Comscore Tracker

5 Jenis Beras Mancanegara yang Populer Dikonsumsi oleh Dunia, Pulen!

Pernah cobain beberapa jenis beras ini?

Beras merupakan sumber karbohidrat yang banyak dikonsumsi di Indonesia. Hampir semua orang pasti membutuhkan beras sebagai komoditas pokok konsumsi sehari-hari.

Namun, beras yang ada di Indonesia ternyata berbeda dengan beras yang ada di mancanegara. Ragam beras tersebut pun memiliki keunikannya tersendiri. 

Bila kamu tertarik untuk mengetahui apa saja jenis beras mancanegara yang banyak dikonsumsi oleh dunia, berikut lima daftarnya. 

1. Beras arborio

5 Jenis Beras Mancanegara yang Populer Dikonsumsi oleh Dunia, Pulen!masterclass.com

Beras ini berasal dari daratan Italia dan hadir dengan tampilan warnanya yang seputih susu. Bahkan, warnanya jauh lebih putih bila dibandingkan dengan beras yang ada di Indonesia. Selain itu, beras ini memiliki bentuk bulir yang pendek dan mampu menyerap lebih banyak air.

Namun, pada saat proses pemasakan justru tak membuatnya mudah hancur karena tekstur yang dihasilkan lebih pulen dan lezat. 

2. Beras basmati

5 Jenis Beras Mancanegara yang Populer Dikonsumsi oleh Dunia, Pulen!food52.com

Beras yang berasal dari India dan Pakistan ini memang memiliki ciri khas bulirnya yang panjang dan banyak digunakan pada aneka olahan khas Timur Tengah. Beras jenis ini juga cenderung sulit dibudidayakan. Selain itu, pada saat proses penanakan, beras ini cenderung memisah meski bukanlah nasi pera dan juga panjang bulirnya bertambah tiga kali lipat. 

Baca Juga: 5 Tips Membeli Beras yang Bagus, Dijamin Hasilnya Pulen dan Lezat

3. Beras bomba

5 Jenis Beras Mancanegara yang Populer Dikonsumsi oleh Dunia, Pulen!tasteatlas.com

Beras yang satu ini merupakan varian yang cukup banyak dikonsumsi oleh masyarakat Spanyol. Bulir beras ini memang cenderung pendek, namun pada saat matang justru memisah.

Beras ini cocok diolah bersama dengan kaldu bercita rasa gurih. Selain itu, beras ini juga lebih umum melebar bila dibandingkan memanjang. 

4. Beras jasmine

5 Jenis Beras Mancanegara yang Populer Dikonsumsi oleh Dunia, Pulen!onceuponachef.com

Beras jasmine ada varian yang cukup banyak dibudidayakan di Thailand dan Kamboja. Jenis beras ini cukup populer bahkan di luar dua negara tersebut. Teksturnya yang cenderung pulen saat matang membuat aroma dan cita rasa lezat maksimal. Apalagi dengan aroma melati yang samar-samar dan pulennya nasi apabila telah matang. 

5. Beras jepang

5 Jenis Beras Mancanegara yang Populer Dikonsumsi oleh Dunia, Pulen!thespruceeats.com

Jepang juga cukup terkenal dengan jenis berasnya yang populer dikonsumsi oleh dunia. Terdapat bulir panjang dan juga bulir pendek yang dimiliki oleh beras dari Jepang tersebut. Salah satunya adalah jenis beras yang banyak digunakan untuk membuat sushi. Beras tersebut berbeda dengan beras pada umumnya karena cukup lengket ketika digunakan sehingga tak membuat sushi pun jadi berantakan. 

Nah, aneka varian beras mancanegara di atas semoga dapat memberikan informasi untukmu agar lebih mengenal jenis-jenis beras yang berbeda-beda. Pernah mencoba salah satunya? 

Baca Juga: 7 Resep Nasi Warna-warni yang Nikmat, biar Gak Bosan Sama Nasi Putih

Abdi K Tresna Photo Verified Writer Abdi K Tresna

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya