Comscore Tracker

5 Olahan Mie dari Jawa Tengah yang Rasanya Nendang di Mulut, Maknyus!

Kamu sudah coba yang mana nih? #LokalIDN

Mie merupakan makanan yang sangat disukai oleh sebagian masyarakat Indonesia. Apalagi jika di tanggal tua, kuliner sejuta umat ini akan menjadi alternatif yang pas untuk mengisi perut.

Di Jawa Tengah, ada beberapa kuliner mie yang rasanya begitu lezat dan nendang di mulut, lho. Ingin tahu apa saja olahannya? Yuk, simak di bawah ini.

1. Bakmi jawa

5 Olahan Mie dari Jawa Tengah yang Rasanya Nendang di Mulut, Maknyus!Instagram.com/jogjafood

Ketika sedang berada di Yogyakarta, wajib banget nyobain bakmi jawa. Makanan yang penuh filosofi ini bisa dijadikan menu makan malam yang bermakna.

Ada dua varian bakmi, yakni bakmi kering dan bakmi godog atau rebus. Keduanya bisa dinikmati dengan lauk pelengkap seperti telor, sambal goreng, tahu dan tempe. Bagaimana, tertarik untuk mencobanya?

2. Mie ongklok

5 Olahan Mie dari Jawa Tengah yang Rasanya Nendang di Mulut, Maknyus!Instagram.com/sovifooddiary

Gak hanya memiliki wisata alam yang sangat memanjakan mata, Wonosobo juga memiliki kuliner yang bikin lidah jadi ketagihan, salah satunya adalah mie ongklok. Semangkuk mie ongklok berisi rebusan mie kuning, irisan kol, daun kucai, kemudian disiram dengan kuah kental yang berwarna kecoklatan.

Agar semakin nikmat, beri topping sate sapi dan tempe kemul yang dijamin rasanya bakal semakin sedap saat disantap.

3. Mie lethek

5 Olahan Mie dari Jawa Tengah yang Rasanya Nendang di Mulut, Maknyus!Instagram.com/javafoodie

Mie lethek merupakan kuliner yang cukup terkenal di Bantul, Yogyakarta. Mie yang menggunakan bahan dasar tepung tapioka dan singkong ini berwarna cokelat keruh sehingga tampak kotor dan oleh sebab itulah dinamakan mie lethek.

Namun, mie lethek lebih sehat dibanding dengan jenis mie yang lain, lho. Kamu bisa menemukan mie lethek goreng maupun rebus yang dijajakan di jalanan kota Bantul.

Baca Juga: Resep Mie Godog Jawa yang Rasanya Gurih dan Nikmat, Wajib Coba!

4. Mie ayam wonogiri

5 Olahan Mie dari Jawa Tengah yang Rasanya Nendang di Mulut, Maknyus!Instagram.com/njajan.tulungagung

Mie ayam ikonik ini cukup terkenal di telinga food lovers, lho. Racikan minyak ayam dan bumbu yang terdapat di kaldu merupakan hal yang membedakan kuliner asli Wonogiri ini dengan mie ayam biasa.

Untuk porsi, mie ayam wonogiri cenderung sedang dengan topping ayam dan kaldu yang tidak terlalu banyak. Apalagi ditambah dengan pangsit goreng ìyang menjadikan rasa mie ayam sedikit crunchy di mulut. Hmm, yummy!

5. Mie ayam tengkleng

5 Olahan Mie dari Jawa Tengah yang Rasanya Nendang di Mulut, Maknyus!Instagram.com/jogjafood

Tengkleng kambing biasanya disajikan dalam porsi terpisah, namun di kedai Mie Ayam Wong Telu yang berada di Jalan Kaliurang Km. 13, tengkleng disajikan bersama dengan mie ayam. Cita rasa khas tengkleng akan beradu dengan gurihnya mie ayam, yang bikin kita gak mau berhenti ngunyah, lho.

Cocok banget, nih buat dijadikan menu makan siang atau malam. Bikin kenyang tahan lama, nih.

Dari keenam aneka olahan mie khas Jawa Tengah di atas, bikin ngiler gak? Semuanya memiliki cita rasa yang khas dan kamu wajib nyoba, nih.

Baca Juga: 5 Kedai Spesial Mie Pedas di Jogja, Penggila Pedas Wajib Merapat Nih

Tamara Febriyanti Photo Verified Writer Tamara Febriyanti

Mari berkarya!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya