Comscore Tracker

5 Tips Mengolah Belut Agar Tidak Amis dan Tetap Lezat, Gak Sulit!

Kamu sendiri pasti bisa coba di rumah

Belut merupakan salah satu hewan yang cukup dikenal dalam dunia kuliner di Indonesia. Hewan bertubuh licin ini banyak dijadikan bahan dalam membuat aneka ragam makanan. Namun, sayangnya tak semua orang justru memahami cara-cara yang tepat dalam mengolah hewan panjang ini.

Lalu, bagaimana cara yang tepat dalam mengolah belut? Simak yuk.

1. Pilih belut yang berkualitas dan bersihkan isi perutnya

5 Tips Mengolah Belut Agar Tidak Amis dan Tetap Lezat, Gak Sulit!houstonpress.com

Hal utama yang perlu kamu lakukan tentu saja dengan cara memilih belut segar yang berkualitas. Setelah menentukannya, kamu dapat melanjutkan proses pengolahannya dengan membersihkan bagian perutnya. Pastikan belut telah dibersihkan bagian dalamnya hingga benar-benar bersih. Setelah itu cuci bersih.

2. Rendam belut dengan perasan jeruk nipis dan garam

5 Tips Mengolah Belut Agar Tidak Amis dan Tetap Lezat, Gak Sulit!webmd.com

Langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan mempersiapkan jeruk nipis dan garam sebagai bahan-bahan untuk rendaman belut. Nantinya bahan-bahan tersebut akan membantu dalam mengeluarkan lendir yang terdapat pada belut. Cukup rendam selama 20 menit saja.

Baca Juga: 5 Resep Olahan Kreasi Berbahan Dasar Belut, Mudah Dibuat dan Enak! 

3. Bersihkan kembali dengan air mengalir

5 Tips Mengolah Belut Agar Tidak Amis dan Tetap Lezat, Gak Sulit!Youtube/Steve Byun

Setelah proses perendaman nantinya akan ada lendir pada belut yang menjadi penyebab utama dari aromanya yang amis. Oleh sebab itu, kamu bisa membersihkannya di bawah air mengalir. Lakukan hingga beberapa kali sampai belut benar-benar bersih dari lendir agar aromanya tak amis lagi.

4. Marinasi belut

5 Tips Mengolah Belut Agar Tidak Amis dan Tetap Lezat, Gak Sulit!m.timesofindia.com

Sebelum kepada proses pengolahan, disarankan untuk memarinasi belut terlebih dahulu. Proses marinasi akan membantu memberikan aroma dan cita rasa pada belut nantinya. Bahan-bahan yang dibutuhkan juga hanyalah bawang putih, merica, dan garam yang dihaluskan bersama.

5. Disarankan untuk menggoreng belut hingga kering

5 Tips Mengolah Belut Agar Tidak Amis dan Tetap Lezat, Gak Sulit!eatsmarter.com

Ada banyak menu yang bisa dihasilkan dari belut, namun disarankan untuk menggorengnya hingga benar-benar kering. Proses penggorengan akan membantu dalam memberikan aroma agar tak sedap lagi sebelum belut diolah menjadi menu lainnya. Namun, hal ini akan berbeda bila kamu berminat untuk mengolah belut dengan fara yang berbeda.

Proses pengolahan belut tentunya tak begitu sulit selama memerhatikan cara-caranya dan bahan-bahan yang dibutuhkan. Pastinya belut tetap lezat dan anti amis, deh. Yuk, coba buat masakan berbahan belut!

Baca Juga: 5 Perbedaan Ikan Sidat dan Belut, Jangan Sampai Tertukar!

Abdi K Tresna Photo Verified Writer Abdi K Tresna

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya