Comscore Tracker

5 Tips Menyimpan Bawang Bombay Agar Tak Mudah Busuk dan Bau, Catat!

Bawang bombay pun jadi lebih awet saat disimpan

Bawang bombay adalah salah satu jenis bahan makan yang banyak digunakan untuk memasak. Biasanya bawang bombay berukuran relatif besar bila dibandingkan dengan bawang lainnya. Selain itu, bawang jenis tersebut beraroma khas dengan perpaduan warna putih kehijauan.

Untuk kamu yang masih rutin menggunakan bawang bombay untuk memasak, yuk cari tahu cara menyimpannya.

1. Pilihlah bawang bombay segar

5 Tips Menyimpan Bawang Bombay Agar Tak Mudah Busuk dan Bau, Catat!indianexpress.com

Pada saat membeli atau pun memetik bawang bombay, disarankan untukmu dalam memilih jenis bawang yang masih segar. Ciri khas dari bawang yang masih segar adalah kulitnya yang terang mengkilap dan cenderung licin. Bawang bombay segar biasanya memiliki kualitas umbi yang baik dan masih segar.

2. Pastikan kulitnya tidak rusak

5 Tips Menyimpan Bawang Bombay Agar Tak Mudah Busuk dan Bau, Catat!healthline.com

Seperti membeli jenis bahan makanan yang lain, kamu juga perlu memperhatikan kualitas kulit dari bawang bombay. Hindari jenis bawang yang rusak kulitnya, baik itu tergores ataupun terkelupas kulitnya. Hal ini bisa menandakan bahwa bawang bombay sudah tak segar lagi dan mungkin saja busuk.

Baca Juga: 5 Kreasi Olahan Berbahan Bawang Bombay, Bikin Keroncongan Rasanya!

3. Keringkan agar tak tumbuh tunas

5 Tips Menyimpan Bawang Bombay Agar Tak Mudah Busuk dan Bau, Catat!thespruceeats.com

Cara lainnya yang dapat kamu lakukan saat menyimpan bawang bombay adalah dengan mengeringkannya. Namun, bagian yang dikeringkan adalah ujungnya agar tak tumbuh tunas. Caranya pun cukup mudah dan praktis, yaitu dengan angin-anginkan ujungnya selama satu jam saja.

4. Simpan di tempat yang sejuk dan kering

5 Tips Menyimpan Bawang Bombay Agar Tak Mudah Busuk dan Bau, Catat!almanac.com

Untuk tempat menyimpan bawang bombay, disarankan untukmu dalam memilih tempat yang sejuk dan kering. Jika memungkinkan, hindari menyimpannya di kulkas karena udaranya cenderung lembab dan membuat bawang bombay mudah busuk. Dengan menyimpannya di tempat yang sejuk dan kering, maka kualitasnya baik.

5. Simpan bawang bombay sisa di wadah kedap udara

5 Tips Menyimpan Bawang Bombay Agar Tak Mudah Busuk dan Bau, Catat!epicurious.com

Apabila kamu menggunakan bawang bombay dan menyisakan beberapa bagian, maka kamu dapat menyimpanya dengan menggunakan wadah kedap udara. Setelah itu, letakan wadah tersebut di dalam freezer. Dengan begitu, maka kualitas kesegarannya tetap terjaga.

Tentunya dengan menyimpan bawang bombay secara tepat, maka kualitasnya dapat terjaga dengan lebih maksimal. Selamat mencoba!

Baca Juga: Selain untuk Masakan, Ini 5 Manfaat Bawang Bombai bagi Kesehatan

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya