Comscore Tracker

Hasil dari Fermentasi, 5 Makanan India ini Mirip Tempe Khas Indonesia

Keliatan sama namun ternyata berbeda

Tempe mungkin sudah tak asing lagi namanya di telinga orang Indonesia. Produk olahan fermentasi kacang kedelai ini banyak dijumpai di seluruh pasar lokal Indonesia.

Jika selama ini kita hanya mengenal tempe produk yang berasal dari fermentasi kacang kedelai khas Indonesia, maka tak salah jika kita menengok kembaran tempe khas India yang mempunyai tekstur sama dengan tempe namun memiliki nama yang berbeda.

Apa saja sih? Yuk simak di bawah ini! 

1. Kinema

Hasil dari Fermentasi, 5 Makanan India ini Mirip Tempe Khas Indonesiathegundruk.com
Kinema ialah makanan yang berasal dari fermentasi kedelai. Makanan tradisional India ini berasal dari daerah Nepal bagian Himalaya Timur. Ciri kinema ialah bertekstur lengket dan berwarna cokelat keabu-abuan. Yang unik dari proses pemasakan kinema ialah penambahan kayu abu 1% ke dalam kedelai yang dimasak.
 
Olahan kinema sendiri oleh orang India biasanya dijadikan sup kari dan dimakan bersama nasi. 

2. Bekang

Hasil dari Fermentasi, 5 Makanan India ini Mirip Tempe Khas Indonesiabitemeup.com

Bekang berasal dari daerah Mizoram. Sedikit mirip dengan kinema, namun tekstur bekang lebih mirip natto khas jepang. Bekang bisa dengan mudah ditemukan di pasar lokal India.

Orang India biasa mengkonsumsi bekang secara utuh ataupun dibuat menjadi kari dengan tambahan bumbu seperti tomat, cabai, dan garam. 

Baca Juga: 5 Makanan Fermentasi Paling Populer dari Berbagai Negara, Enak Semua!

3. Hawaijar

Hasil dari Fermentasi, 5 Makanan India ini Mirip Tempe Khas IndonesiaFacebook.com/manipurtoday

Hawaijar berasal dari Manipur, biji kacang kedelai ditanam dan dihasilkan dari perbukitan Manipur. Berbeda dengan kinema, dalam proses pembuatan hawaijar tidak menggunakan teknik pemecahan dan penambahan abu pada saat proses produksi.

Sama halnya dengan bekang, hawaijar bisa dimakan langsung ataupun bisa juga dijadikan kari dengan tambahan bumbu dan sayuran. 

4. Tungrymbai

Hasil dari Fermentasi, 5 Makanan India ini Mirip Tempe Khas Indonesia7sisterkitchen.in

Olahan fermentasi kacang kedelai ini berasal dari Khasi dan Garo daerah Meghalaya India. Cara orang India menikmati tungrymbai ialah dengan cara menghaluskan tungrymbai dan memasukannya kedalam wadah berisi air lalu direbus hingga menguap, lalu memasukan bawang goreng, bawang putih, cabai, jahe, dan wijen hitam.

Para wanita Khasi juga biasanya membuat acar dari bahan dasar tungrymbai.  

5. Aakhone

Hasil dari Fermentasi, 5 Makanan India ini Mirip Tempe Khas Indonesiarootsandleisure.com

Aakhone atau yang bisa disebut axone berasal dari Nagaland India. Sama seperti kinema, pembuatan axone dengan merendam biji kedelai, dimasak, dan bijinya dibungkus dengan daun pisang segar dan disimpan di atas perapian untuk difermentasi selama 5–7 hari.

Akhone kering selain bisa dimasak sebagai acar, bisa juga dimasak dengan daging dan dimakan sebagai lauk. 

Nah itu dia kelima makanan India yang hampir mirip dengan tempe khas Indonesia. Menurutmu mana yang lebih mirip dan paling mempunyai kesamaan dengan tempe? 

Baca Juga: 5 Kuliner India yang Mirip dengan Makanan Indonesia, Pernah Coba?

Viany Okta Photo Verified Writer Viany Okta

Explore All Avenues | My ytb channel 'Viany Okta' for art and painting ❣️

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya