Comscore Tracker

5 Tips Mengolah Bayam Secara Tepat Agar Manfaatnya Maksimal, Catat Ya!

Meski masakan rumahan, tapi caranya perlu kamu ketahui

Bayam merupakan sejenis sayuran yang cukup umum dan populer dikonsumsi sehari-hari. Jenis sayuran ini memang telah lama dikenal memiliki manfaat yang sangat kaya bagi tubuh, tak heran bila kemudian banyak orang yang mengonsumsinya.

Namun, tak banyak yang tahu bagaimana cara sebenarnya yang tepat untuk mengolah bayam. Lantas, seperti apa tipsnya?

1. Pastikan bayam segar dan bersih

5 Tips Mengolah Bayam Secara Tepat Agar Manfaatnya Maksimal, Catat Ya!healthline.com

Dalam mengolah bayam berkualitas, kamu perlu memerhatikan kesegaran dan kebersihannya. Pastikan memilih bayam dengan kualitas baik dan segar untuk dikonsumsi.

Sebelum dimasak, kamu disarankan untuk mencuci bayam di bawah air mengalir agar segala kotoran yang hilang dapat menempel. Apabila kamu tak ingin mengolahnya cepat-cepat, maka kamu bisa menyimpan bayam di dalam wadah kedap udara dan menyimpannya di kulkas untuk kesegaran yang lebih maksimal.

2. Alat memasak pun harus bersih

5 Tips Mengolah Bayam Secara Tepat Agar Manfaatnya Maksimal, Catat Ya!tasteofhome.com

Selain memastikan kesegaran dan kebersihan bayam, kamu juga harus memastikan alat-alat yang digunakan selama memasak pun bersih. Cara tersebut akan memaksimalkan kandungan baik yang akan diperoleh setelah memasak. Oleh sebab itu, cuci semua peralatan masak hingga benar-benar bersih.

Baca Juga: Resep Bobor Bayam yang Enak, Begini Cara Membuatnya Jadi Segar 

3. Tidak mengolahnya terlalu lama

5 Tips Mengolah Bayam Secara Tepat Agar Manfaatnya Maksimal, Catat Ya!cookingchanneltv.com

Memang bayam bisa diolah dengan beragam cara berbeda. Namun teknik mengukus konon bisa menjaga sekitar 80 persen dari kandungan vitamin c-nya. Oleh sebab itu, kamu tidak disarankan untuk mengolahnya terlalu lama. Proses pengolahan yang lama hanya akan membuat nutrisi baiknya ikut hilang.

4. Konsumsi langsung setelah matang

5 Tips Mengolah Bayam Secara Tepat Agar Manfaatnya Maksimal, Catat Ya!noobcook.com

Berbeda dengan jenis sayur lain, bayam sama sekali tidak disarankan untuk dikonsumsi lama. Lima jam setelah proses pemasakan, bayam patut dihabiskan. Lebih dari itu dikhawatirkan terdapat kandungan buruk yang memberikan dampak tidak baik bagi tubuh.

5. Tidak memanaskan bayam

5 Tips Mengolah Bayam Secara Tepat Agar Manfaatnya Maksimal, Catat Ya!cookingforengineers.com

Bila kamu terlalu sering memanaskan makanan, maka hal tersebut tidak akan berlaku untuk olahan bayam. Hal ini karena memang bayam memiliki kandungan yang tidak baik apabila dipanaskan terlebih dahulu. Itulah mengapa kamu perlu mengonsumsinya dengan segera.

Nah, beberapa cara mengolah bayam di atas perlu kamu jadikan acuan agar tak salah lagi. Catat ya!

Baca Juga: 10 Lauk Pendamping Sayur Bayam yang Bikin Makan Makin Lahap

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya