Comscore Tracker

6 Makanan yang Sebaiknya Tidak Kamu Bekukan, Hindari Ya!

Hal ini berkenaan dengan alasan kesehatan hingga cita rasa

Saat ini memang mengawetkan makanan bukan lagi menjadi hal yang sulit, salah satunya adalah dengan membekukannya atau mendinginkannya dengan menggunakan kulkas.

Namun, ternyata membekukan makanan tidak bisa sembarangan karena tak semua makanan cocok dibekukan. Oleh sebab itu, kamu perlu mengetahui apa saja jenis makanan yang sebaiknya tidak dibekukan. Untuk kamu yang penasaran apa saja bahan makanan tersebut, yuk simak.

1. Gorengan

6 Makanan yang Sebaiknya Tidak Kamu Bekukan, Hindari Ya!taste.com.au

Meletakan gorengan di dalam kulkas memang bukan lah ide yang baik. Gorengan yang diletakan di dalam freezer kulkas hanya akan membuatnya basah dan tentu akan memengaruhi cita rasanya. Sebaiknya hindari hal ini.

2. Daging matang

6 Makanan yang Sebaiknya Tidak Kamu Bekukan, Hindari Ya!foodnetwork.com

Daging mentah mungkin banyak dimasukan ke dalam freezer untuk mengawetkannya. Namun, hal ini tidak berlaku pada daging matang. Sayangnya daging matang telah melalui berbagai proses pengolahan yang membuatnya rentan menimbulkan kontaminasi silang dengan makanan lain bila disimpan di freezer.

3. Telur

6 Makanan yang Sebaiknya Tidak Kamu Bekukan, Hindari Ya!Pexels/Pixabay

Menyimpan telur di dalam kulkas memang bukanlah hal aneh. Namun sayangnya, menyimpannya pada freezer sangatlah tidak disarankan. Hal ini hanya akan membuat cangkangnya mudah retak dan menjadi pintu masuk bakteri.

Baca Juga: 6 Tanda Makanan Beku Sudah Tak Layak Konsumsi, Sebaiknya Segera Buang

4. Yogurt

6 Makanan yang Sebaiknya Tidak Kamu Bekukan, Hindari Ya!pcrm.org

Banyak yang salah kaprah dalam menyimpan yogurt, salah satunya adalah dengan meletakannya di freezer. Menyimpannya dengan membekukannya hanya akan membuat teksturnya berubah jadi keras, bahkan hingga ke kandungan airnya. Tentunya ini tak akan lezat lagi.

5. Rempah aromatik

6 Makanan yang Sebaiknya Tidak Kamu Bekukan, Hindari Ya!besthealthmag.ca

Rempah aromatik seperti kayu manis dan dedaunan herbal memang banyak dimanfaatkan sebagai bahan pelengkap untuk pemberi aroma dan cita rasa. Sayangnya, apabila meletakannya di dalam freezer, justru hanya akan membuat aroma alaminya hilang. Jika begitu, maka rempah yang ada jadi tak akan berguna.

6. Keju bertekstur lunak

6 Makanan yang Sebaiknya Tidak Kamu Bekukan, Hindari Ya!pongcheese.co.uk

Ada beragam jenis keju yang bisa dikonsumsi, salah satunha adalah keju bertekstur lunak. Sayangnya, keju jenis seperti ini tak bisa disimpan di dalam freezer karena akan membuat kualitas dari teksturnya terganggu. Imbasnya, keju pun akan keras.

Nah, dengan mengetahui beberapa bahan makanan yang tak boleh dibekukan di atas, maka kamu jadi bisa lebih ekstra selektif dalam menyimpan makanan. Catat, ya!

Baca Juga: 5 Langkah Mudah Bikin Kentang Beku Super Lezat Sendiri di Rumah

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya