Comscore Tracker

5 Aneka Kuliner Khas Tegal yang Rasanya Manis, Bikin Lidah Jadi Nagih!

Kuliner manisnya bikin bad mood jadi hilang! #LokalIDN

Tegal merupakan salah satu daerah yang cukup populer di Indonesia. Selain terkenal dengan bahasa ngapak, kuliner Kota Bahari ini juga menggugah selera dan bikin ngiler, lho.

Aneka kulinernya yang manis juga wajib kamu jajal ketika singgah di Tegal. Penasaran apa saja? Yuk, simak di bawah ini.

1. Latopia

5 Aneka Kuliner Khas Tegal yang Rasanya Manis, Bikin Lidah Jadi Nagih!Instagram.com/infotegal
Sekilas makanan khas Tegal ini mirip dengan bakpia, namun tekstur latopia cenderung kering dan jauh lebih renyah di mulut. Ada beberapa varian isi latopia, mulai dari rasa susu, cokelat, kacang hijau, dan buah. 
 
Latopia cocok banget dijadikan teman ngeteh di sore hari, nih. Cobain, yuk!

2. Blendung

5 Aneka Kuliner Khas Tegal yang Rasanya Manis, Bikin Lidah Jadi Nagih!Instagram.com/about.tegal
Meskipun terbilang sederhana, rasa blendung bikin ketagihan, lho! Jajanan khas Tegal ini berbahan dasar jagung. Cara membuatnya cukup dengan merebus  jagung tua hingga matang dan sajikan dengan parutan kelapa. 
 
Rasa manis dan gurih yang beradu satu di mulut, bikin lidah jadi bergoyang. Kamu bisa mencoba membuatnya di rumah, lho.

Baca Juga: Resep Olos Isi Ayam Suwir, Jajanan Khas Tegal yang Enak dan Gurih 

3. Gemblong ocar-acir

5 Aneka Kuliner Khas Tegal yang Rasanya Manis, Bikin Lidah Jadi Nagih!Instagram.com/about.tegal

Gemblong merupakan jajanan khas Jawa Tengah, nih. Namun, ada yang berbeda dengan gemblong yang ada di Tegal. Namanya adalah gemblong ocar-acir. Cara membuatnya cukup kukus singkong kemudian uleni hingga halus dan potong kecil-kecil sesuai selera, siram dengan saus gula merah agar rasanya semakin nikmat.

Jajanan manis ini sangat mudah dicari ketika kamu berkelana di pasar tradisional yang ada di Tegal. So, wajib banget cari gemblong ocar-acir ketika berada di Kota Bahari.

4. Es lontrong

5 Aneka Kuliner Khas Tegal yang Rasanya Manis, Bikin Lidah Jadi Nagih!Instagram.com/infotegal
Main ke Tegal, rasanya kurang afdal kalau gak menyicipi es lontrong. Perpaduan antara es serut, santan, sirup merah dan beberapa topping, menjadikan minuman legendaris ini sangat dicari saat cuaca sedang panas.
 
Es lontrong yang sangat terkenal bisa kamu jumpai di Gang Budi Mulya, desa Slawi Wetan, kecamatan Slawi, kabupaten Tegal. Gimana, tertarik untuk menyicipinya?

5. Es sagwan

5 Aneka Kuliner Khas Tegal yang Rasanya Manis, Bikin Lidah Jadi Nagih!Instagram.com/kulinertegal

Selain es lontrong, ada juga es sagwan yang siap menemanimu saat cuaca sedang panas, lho. Es legendaris ini terbuat dari santan, sirup merah, tape, dan butiran putih dari tepung ketela.

Es sagwan banyak dijajakan di pinggir kota dengan harga yang ekonomis untuk pelajar. Rasa segarnya bikin rasa haus, seketika jadi hilang.

Gimana, dari kelima kuliner Tegal yang rasanya manis ini, mana nih yang paling menggugah selera? Jangan lupa mencoba saat kamu sedang main ke Tegal, ya.

Baca Juga: 10 Tempat Paling Angker di Tegal yang Bikin Merinding, Berani Datang?

Tamara Febriyanti Photo Verified Writer Tamara Febriyanti

Enjoy 'ur life

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya