Comscore Tracker

5 Hal yang Perlu Diperhatikan sebelum Menyimpan Daging di Freezer

Jangan sampai salah dan tidak tahu, ya

Daging merupakan bahan makanan yang umum dikonsumsi, sehingga tak heran bila banyak orang yang membelinya untuk kebutuhan konsumsi. Namun, tentu saja setelah membeli terdapat proses penyimpanan. Bagian freezer di kulkaslah yang menjadi pilihan banyak orang dalam menyimpan daging segar.

Lalu, apa saja hal yang diperhatikan sebelum menyimpan daging di freezer? Begini jawabannya.

1. Tidak perlu mencuci daging

5 Hal yang Perlu Diperhatikan sebelum Menyimpan Daging di Freezergoodyfeed.com

Beberapa orang cenderung salah paham dalam memahami kapan sebaikan daging bisa dicuci. Oleh sebab itu, sebaiknya kamu tidak mencuci daging apabila ingin menyimpannya.

Daging yang dicuci bisa jadi akan membuat kuman-kuman justru masuk ke dalam pori-pori daging. Proses pencucian bisa kamu lakukan sebelum pengolahan.

2. Potong daging berbentuk dadu

5 Hal yang Perlu Diperhatikan sebelum Menyimpan Daging di Freezerthebutchery.ae

Untuk memperoleh hasil yang lebih praktis, kamu dapat memotong-motong daging berbentuk dadu terlebih dahulu. Cara tersebut dapat membuatmu lebih praktis saat pengolahan nanti. Pastikan potongan daging tersebut kamu simpan di dalam plastik bening, bukan plastik kresek.

Baca Juga: Resep Steak Daging Sapi yang Juicy dan Empuk, Caranya Simpel Banget

3. Gunakan pisau khusus daging untuk mencegah kontaminasi silang

5 Hal yang Perlu Diperhatikan sebelum Menyimpan Daging di Freezerseriouseats.com

Untuk memotong-motong daging menjadi bentuk dadu, tentunya kamu juga memerlukan pisau khusus atau pisau daging. Pastikan untuk menggunakan pisau yang memang biasa digunakan untuk memotong daging. Jangan sampai menggunakan pisau yang sama secara acak untuk memotong daging sekaligus memotong bahan-bahan makanan lain. Hal ini dapat menyebabkan kontaminasi silang.

4. Dinginkan daging dahulu sebelum dimasukkan ke freezer

5 Hal yang Perlu Diperhatikan sebelum Menyimpan Daging di Freezerthriftyfun.com

Pada saat daging telah siap dimasukan ke dalam freezer, kamu dapat menyimpannya di bagian bawah kulkas terlebih dahulu selama 4-5 jam. Cara tersebut akan membantu mendinginkan daging terlebih dahulu. Setelah itu, baru kamu bisa menyimpannya di dalam freezer.

5. Jangan mencairkan daging dengan air panas

5 Hal yang Perlu Diperhatikan sebelum Menyimpan Daging di Freezerwildmeat.co.uk

Tips lainnya yang perlu kamu tahu adalah mengenai pencairan daging beku. Biasanya orang-orang akan menggunakan air panas untuk mencairkannya, namun kamu bisa menyimpannya di dalam wastafel dan di bawah air keran. Biarkan hingga daging tak beku lagi, baru kamu bisa mencuci dan mengolahnya.

Nah, ternyata ada banyak hal yang perlu kamu perhatikan sebelum menyimpan daging segar di freezer. Jangan sampai lupa, ya!

Baca Juga: 6 Cara Membedakan Daging Sapi Asli Vs Daging Oplosan, biar Gak Tertipu

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya