Comscore Tracker

5 Tips Mencegah Keberadaan Tikus di Dapur, Jaga Kebersihannya!

Dapur pun aman dari bayang-bayang hewan pengerat ini, deh

Tikus merupakan salah satu hewan yang keberadaannya cukup umum di rumah, khususnya dapur. Meski umum, namun hewan ini telah dicap sebagai hewan yang kotor sehingga dikhawatirkan akan menyebabkan penyakit atau pun mengkontaminasi makanan yang ada di dapur. Oleh sebab itu, kamu perlu tahu beberapa tips penting untuk menghindari keberadaan tikus di dapur.

Apa saja tipsnya? Yuk, cari tahu.

1. Menutup jalan-jalan tikus

5 Tips Mencegah Keberadaan Tikus di Dapur, Jaga Kebersihannya!porterdavis.com.au

Saat kamu memiliki waktu luang, coba liat sekeliling dapur untuk mengamati apakah ada lubang ada celah yang menjadi jalan masuk dan keluar dari tikus selama ini. Bila iya, maka kamu dapat langsung menutupnya dengan rapat. Biasanya jalan-jalan tikus berupa lubang ataupun celah-celah pada dinding.

2. Biasakan menyimpan makanan di lemari pendingin

5 Tips Mencegah Keberadaan Tikus di Dapur, Jaga Kebersihannya!nbcnews.com

Kulkas menjadi tempat terbaik untukmu dalam menyimpan semua makanan atau pun bahan-bahan makanan. Jangan terbiasa meletakkan makanan begitu saja di meja. Hal tersebut secara tak langsung dapat mengundang keberadaan tikus di rumah.

Baca Juga: 10 Cara Mengusir Tikus dengan Bahan Alami, Ampuh lho Ternyata!

3. Selalu jaga kebersihan dapur

5 Tips Mencegah Keberadaan Tikus di Dapur, Jaga Kebersihannya!homestolove.co.nz

Kebersihan merupakan kunci utama dari dapur yang sehat dan terawat. Oleh sebab itu, kamu perlu memerhatikan kebersihannya apabila kamu ingin dapurmu bebas dari tikus. Biasanya tikus senang berada di dapur yang kebersihannya minim.

4. Pelihara jangkrik dan simpan di dapur

5 Tips Mencegah Keberadaan Tikus di Dapur, Jaga Kebersihannya!thoughtco.com

Bila kamu ingin cara yang lebih efektif, coba pelihara jangkrik dan simpanlah di kotak dalam rumah. Konon suara jangkrik sangat lah tidak disukai oleh tikus. Tentunya dengan begitu, maka dapurmu bisa bebas dari tikus, deh.

5. Jangan biarkan dapur gelap

5 Tips Mencegah Keberadaan Tikus di Dapur, Jaga Kebersihannya!housebeautiful.com

Kondisi ruangan yang minim cahaya ataupun gelap sangat disukai oleh tikus. Oleh sebab itu, biasakan untuk menyala lampu agar dapurmu tetap terang benderang. Dengan begitu, maka tikus pun ragu-ragu untuk masuk ke dapur.

Nah, memang cukup mudah dalam mencegah keberadaan tikus di dapur. Hal ini tentu saja bertujuan agar dapur di rumah tetap terjaga kebersihannya dan terhindar dari hewan-hewan yang dapat mengkontaminasi makanan. Yuk, praktikkan!

Baca Juga: 6 Penyakit Berbahaya yang Disebarkan oleh Tikus, Jangan Disepelekan 

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya