Comscore Tracker

5 Olahan Berserat Tinggi yang Wajib Dikonsumsi, Cocok untuk Diet!

Cita rasanya lezat, manfaatnya juga hebat

Sejak kecil mungkin sudah sering diperingatkan untuk banyak mengonsumsi olahan berserat tinggi.

Ada beragam manfaat baik untuk tubuh bila kamu rutin mengonsumsi olahan dengan kandungan serat yang baik, sebut saja seperti mendapatkan berat badan ideal, bahkan hingga kelancaran dalam sistem pencernaan.

Jika kamu ingin mendapatkan manfaat-manfaat baik di atas, maka kamu wajib mengetahui apa saja jenis olahan yang dapat kamu konsumsi. Untuk kamu yang penasaran apa saja olahan tersebut, berikut lima daftarnya! 

1. Alpukat

5 Olahan Berserat Tinggi yang Wajib Dikonsumsi, Cocok untuk Diet!Unsplash/Thought Catalog

Jenis buah ini mungkin dapat dikatakan sebagai salah satu yang cukup populer untuk dikonsumsi sehari-hari dengan berbagai menu, mulai dari makanan hingga minuman. Buah dengan tekstur lembut ini memiliki kandungan serat sebesar 6.7 gram per ons.

Tak hanya itu, alpukat juga mengandung lemak sehat yang tak akan membuat berat badan bertambah, namun justru akan membuat tubuhmu semakin sehat dan bertenaga. 

2. Stroberi

5 Olahan Berserat Tinggi yang Wajib Dikonsumsi, Cocok untuk Diet!Unsplash/Massimiliano Martini

Buah mungil dengan warna merah memikat ini memang sangat cocok untuk dikonsumsi di kala diet. Alasannya adalah karena kandungan serat di dalamnya lumayan tinggi, yaitu 2 gram per ons dan kandungan kalorinya yang relatif rendah.

Tak hanya itu, stroberi juga mengandung beberapa nutrisi seperti vitamin C, potasium, mangan, bahkan antioksidan. 

Baca Juga: Resep Brownies Oatmeal Tinggi Serat, Cocok Jadi Camilan Saat Diet 

3. Brokoli

5 Olahan Berserat Tinggi yang Wajib Dikonsumsi, Cocok untuk Diet!Unsplash/Louis Hansel @shotsoflouis

Sayuran yang satu ini mungkin sangat dihindari bahkan sejak kamu masih kecil karena cita rasanya yang tak seenak itu. Padahal, brokoli merupakan jenis sayuran dengan kandungan nutrisi paling lengkap. Terdapat 5.4 gram serat per cangkirnya.

Selain itu terdapat berbagai vitamin, potasium, antioksidan, zat besi, dan kandungan baik lainnya di dalamnya. Tak heran bila brokoli banyak dikonsumsi untuk berbagai manfaat, seperti meningkatkan imunitas tubuh hingga kesehatan tulang dan gigi. 

4. Oatmeal 

5 Olahan Berserat Tinggi yang Wajib Dikonsumsi, Cocok untuk Diet!Unsplash/Margarita Zueva

Sering dikonsumsi sebagai menu sarapan, oatmeal memang telah sejak lama dipercaya memiliki kandungan serat yang tinggi. Tak hanya itu, olahan yang dapat memberikan kesehatan jantung ini juga memiliki kandungan vitamin dan mineral di dalamnya. 

Oatmeal memiliki kandungan serat yang disebut sebagai beta-glukan yang bermanfaat untuk menurunkan kolesterol dan mengatur kadar gula darah. 

5. Cokelat hitam

5 Olahan Berserat Tinggi yang Wajib Dikonsumsi, Cocok untuk Diet!Unsplash/Charisse Kenion

Jika kamu lebih menyukai olahan cokelat, maka kamu dapat mengonsumsi cokelat hitam untuk memenuhi kebutuhan seratmu. Meski cita rasanya pahit-pahit manis, namun kandungan seratnya sangat tinggi, yaitu 10.9 gram per ons. Kandungan antioksidan di dalamnya juga tinggi serta bermanfaat untuk melindungi kulit dan meningkatkan fungsi otak. 

Nah, beberapa olahan di atas dapat menjadi rekomendasi untukmu dalam memenuhi kebutuhan serat setiap harinya. Mana yang paling kamu gemari? 

Baca Juga: Alami 5 Gejala Ini? Kurangi Asupan Serat Harian Kamu karena Kebanyakan

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya