Comscore Tracker

5 Olahan Ikan Khas Bengkulu yang Bisa Disantap Bareng Keluarga, Yummy!

Rasanya bikin nagih!

Bengkulu menjadi salah satu tempat habitat bunga terbesar di dunia, yakni Rafflesia arnoldii. Gak cuma itu saja, Bengkulu juga dikenal memiliki wisata alam yang beraneka ragam.

Setelah puas mengunjungi tempat wisata, jangan lupa juga untuk menyicipi kuliner khas Bengkulu yang memiliki cita rasa khas. Salah satunya adalah yang berbahan dasar ikan.

Rasanya yang nagih dan cocok untuk disantap bareng keluarga membuat 5 olahan di bawah ini sayang untung kalian lewatkan. Lantas, apa saja kelima olahan ikan tersebut?

1. Bagar hiu

5 Olahan Ikan Khas Bengkulu yang Bisa Disantap Bareng Keluarga, Yummy!instagram.com/relicroxx

Sesuai dengan namanya, bagar hiu merupakan olahan ikan hiu yang dimasak sama seperti rendang, namun tidak menggunakan santan.

Bagar hiu juga menjadi makanan favorit Bung Karno ketika diasingkan ke Bengkulu pada tahun 1938 hingga 1942. Tak bisa dijumpai setiap hari, kuliner olahan ikan hiu ini hanya bisa ditemukan saat ramadan tiba.

2. Lema

5 Olahan Ikan Khas Bengkulu yang Bisa Disantap Bareng Keluarga, Yummy!instagram.com/rismayeyekitchen_story

Lema merupakan gulai yang terbuat dari olahan rebung dan ikan mujair yang direbus dengan bambu. Kuliner legendaris ini memiliki cita rasa pedas, asam, dan gurih.

Namun, jika salah mengolahnya, rasanya akan menjadi asam dan menimbulkan bau tak sedap yang bikin kita justru gak nafsu makan, lho.

Baca Juga: 9 Fakta Menu Bagar Hiu Khas Provinsi Bengkulu, Lezat!

3. Pendap

5 Olahan Ikan Khas Bengkulu yang Bisa Disantap Bareng Keluarga, Yummy!instagram.com/hotelsantikabengkulu

Pendap dikenal memiliki proses memasak yang cukup lama. Tetapi, rasa kuliner khas Bengkulu ini gak bisa diragukan lagi.

Ikan jenis tertentu yang sudah dicampur dengan rempah-rempah, dimasak secara khusus dengan daun talas atau daun pisang selama 8 jam. Hal tersebut supaya bumbu benar-benar meresap ke dalam ikan.

4. Rebung asam undak liling

5 Olahan Ikan Khas Bengkulu yang Bisa Disantap Bareng Keluarga, Yummy!Instagram.com/rozibeni

Gulai yang satu ini cocok banget disantap ketika berbuka puasa, lho. Rebung asam undak liling terbuat dari rebung dan liling (keong sawah) yang dimasak dengan bumbu khusus. 

Oh iya, keong sawah juga bisa ditukar dengan ikan air tawar. Rasanya pun gak kalah nikmat, lho.

5. Tempoyak

5 Olahan Ikan Khas Bengkulu yang Bisa Disantap Bareng Keluarga, Yummy!Instagram.com/seputartebo

Tempoyak merupakan olahan durian yang difermentasi. Salah satu sajian yang menggunakan olahan tempoyak ialah gulai tempoyak ikan patin. 

Perpaduan rasa gurih, asam dan pedas, bikin kita gak mau berhenti melahap. Apalagi ditambah dengan teh hangat yang menjadikannya perpaduan sempurna. Wajib dicoba, nih!

Gimana, apakah 5 olahan ikan khas Bengkulu di atas bikin kamu ngiler? Tak ada salahnya menyajikan salah satu hidangan di atas sebagai menu sahur atau berbuka bersama keluarga.

Baca Juga: 5 Kreasi Resep Masakan Bumbu Tempoyak, Lezat Tak Terbantahkan

Tamara Febriyanti Photo Verified Writer Tamara Febriyanti

Enjoy 'ur life

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya