dipanggang dengan olesan kecap dan gula aren.

Sajian yang memiliki perpaduan rasa asin dan manis ini lebih banyak dijumpai di daerah Phnom Penh, yakni ibu kota dari Kamboja.

Baca Juga: 5 Olahan Bebek Khas Asia Tenggara, Ada Bebek Goreng Asal Indonesia!

3. Kari sach moan

5 Hidangan Khas Kamboja yang Makin Nikmat Disajikan dengan Nasiilustrasi kari sach moan (instagram.com/chokshopuk)

Memiliki nama lain red chicken curry, kuliner asal Kamboja ini disajikan saat ada perayaan Cambodian New Year. Bumbu kari spesial dari hidangan ini bernama red kreoung

Cara membuatnya adalah dengan menumis red kreoung hingga harum. Lalu masukkan ayam, kentang, santan, bumbu, dan sereh. Rasa dari kari sach moan ini sedikit mirip dengan opor ayam, lho.

4. Lok lak

5 Hidangan Khas Kamboja yang Makin Nikmat Disajikan dengan Nasiilustrasi lok lak (instagram.com/lantawokbagneux)

Tumis daging sapi dan sayuran yang bernama lok lak ini menjadi masakan sederhana yang cocok dinikmati bersama anggota keluarga. Potongan daging sapi diiris dadu, kemudian ditumis dengan kecap asin, lada, dan penyedap rasa lainnya.

Tambahan bawang merah cincang dan irisan timun dan tomat, membuat rasa Lok Lak menjadi makin nikmat. Supaya bisa menghasilkan energi yang maksimal, jangan lupa sajikan dengan nasi hangat.

5. Prahok

5 Hidangan Khas Kamboja yang Makin Nikmat Disajikan dengan Nasiilustrasi prahok (instagram.com/seykai.o)

Prahok merupakan sajian ikan yang dihancurkan bersama dengan bumbu khas dan difermentasi. Memiliki rasa asin dan gurih, prahok jauh lebih nikmat jika disantap dengan nasi. Gak cuma itu saja, kuliner ini juga kerap kali dijadikan sebagai pelengkap sup dan saus, lho.

Ada banyak makanan yang bisa dinikmati dengan sepiring nasi hangat. Tak terkcuali beragam kuliner khas Kamboja di atas. Dari tampilannya, kamu lebih tertarik untuk mencoba yang mana, nih?

Baca Juga: 10 Kota dengan Street Food Terbaik di Asia Tenggara, Termasuk Jakarta

Tamara Febriyanti Photo Verified Writer Tamara Febriyanti

Mari berkarya!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya