Comscore Tracker

5 Menu Sarapan Khas Indonesia, Lezat dan Penuh Kearifan Lokal!

Hayo, kalau kamu sukanya yang mana?

Setiap negara tentunya memiliki berbagai menu sarapannya yang berbeda-beda, tak terkecuali juga Indonesia. Kamu pun semua tahu bahwa Indonesia memiliki berbagai sajian makanan yang lezat dan murah meriah, sekaligus dengan rempahnya yang khas. Hal itu lah yang membuat olahan Indonesia seakan sangat menempel di hati, tak terkecuali untuk urusan menu sarapannya.

Untuk kamu yang penasaran menu apa saja yang menjadi khas untuk sarapan orang Indonesia, berikut lima daftarnya!

1. Nasi uduk

5 Menu Sarapan Khas Indonesia, Lezat dan Penuh Kearifan Lokal!foodrepublic.com

Bukan rahasia umum lagi bila nasi uduk seakan menjadi makanan yang paling erat kaitannya dengan menu sarapan ala orang Indonesia. Nasi uduk sendiri merupakan nasi yang dimasak dengan berbagai bumbu, salah satunya adalah santan. Selain itu, diberi beragam lauk yang dapat kamu nikmati bersama dengan nasi.

2. Bubur ayam

5 Menu Sarapan Khas Indonesia, Lezat dan Penuh Kearifan Lokal!thekitchn.com

Tak sulit menemukan makanan yang satu ini di pinggir jalan. Meski banyak orang yang menjualnya, namun memang tak menyurutkan antusiasme orang-orang untuk menikmatinya. Bubur ayam menggunakan bahan-bahan seperti kecap, kaldu, ayam yang telah disuwir, daun bawang, kacang, kerupuk, dan tambahan lainnya.

Baca Juga: Resep Japanese Shrimp Toast ala Yummy, Sarapan Sehat buat Si Kecil

3. Nasi kuning

5 Menu Sarapan Khas Indonesia, Lezat dan Penuh Kearifan Lokal!Youtube/Rudy dan Sahabat TV

Di beberapa tempat masih sering ditemui pilihan menu sarapan ala Indoensia yang satu ini. Memang nasi kuning menjadi primadona tersendiri bagi masyarakat Indonesia untuk menikmati menu sarapannya. Nasi kuning biasa disajikan dengan berbagai menu, sebut saja tempe orek dan telur balado.

4. Nasi goreng

5 Menu Sarapan Khas Indonesia, Lezat dan Penuh Kearifan Lokal!seriouseats.com

Menu paling populer yang sering dikonsumsi setiap saat oleh orang Indonesia ini juga menjadi salah satu sarapan yang khas. Biasanya, orang Indonesia akan membuatnya sendiri di rumah. Nasi goreng juga memiliki berbagai ragam jenis yang dapat kamu pilih dan sesuaikan dengan selera masing-masing.

5. Bubur kacang ijo

5 Menu Sarapan Khas Indonesia, Lezat dan Penuh Kearifan Lokal!Youtube/Dapur Fatmawati

Berbeda dengan menu lainnya yang bercita rasa asin, menu yang satu ini justru memiliki cita rasa yang lebih manis. Bubur kacang ijo merupakan pilihan menu sarapan bagi beberapa orang, sehingga tak heran bila banyak yang menjualnya di pagi hari.

Menu ini terbuat dari kacang hijau yang telah direbus dan diberi kuah berupa santan, gula merah, dan bahan pelengkap lainnya.

Nah, beberapa menu khas Indonesia di atas dapat menjadi informasi sekaligus rekomendasi menarik untuk kamu yang berminat mencicipinya.Tertarik mencoba?

Baca Juga: Resep Japanese Shrimp Toast ala Yummy, Sarapan Sehat buat Si Kecil

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya