Comscore Tracker

Biasa untuk Mukbang, 5 Manfaat Mengonsumsi Gurita Ini Wajib Diketahui

Rasanya sebanding dengan manfaatnya lho! 

Gurita merupakan hewan laut yang biasa dikenal sebagai hewan moluska dimana habitat utama biasanya terletak di terumbu karang, samudra. Gurita atau octopus ini memang dikenal memiliki banyak tentakel pada tubuhnya dan seluruh tubuhnya hampir dipenuhi oleh otot tanpa tulang sehingga ini lah yang menyebabkan gurita menjadi makhluk yang lunak.

Pengolahan gurita tentunya merupakan hal yang sering sekali terjadi pada dunia kuliner. Bahkan di era digital sekarang, gurita telah menjadi menu dalam acara mukbang, yaitu di mana seseorang merekam dirinya sendiri saat menikmati suatu hidangan tertentu. Hal ini semakin menaikan eksistensi dari gurita. Tidak hanya lezat, gurita juga memiliki berbagai manfaat di dalamnya.

Untuk kamu yang penasaran mengenai manfaat dari hewan bertentakel ini, simak yuk apa saja!

1. Mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak

Biasa untuk Mukbang, 5 Manfaat Mengonsumsi Gurita Ini Wajib Diketahuifoodandwine.com

Gurita memiliki kandungan zat besi yang cukup baik khususnya apabila dikonsumsi oleh anak-anak yang masih dalam tahap pertumbuhan dan perkembangan. Nutrisi semacam ini lah yang mampu menjadi penunjang bagi anak sehingga mereka mampu mendapatkan hasil yang baik melalui proses tumbuh kembangnya secara fisik maupun kognitif.

2. Cocok untuk menu diet

Biasa untuk Mukbang, 5 Manfaat Mengonsumsi Gurita Ini Wajib Diketahuifood-hacks.wonderhowto.com

Berbeda dengan olahan fauna lain, gurita memiliki tingkat kalori dan lemak yang rendah sehingga sangat cocok untuk dikonsumsi oleh mereka yang sedang dalam proses diet. Tentunya meski dapat membantu untuk menurunkan berat badan, tetapi perlu diperhatikan mengenai proses pengolahannya. Jangan sampai justru bahan pendukung yang digunakan dapat merusak program diet mu.

Baca Juga: Jadi Camilan Favorit, Ini 5 Manfaat yang Dimiliki oleh Kuaci 

3. Mencegah radikal bebas

Biasa untuk Mukbang, 5 Manfaat Mengonsumsi Gurita Ini Wajib Diketahuifoodlustpeoplelove.com

Seperti hidangan laut pada umumnya, gurita memiliki kandungan selenium yang tinggi. Ini lah yang dapat berguna untuk mencegah radikal bebas masuk ke dalam tubuh. Manfaat antioksidan inilah yang akan memberikan banyak kebaikan terhadap kebugaran tubuh dalam menangkal segala radikal bebas.

4. Memiliki kekayaan vitamin dan mineral

Biasa untuk Mukbang, 5 Manfaat Mengonsumsi Gurita Ini Wajib Diketahuifoodrepublic.com

Makanan laut memang telah terkenal memiliki kandungan vitamin dan mineral yang luar biasa banyak, termasuk gurita. Gurita memiliki kandungan omega-3 yang baik, selain itu kandungan vitamin penting seperti vitamin C, vitamin A, dan vitamin B juga mengambil peran dalam olahan ini sehingga sangat dianjurkan untuk mengonsumsi menu lezat berbahan dasar gurita.

5. Bermanfaat untuk kesehatan jantung

Biasa untuk Mukbang, 5 Manfaat Mengonsumsi Gurita Ini Wajib Diketahuithetapaslunchcompany.co.uk

Gurita memiliki kandungan taurin di dalamnya, yaitu asam organik yang memiliki peran sebagai antioksidan dan bekerja untuk menangkal stres pada seseorang. Selain itu, taurin juga telah dipercaya dapat membantu penyakit jantung sehingga sangat cocok dan aman untuk dikonsumsi.

Nah, lima manfaat dari gurita di atas dapat menjadi informasi bahwa ternyata gurita tidak hanya memiliki cita rasa lezat, melainkan juga kandungan gizi yang baik. Bagaimana menurutmu?

Baca Juga: Jarang Diketahui, Ini 7 Manfaat Kentos Kelapa untuk Kesehatan Tubuh

Tresna Nur Andini Photo Community Writer Tresna Nur Andini

Colleger • Future Lecturer • Content Writer • Mari berteman di @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

JADWAL SALAT & IMSAK

26
MEI
2019
21 Ramadan 1440 H
Imsak

04.26

Subuh

04.36

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

Just For You