Menarik, 5 Manfaat Terong Ini Bikin Kamu Makin Semangat Makan

Bikin gak ragu buat nyobain terus

Terong atau terung merupakan sejenis tanaman yang menghasilkan buah dengan warna unik yang seringkali dijadikan sayuran oleh beberapa orang. Terong merupakan tumbuhnan khas yang berasal dari India dan Sri Lanka.

Ada banyak sekali berbagai macam terong yang tersebar dan dibudidayakan. Tetapi terong ungulah yang merupakan varian paling populer dalam diolah menjadi berbagai olahan lezat. Dibalik cita rasanya yang nikmat, ternyata terong memiliki khasiat dan manfaat yang luar biasa.

Untuk kamu yang penasaran mengenai manfaat dari mengonsumsi terong, simak yuk apa saja!

1. Baik untuk kesehatan kulit

Menarik, 5 Manfaat Terong Ini Bikin Kamu Makin Semangat MakanPexels/Pixabay

Terong ternyata tidak hanya memiliki keunikan warna yang menarik dan cantik, tetapi juga memiliki manfaat yang sangat baik bagi kesehatan kulit. Hal ini karena kandungan antioksidan dan kadar air sebesar 92% di dalamnya yang membuatnya dapat mencegah berbagai permasalahan kulit seperti kusam maupun kering. Tentunya sel-sel kulit akan lebih sehat dan mampu ternutrisi dengan baik.

2. Bermanfaat bagi kesehatan jantung

Menarik, 5 Manfaat Terong Ini Bikin Kamu Makin Semangat Makannaturalproductsinsider.com

Kandungan baik dalam terong mampu memberikan khasiat luar biasa bagi kesehatan jantung. Hal ini karena terdapat berbagai kandungan sehat seperti vitamin C, serat, kalium, fitonutrien, dan vitamin B6 yang mampu memberikan manfaat besar bagi kesehatan jantung.

Beberapa penelitian juga mengatakan bahwa terong dapat menurunkan tekanan darah bagi penderita hipertensi.

Baca Juga: 6 Manfaat Sayur Labu Siam, Kurangi Resiko Stroke Juga Lho

3. Baik untuk kadar gula darah

Menarik, 5 Manfaat Terong Ini Bikin Kamu Makin Semangat MakanPexels/Steven Arenas

Terong ternyata memiliki manfaat yang luar biasa terhadap kandungan gula darah bagi para penderita diabetes. Selain itu, terong ternyata mampu mengurangi kadar dalam penyerapan gula dalam darah dan juga mampu meningkatkan sekresi insulin didalam tubuh sehingga sangat baik dan bermanfaat bagi para penderita diabetes untuk mengonsumsi sayuran unik ini.

4. Cocok untuk menu diet

Menarik, 5 Manfaat Terong Ini Bikin Kamu Makin Semangat MakanPexels/Burst

Bagi kamu yang memiliki target untuk menurunkan berat badan, jangan lewatkan olahan lezat berbahan dasar terong ya. Hal ini karena terong memiliki kandungan kalori yang cukup rendah sehingga sangat cocok untuk menjadi menu diet.

Selain itu, terong mampu menekan rasa kenyang cukup lama sehingga asupan kalori dalam tubuh pun dapat dikontrol dengan baik.

5. Bermanfaat bagi pencernaan

Menarik, 5 Manfaat Terong Ini Bikin Kamu Makin Semangat Makansickchirpse.com

Terong sangat umum diolah menjadi berbagai olahan mulai dari masakan rumah hingga makanan dengan sentuhan internasional yang sama-sama lezat dan menggugah selera. 

Selain itu, olahan terong memiliki kandungan serat yang baik sehingga bermanfaat bagi kesehatan pencernaan. Hal ini tentu akan mengurangi risiko masalah dalam pencernaan sehingga dapat membuat kita memiliki pencernaan yang sehat.

Nah, 5 manfaat dari terong di atas dapat menjadi bukti bahwa ternyata olahan lezat dari terong mampu memberikan khasiat yang luar biasa bagi yang mengonsumsinya. Bagaimana menurutmu?

Baca Juga: 6 Tips Mengolah Pakis, Si Sayuran Lezat yang Tumbuh Musiman

Tresna Nur Andini Photo Community Writer Tresna Nur Andini

Penulis biasa yang butuh banyak inspirasi. Mari berteman dan terhubung melalui @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You