Comscore Tracker

5 Kuliner Berkuah dari Daging Sapi Khas Sulawesi Selatan, Kaya Rempah!

Punya rasa yang kuat dan kaya akan rempah #LokalIDN

Di Indonesia terdapat beragam kuliner berbahan dasar daging sapi yang bisa dengan mudah ditemui. Setiap daerah memiliki keunikan dan daya tarik tersendiri baik dari segi rasa, penampilan, bahan-bahan yang digunakan, hingga teknik memasak dan penyajiannya. 

Kuliner berkuah yang dibuat menggunakan daging sapi memiliki aroma kaldu dan rempah-rempah yang dipercaya mampu membuat selera makan meningkat. Begitu pun dengan berbagai kuliner berkuah khas Sulawesi Selatan yang terbuat dari daging sapi berikut ini. 

1. Coto Makassar

5 Kuliner Berkuah dari Daging Sapi Khas Sulawesi Selatan, Kaya Rempah!ilustrasi coto makassar (instagram.com/vaniakitchenrecipe)

Siapa sih yang belum kenal dengan coto makassar? Tentunya salah satu kuliner khas Sulawesi Selatan ini sudah cukup dikenal oleh hampir sebagian besar penduduk Indonesia.

Coto makassar dikenal memiliki cita rasa kuat yang berasal dari rempah-rempahnya. Konon, diperlukan hingga 40 rempah-rempahan untuk membuat bumbu coto makassar yang sedikit kental dan kecokelatan. Bukan tanpa alasan, selain mampu menambah kenikmatannya, rempah-rempah ini juga dipercaya mampu menjadi penawar kolestrol pada jeroan dan daging sapi yang digunakan. 

Dalam semangkuk coto makassar terdiri dari irisan jeroan dan daging sapi yang sebelumnya sudah direbus lama hingga benar-benar empuk, lalu diberi kuah. Biasanya coto makassar seringkali dinikmati bersama sambal, perasaan jeruk nipis, dan ketupat ataupun buras. 

2. Sop Saudara

5 Kuliner Berkuah dari Daging Sapi Khas Sulawesi Selatan, Kaya Rempah!ilustrasi sop saudara (instagram.com/kompor.mamimi)

Memiliki nama yang unik, pemberian nama Sop Saudara terinspirasi dari nama 'Coto Paraikatte' sebuah warung yang menjual coto makassar. Dalam Bahasa Makassar, kata paraikatte diartikan sebagai saudara.

Walaupun terinspirasi dari sebuah warung yang menyajikan coto makassar, bukan berarti sop saudara sama saja dengan coto makassar. Dari segi rasa, tampilan, bahan-bahan yang digunakan, hingga penyajiannya, keduanya jelas berbeda. 

Semangkuk sop saudara berisikan irisan daging sapi, paru sapi yang telah digoreng, dan sohun dengan siraman kuah yang jauh lebih ringan di lidah. Untuk penyajiannya, sop saudara seringkali dinikmati bersama nasi hangat, perkedel, sambal, perasaan jeruk nipis, disertai ikan bakar yang dilengkapi dengan saus kacang. 

Baca Juga: 9 Olahan Daging Khas Makassar Paling Favorit, Ada Kesukaanmu?

3. Pallubasa

5 Kuliner Berkuah dari Daging Sapi Khas Sulawesi Selatan, Kaya Rempah!ilustrasi pallubasa (instagram.com/gadis785)

Pallubasa berasal dari gabungan dua kata, yakni kata pallu yang dalam bahasa Makassar diartikan sebagai masak dan basa diartikan basah atau kuah. Sekilas hampir mirip dengan coto makasar, pallubasa juga terbuat dari irisan daging sapi dan jeroan sapi yang telah direbus lama serta disajikan bersama kuah berwarna kecokelatan. 

Bedanya, pallubasa dibuat dengan tambahan serundeng atau kelapa parut sangrai dan seringkali dihidangkan dengan sebutir kuning telur mentah. Serundeng yang ada pada pallubasa membuat rasa dan aromanya lebih gurih. 

4. Sop Konro

5 Kuliner Berkuah dari Daging Sapi Khas Sulawesi Selatan, Kaya Rempah!ilustrasi sop konro (instagram.com/kokibudgeted)

Konon, dahulu sop konro yang identik dengan iga sapi ini terbuat dari iga kerbau. Tapi karena keberadaan daging kerbau yang kian langka, membuat kuliner yang satu ini kini dibuat menggunakan iga sapi. Sop konro ini biasanya disajikan di berbagai acara penting seperti hari raya Idulfitri, hari raya iduladha, hingga hajatan. 

Dalam sepiring sop konro berisikan potongan daging sapi dan iga sapi dengan kuah berwarna cokelat kehitaman yang berasal dari buah keluak dan beragam rempah-rempah. Kuliner berkuah cokelat kehitaman ini seringkali dinikmati bersama sepiring nasi hangat atau ketupat yang telah dipotong-potong lebih dulu dan taburan bawang goreng. 

5. Sop Ubi

5 Kuliner Berkuah dari Daging Sapi Khas Sulawesi Selatan, Kaya Rempah!ilustrasi sop ubi khas makassar (instagram.com/artikhuyin)

Walaupun gak sepopuler coto makassar, pallubasa, dan sop konro; rasa yang berbeda dari sop ubi membuat kuliner berkuah yang satu ini juga jadi kuliner yang wajib dicoba saat di Makassar.

Disajikan di dalam sebuah mangkuk dengan kuah kaldu yang segar dan bening, sop ubi berisikan potongan ubi atau singkong yang telah digoreng empuk, potongan daging sapi, bihun yang dilengkapi dengan irisan sayuran berupa taoge dan kol. 

Sop ubi akan semakin nikmat dengan tambahan sambal, telur rebus, perasan jeruk nipis, serta taburan bawang goreng dan kacang tanah goreng. Kuliner yang satu ini juga seringkali disajikan saat acara keluarga dan berbagai acara penting lainnya.

Rasa nikmat perpaduan antara lembutnya daging sapi dan kuah yang berempah membuat kuliner berkuah khas Sulawesi Selatan di atas bisa jadi rekomendasi buat kamu pecinta kuliner bercitarasa kuat. Bukan hanya itu, kamu juga bisa menghidangkan kuliner-kuliner di atas di berbagai acara seperti hajatan, acara keluarga, hingga pernikahan. 

Baca Juga: 6 Destinasi Wisata Malam Makassar, Pas buat Tempat Nongkrong

Ridha Tiara Motik Photo Verified Writer Ridha Tiara Motik

The beginner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya