Comscore Tracker

5 Jenis Olahan Berkalori Tinggi yang Wajib Kamu Hindari Saat diet

Bisa diganti dengan bahan makanan lain yang lebih sehat lho

Memiliki bentuk tubuh yang ideal rasanya selalu menjadi idaman dari setiap orang. Proporsi tubuh yang ideal inilah kemudian mendorong banyak orang untuk berbondong-bondong melakukan diet dengan berbagai jenis cara.

Tentu meskipun terdapat beragam varian diet yang dilakukan, pada umumnya mereka akan cenderung menolak berbagai olahan baik makanan maupun minuman yang memiliki jumlah kalori tinggi. Pastinya dengan begitu pola makan dari diet yang dilakukan pun dapat terkontrol dengan baik. 

Untuk kamu yang penasaran jenis olahan apa saja yang sebaiknya kamu hindari saat dalam fase diet sebab mengandung kalori yang cukup tinggi, berikut lima daftarnya! 

1. Roti tawar putih

5 Jenis Olahan Berkalori Tinggi yang Wajib Kamu Hindari Saat dietrobinhood.ca

Beberapa orang ada yang berpikir bahwa mengonsumsi roti tawar khususnya roti putih yang sangat mudah ditemui dapat membantu proses diet. Hal ini dibandingkan dengan mengonsumsi nasi putih. Padahal, sama saja dan justru tidak disarankan untuk mengonsumsi roti putih selama proses diet.

Akan lebih baik bila mengganti roti putih dengan roti gandum yang kaya akan serat dan cocok untuk dikonsumsi selama diet berlangsung.

2. Jus instan dalam kemasan

5 Jenis Olahan Berkalori Tinggi yang Wajib Kamu Hindari Saat dietomnomorganics.com

Kamu tipikal yang rajin mengonsumsi jus dalam kemasan? Bila iya, sebaiknya kamu harus mulai belajar membuat jus sendiri di rumah untuk memastikan nutrisi yang terdapat di dalamnya.

Pada umumnya, jus kemasan menggunakan gula dan komposisi buah di dalamnya hanya sekitar kurang lebih 50%, sisanya tentu saja bahan-bahan lainnya seperti pengental dan pengawet.

Tentu, akan lebih sehat apabila kamu membuat sendiri di rumah. Namun pastikan untuk mengganti penggunaan gula ataupun susu kental manis dengan madu yang jauh lebih aman dikonsumsi pada saat diet. 

Baca Juga: Ini Dia Penyebab Kenapa Kamu Selalu Gagal Diet!

3. Kue manis

5 Jenis Olahan Berkalori Tinggi yang Wajib Kamu Hindari Saat dietsouthernliving.com

Hampir seluruh orang pasti setuju bahwa olahan manis yang menggugah selera ini sangat tidak disarankan untuk dikonsumsi selama proses diet berlangsung ya. Kue-kue manis tersebut tentu saja mengandung berbagai komponen seperti gula, mentega, tepung, dan lain sebagainya yang justru memiliki jumlah kalori tinggi. Selain itu, lemak jenuh di dalamnya mampu menggagalkan usaha dietmu. 

4. Es krim

5 Jenis Olahan Berkalori Tinggi yang Wajib Kamu Hindari Saat dietrecipes.csrsugar.com.au

Es krim dapat disebut sebagai olahan yang cukup sering menggagalkan usaha diet dari orang-orang. Memang tak dapat dipungkiri bahwa es krim selalu memiliki pesonanya untuk dicicipi lagi dan lagi.

Apabila kamu memang ingin mencicipi es krim, buatlah sendiri di rumah dengan menggunakan yogurt dengan rendah lemak dan buah-buahan segar. Hindari pengonsumsian gula berlebih dan sajikan es krim dalam porsi jumlah kecil. 

5. Makanan bersantan

5 Jenis Olahan Berkalori Tinggi yang Wajib Kamu Hindari Saat dietunileverfoodsolutions.co.id

Bagi orang Indonesia rasanya cukup sulit bila meminimalisir pengonsumsian dari berbagai olahan dengan menggunakan santan. Olahan yang bersantan pada umumnya juga mengandung lemak yang justru akan membuat dietmu menjadi gagal total.

Selain itu, hindari olahan yang digoreng maupun jeroan. Lebih baik untuk mengonsumsi makanan yang dipanggang, direbus, maupun yang menggunakan sedikit minyak. 

Nah, 5 olahan tinggi kalori di atas sebaiknya kamu hindari selama proses diet berlangsung ya agar tetap mendapatkan proporsi tubuh yang ideal dan kamu idamkan. Jangan sampai tergiur ingin mencicipinya.

Baca Juga: 11 Pengakuan Jujur Orang yang Niat Diet Tapi Sayangnya Gagal Melulu

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Saya adalah penulis biasa | Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You