Comscore Tracker

5 Jenis Keju Khas Slovenia yang Gurihnya Bikin Nagih, Wajib Dicoba!

Sekali coba, pasti akan bikin kamu ketagihan

Sebagian orang menyukai keju karena memiliki rasa yang gurih dan manis. Ada banyak sekali negara Eropa yang memiliki berbagai jenis keju, salah satunya ialah negara Slovenia.

Daripada makin penasaran, simak terlebih dahulu lima jenis keju khas Slovenia di bawah ini. Rasa gurihnya bikin nagih, nih.

1. Bovški sir 

5 Jenis Keju Khas Slovenia yang Gurihnya Bikin Nagih, Wajib Dicoba!bovski sir (qualigeo.eu)

Bovški sir merupakan keju yang terbuat dari susu domba. Proses pematangannya juga cukup memakan waktu hingga dua tahun.

Hidangan fermentasi ini berasal dari daerah Bovec yang terletak di wilayah Goriška, Slovenia Barat. Aroma yang dihasilkan dari bovški sir cenderung lebih intens, aromatik, dan sedikit pedas.

2. Bohinjski sir

5 Jenis Keju Khas Slovenia yang Gurihnya Bikin Nagih, Wajib Dicoba!bohinjski sir (instagram.com/vitamavrica)

Keju bohinjski sir pertama kali dibuat pada abad 18. Memiliki rasa yang ringan, keju ini terbuat dari sapi mentah atau termis.

Teksturnya cenderung keras dengan banyak lubang mata keju yang dibuat saat proses pematangan. Proses pembuatannya dilakukan dalam dua cara yakni pertama dibuat dalam ruangan hangat. Kemudian untuk mengembangkan rasanya, harus dibuat dalam ruangan lebih dingin.

Baca Juga: 12 Makanan Khas Slovenia yang Wajib Dicoba, Rasanya Tak Terlupakan!

3. Nanoški sir

5 Jenis Keju Khas Slovenia yang Gurihnya Bikin Nagih, Wajib Dicoba!nanoški si (qualigeo.eu)

Nanoški sir dikenal sebagai keju yang memiliki rasa seperti angin. Daerah penghasil susu sapi untuk jenis keju ini terletak di lereng gunung Nanos, lembah Vipava yang dikenal memiliki angin kencang.

Butuh waktu dua bulan untuk memperoleh aroma kuat dan rasa manis, asin dan pedas dari nanoški sir. Keju ini biasa disandingkan dengan pasta, salad, dan sandwich.

4. Mohant

5 Jenis Keju Khas Slovenia yang Gurihnya Bikin Nagih, Wajib Dicoba!mohant (bohinj.si)

Mohant merupakan keju legendaris yang diklasifikasikan sebagai keju semi lunak. Berwarna putih hingga kekuningan pucat, keju khas Slovenia ini terbuat dari susu sapi mentah, lho.

Cara pembuatannya pun berbeda dengan keju lain, yakni dengan memproduksi mohant dalam dua fase, bersama dengan proses pematangan tertentu. Rasanya gurih dengan aroma yang cukup tajam dan sedikit punya rasa pahit.

5. Tolminc

5 Jenis Keju Khas Slovenia yang Gurihnya Bikin Nagih, Wajib Dicoba!tolminc (instagram.com/mlekarnaplanika)

Dikategorikan sebagai keju bertekstur semi keras, tolminc banyak diproduksi di wilayah Tolmin. Bahan utama dalam pembuatannya keju ini ialah susu mentah yang diperoleh hanya sapi jenis belang cokelat yang digembalakan di wilayah geografis tertentu.

Rasanya cenderung manis bercampur dengan pedas. Bagaimana, tertarik untuk mencobanya?

Itulah lima jenis keju khas Slovenia yang rasanya nagih. Kalau kamu berkunjung ke sana, jangan sampai lupa untuk mencobanya, ya.

Baca Juga: 5 Keju Khas Polandia yang Paling Terkenal, Tekstur dan Rasanya Unik!

Tamara Febriyanti Photo Verified Writer Tamara Febriyanti

Enjoy 'ur life

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya