Comscore Tracker

5 Perbedaan Antara Oatmeal dan Granola, Beda Banget!

Mana nih ide sarapan terbaik menurutmu? 

Kamu mungkin sudah tak asing lagi dengan olahan oatmeal dan granola, bukan? Kedua jenis olahan ini sering disebut sebagai menu sehat sekaligus menu diet. Kepopuleran keduanya membuat tak sedikit orang kesulitan untuk membedakan antara satu dan lainnya. 

Untuk kamu yang penasaran apa saja perbedaan oatmeal dan granola, berikut lima daftarnya. 

1. Asal mula keduanya 

5 Perbedaan Antara Oatmeal dan Granola, Beda Banget!consumentenbond.nl

Banyak yang mengira bila oatmeal merupakan menu yang terbuat dari gandum utuh, padahal olahan ini berasal dari tanaman yang bernama haver.

Tanaman ini jelas memiliki kandungan serat tinggi dan rendah lemak. Sementara, granola terbuat dari tumbuhan havermout yang kemudian dicampur dengan biji-bijian, kkacang-kacangan, atau buah-buahan. 

2. Kandungan baik

5 Perbedaan Antara Oatmeal dan Granola, Beda Banget!fountainavenuekitchen.com

Kedua bahan makanan di atas sebetulnya memiliki kandungan baik antara satu dan lainnya sehingga membuat keduanya sering dipilih menjadi menu konsumsi pada saat diet.

Namun, oatmeal memiliki beberapa teknik memasak yang akan menentukan hasil yang berbeda. Sementara untuk granola, kamu perlu memerhatikan perasa atau tambahan buah-buahan manis yang mungkin saja dapat menggagalkan rencana dietmu. 

Baca Juga: Buat Granola Bar Sendiri di Rumah, Ini Resepnya!

3. Tekstur keduanya

5 Perbedaan Antara Oatmeal dan Granola, Beda Banget!simplecomfortfood.com

Antara oatmeal dan granola jelas memiliki tekstur yang berbeda-beda. Oatmeal cenderung memiliki tekstur yang lembut layaknya bubur dengan sedikit tekstur. Namun, granola justru sebaliknya. Bahan makanan ini lebih cenderung memiliki tekstur yang renyah dan tentunya jauh lebih keras. 

4. Cita rasa

5 Perbedaan Antara Oatmeal dan Granola, Beda Banget!eatthismuch.com

Oatmeal mungkin saja tak akan cocok untuk beberapa orang karena aroma dan cita rasanya yang lebih terkesan hambar. Sementara, granola juga bercita rasa tawar, terkecuali untuk yang memiliki rasa. Tentunya kedua bahan makanan ini memiliki cita rasa yang saling berbeda satu sama lain. 

5. Teknik penyajian 

5 Perbedaan Antara Oatmeal dan Granola, Beda Banget!gratefulgrazer.com

Antara oatmeal dan granola sama-sama memiliki cara penyajian yang berbeda. Oatmeal cenderung akan ditambahkan air panas begitu saja hingga tampak seperti bubur. Sementara, granola lebih umum dikonsumsi sebagai sereal dengan tambahan susu atau pun dikonsumsi langsung. Namun, kedua bahan makanan ini dapat ditambahkan dengan aneka topping yang lezat. 

Nah, itu lah beberapa perbedaan yang dapat kamu bedakan antara oatmeal dan granola. Tentukan seleramu, ya! 

Baca Juga: Resep Membuat Ayam Goreng Oatmeal yang Rasanya Gurih Banget

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya