Comscore Tracker

5 Tips Penting Mengolah Jamur Agar Tak Berkurang Nutrisinya, Catat!

Olahan jamur buatanmu jadi tetap sehat maksimal, deh

Jamur merupakan salah satu bahan makanan vegan yang cukup umum dikonsumsi. Terlepas dari banyaknya jenis jamur, ternyata proses pengolahannya juga harus diperhatikan, lho.

Proses pengolahan yang tak tepat justru bisa menyebabkan nutrisi di dalamnya terbuang percuma. Lalu, bagaimana cara yang tepat dalam mengolah jamur? Yuk, cari tahu.

1. Pilih jamur berkualitas

5 Tips Penting Mengolah Jamur Agar Tak Berkurang Nutrisinya, Catat!news.nus.edu.sg

Untuk memperoleh olahan jamur yang sehat dan kaya akan nutrisi, sudah tentu pemilihan jamur menjadi hal terpenting yang harus dilakukan. Pilihlah jamur dengan kualitas yang baik. Kualitas jamur nantinya akan menentukan hasil dari masakan.

2. Memanggang dengan api bisa jadi rekomendasi

5 Tips Penting Mengolah Jamur Agar Tak Berkurang Nutrisinya, Catat!delish.com

Cara terbaik yang konon dapat dilakukan untuk mempertahankan nutrisi dan kualitas kandungan dalam jamur adalah dengan memanggangnya. Proses pemanggangan ini dilakukan dengan menggunakan api. Namun, pastikan tidak terlalu lama memanggangnya.

3. Memasak dengan oven untuk cara termudah

5 Tips Penting Mengolah Jamur Agar Tak Berkurang Nutrisinya, Catat!skinnyms.com

Ingin cara yang lebih praktis? Kamu dapat memasak jamur dengan cara memasaknya menggunakan oven. Namun, jangan terlalu lama hingga overcooked untuk mempertahankan kandungan dan nutrisi jamur di dalamnya.

Baca Juga: Peluang Bisnis Jamur Tiram, Hanya Butuh 4 Bulan Sudah Balik Modal 

4. Tidak disarankan untuk menggoreng atau menumis jamur

5 Tips Penting Mengolah Jamur Agar Tak Berkurang Nutrisinya, Catat!thespruceeats.com

Ada cara yang tepat, namun ada pula cara yang tidak tepat. Cara yang tidak direkomendasikan adalah dengan menggoreng dan menumis jamur. Kedua cara tersebut dinilai dapat mengurangi kadar nutrisi dan kandungan baik di dalam jamur.

5. Selalu perhatikan durasi pengolahan

5 Tips Penting Mengolah Jamur Agar Tak Berkurang Nutrisinya, Catat!eatwell101.com

Untuk proses pengolahan lebih lanjut menggunakan cara apa pun, kamu dapat memperhatikan durasi yang digunakan. Durasi tersebut nantinya akan menjadi kunci untuk menjaga kualitas nutrisi dan kandungan dalam jamur. Dengan begitu, maka hasil masakannya akan tetap maksimal.

Nah, berbagai tips di atas dapat kamu pertimbangkan selama proses pengolahan jamur agar nantinya kandungan di dalamnya tetap terjaga dengan maksimal. Selamat mencoba!

Baca Juga: Resep Sup Krim Jamur yang Bikin Tubuh Hangat dan Segar

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya