Comscore Tracker

5 Perbedaan Antara Ramen dan Ramyun, Beda Banget Lho!

Apakah kamu juga bingung membedakannya?

Kamu mungkin pernah mendengar dua menu mie asal Jepang dan Korea Selatan, yaitu ramen dan ramyun. Keduanya merupakan menu yang berbeda, meskipun ternyata masih banyak orang yang belum bisa membedakan keduanya. Perbedaan antara kedua menu tersebut jelas berbeda baik dari segi komposisi, bahkan penyajiannya.

Untuk kamu yang penasaran apa saja perbedaan antara ramen dan ramyun, berikut lima daftarnya.

1. Bahan alami dan instan

5 Perbedaan Antara Ramen dan Ramyun, Beda Banget Lho!justonecookbook.com

Dari kedua menu mie ini, ada salah satunya yang termasuk ke dalam bahan alami dan ada salah satunya yang termasuk ke dalam bahan instan.

Sebagai contohnya, ramen merupakan menu mie yang diolah secara alami dengan menggunakan mie mentah dan bahan-bahan lainnya yang dibuat manual. Sementara, ramyun merupakan menu mie instan yang biasa dijual secara kemasan sehingga memang proses pengolahannya juga tak alami.

2. Cita rasa keduanya

5 Perbedaan Antara Ramen dan Ramyun, Beda Banget Lho!gaekon.com

Ada yang cukup berbeda antara ramen dan ramyun dalam hal cita rasa. Ramen memiliki sensasi rasa yang terasa original dan sangat kaya akan rempah. Sedangkan, ramyun lebih cenderung memiliki rasa pedas dengan asam yang kuat. Tak heran bila memang ramyun banyak dikonsumsi untuk mereka yang menyukai olahan pedas.

Baca Juga: 5 Kreasi Olahan Ramen yang Lezat dan Bercita Rasa Autentik, Penasaran?

3. Bahan pembuatan kuah

5 Perbedaan Antara Ramen dan Ramyun, Beda Banget Lho!nourishedkitchen.com

Hal yang paling dinantikan dari olahan mie adalah kuahnya. Menyeruput kuah mie dari mangkuknya langsung memang memberikan sensasi rasa tersendiri. Tak heran bila kemudian keduanya memiliki cita rasa kuah yang berbeda karena memang disebabkan dari bahan-bahan yang digunakan.

Ramen menggunakan kaldu daging, ayam, atau seafood sebagai bahan pembuatan untuk kaldunya. Sementara, ramyun terbuat dari bumbu-bumbu yang telah diproses sebelumnya layaknya bumbu mi instan pada umumnya.

4. Penyajiannya topping

5 Perbedaan Antara Ramen dan Ramyun, Beda Banget Lho!100incagency.com

Tak lengkap mengonsumsi olahan mie tanpa ada tambahan topping yang digunakan. Begitupun saat menyantap menu ramen atau pun ramyeon secara langsung agar semakin lezat rasanya.

Secara umum, kedua menu makanan ini menggunakan jenis topping yang sama seperti telur, daging, dan sayuran. Namun, perbedaannya terletak di tata cara penyajiannya.

Ramen biasanya disajikan di atas mangkuk yang telah diberi tambahan daging, sayuran, telur rebus, dan nori. Sementara, ramyeon lebih umum disajikan di pancinya langsung bersama dengan daging, sayuran, dan telur yang dimasak bersama dengan mie.

5. Varian rasa

5 Perbedaan Antara Ramen dan Ramyun, Beda Banget Lho!outsiderpisit.com

Beberapa jenis menu mie memang ada yang memiliki beragam varian rasa, termasuk ramen. Menu mie khas Jepang ini termasuk salah satu yang memiliki aneka varian sehingga kamu dapat memperoleh banyak pilihan. Sementara, ramyun biasanya hanya terdapat satu varian rasa saja.

Meski begitu, namun ramyun memiliki tingkatan kepedasan yang dapat menjadi tantangan untukmu.

Nah, itulah beberapa perbedaan antara ramen dan ramyun yang harus kamu ketahui dan pahami. Mudah untuk membedakannya, bukan?

Baca Juga: Bikin Kimchi Ramyun di Rumah Ala Korea Gak Sesusah Bayangan Kamu, Kok!

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya