Comscore Tracker

5 Olahan Daging Khas Korea yang Cocok Didampingi dengan Nasi, Masitta!

Cocok dijadikan menu makan siang

Bagi sebagian negara, nasi menjadi makanan pokok. Di Korea Selatan sendiri, nasi kerap menjadi makanan pendamping beberapa sajian khas.

Nah, kali ini kita akan membahas olahan daging khas Korea yang cocok disajikan dengan nasi. Daripada penasaran, langsung simak saja di bawah ini, yuk. 

Awas, bikin lapar!

1. Bulgogi

5 Olahan Daging Khas Korea yang Cocok Didampingi dengan Nasi, Masitta!bulgogi (instagram.com/chilipeppermadness)

Bulgogi menjadi hidangan daging terpopuler di beberapa restoran yang ada di Korea Selatan. Umumnya, sajian ini menggunakan daging sirloin dari sapi yang berkualitas. 

Sebelum dipanggang, daging sapi akan direndam dengan bumbu rempah khas yang bikin selera makan jadi meningkat. Bulgogi sering disajikan dengan nasi hangat dan kerap menjadi menu makan siang yang bergizi.

2. Galbijjim

5 Olahan Daging Khas Korea yang Cocok Didampingi dengan Nasi, Masitta!galbijjim (instagram.com/teomindy)

Galbijjim merupakan hidangan daging yang berasal dari tahun 1700-an. Dalam satu porsi, terdiri dari rebusan iga sapi dengan saus yang menggugah selera, rempah-rempah tradisional, lobak, dan jamur shitake.

Kini, hidangan tradisional Korea Selatan menjadi menu andalan keluarga saat libur tiba. Nasi dan kimchi selalu menjadi pendamping yang pas saat menyantap galbijjim.

Baca Juga: 5 Kreasi Dubu ala Kuliner Korea, Mau yang Berkuah atau dengan Saus?

3. Galbitang

5 Olahan Daging Khas Korea yang Cocok Didampingi dengan Nasi, Masitta!galbitang (instagram.com/foodgemsg)

Pencinta iga sapi, wajib banget nyobain galbitang, nih. Meskipun hampir mirip dengan seolleongtang, hidangan ini sering disajikan saat ada perayaan khusus. 

Rahasia daging yang begitu lembut di mulut ialah iga pendek akan direbus bersama lobak selama 4-5 jam. Biasanya nasi akan menjadi pendamping yang pas saat mengganjal perut dengan seporsi galbitang.

4. Gamjatang

5 Olahan Daging Khas Korea yang Cocok Didampingi dengan Nasi, Masitta!gamjatang (instagram.com/randomcuisine)

Gamjatang merupakan sup tulang punggung babi yang disukai oleh para turis karena memiliki rasa kuah yang gurih. Tekstur dagingnya begitu lembut dan meleleh saat berada di mulut.

Celupan potongan daging ke dalam saus mustard juga bikin lidah jadi bergoyang, lho. Terlebih lagi, nasi hangat akan menjadi pendamping yang pas saat menyantap seporsi gamjatang.

5. Jeyuk bokkeum

5 Olahan Daging Khas Korea yang Cocok Didampingi dengan Nasi, Masitta!jeyuk bokkeum (instagram.com/buteelch_)

Jeyuk bokkeum merupakan tumis daging babi yang berlumuran dengan saus pedas khas Korea, yakni gochujang. Irisan daging sedikit tipis dengan menggunakan bagian daging yang berlemak.

Kuliner ini sering dijumpai di restoran, tetapi sebagian orang menjadikan jeyuk bokkeum sebagai makanan pokok di rumah. Hidangan ini biasanya disajikan dengan daun selada dan kimchi. Namun, semangkuk nasi juga sering menjadi pelengkap sumber karbohidrat.

Itulah lima olahan daging khas Korea yang cocok didampingi dengan nasi. Tampilannya menggugah selera, ya. Masitta!

Baca Juga: 5 Resep Makanan Korea untuk Camilanmu selama PPKM Darurat, Siap Coba?

Tamara Febriyanti Photo Verified Writer Tamara Febriyanti

Mari berkarya!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya