Comscore Tracker

Mudah Dipelihara, 5 Bumbu Masak Ini Harus Coba Kamu Tanam di Rumah

Tanam sendiri, lebih sehat. Gak perlu beli deh!

Buat kamu yang suka masak pasti kesel kalau sedang asik masak di dapur tiba-tiba ada salah satu bumbu yang kehabisan dan lupa dibeli. Tapi tenang, ternyata beberapa bumbu dapur sangat mudah ditanam dan dipelihara sendiri lho, jadi kamu bisa pakai sepuasnya dalam keadaan segar tanpa harus terus menerus beli.

Yuk simak macam-macam bumbu dapur yang bisa kamu tanam sendiri beserta tata caranya.

1. Kemangi

Mudah Dipelihara, 5 Bumbu Masak Ini Harus Coba Kamu Tanam di Rumahreview.bukalapak.com

Bumbu dapur pertama yang bisa banget kamu tanam sendiri di rumah adalah kemangi. Kemangi sering kali dijadikan campuran masakan untuk menambah aroma wangi pada makanan dan sering juga di jadikan lalapan cocolan sambal.

Menanam kemangi ini mudah banget. Kamu hanya perlu menyiapkan media tanam dalam pot dan kemudian taburkan benih kemangi yang bisa kamu beli di online shop atau toko-toko tanaman, simpan di tempat yang terkena sinar matahari langsung dan siram dengan rutin. Atau kamu juga bisa menaburkan bijinya langsung di tanah halaman rumah kamu.

Dalam beberapa minggu kemangi akan tumbuh dan siap kamu gunakan daunnya. Petik kemangi pada bagian pucuk agar tunas terus muncul dan nantinya pohon kemangi milikmu semakin lebat. 

2. Seledri

Mudah Dipelihara, 5 Bumbu Masak Ini Harus Coba Kamu Tanam di Rumahinfoindustria.com.ua

Selanjutnya ada seledri. Serupa seperti kemangi, seledri juga sering kali dijadikan toping pada masakan untuk menambah rasa dan aroma. Dan ternyata cara menanamnya juga mudah. Kamu bisa menaburkan biji seledri pada pot atau menanam akar seledri yang kamu potong saat membeli seledri utuh dari pasar.

Cara yang kedua terbukti lebih cepat menumbuhkan seledri yang nantinya akan siap kamu gunakan untuk memasak. 

Baca Juga: Jangan Salah, Ini 6 Cara Menyimpan Bumbu Dapur Agar Lebih Tahan Lama

3. Ketumbar

Mudah Dipelihara, 5 Bumbu Masak Ini Harus Coba Kamu Tanam di Rumahbukalapak.com

Selain biji ketumbar, daun ketumbar juga sering kali digunakan sebagai bumbu masak. Kamu bisa memiliki pohon ketumbar sendiri dirumah yang daunnya bisa kamu gunakan sepuasnya.

Caranya kamu cukup menaburkan biji ketumbar pada media tanam dalam pot, pastikan media tanam selalu lembap dan terkena sinar matahari. Jika dilihat sekilas daun ketumbar memang serupa dengan seledri. Jadi jangan sampai tertukar ya.

4. Daun bawang

Mudah Dipelihara, 5 Bumbu Masak Ini Harus Coba Kamu Tanam di Rumah8villages.com

Saat kamu membeli daun bawang dari pasar, jangan buang bagian akarnya ya. Kamu bisa tanam kembali akar daun bawang pada media tanam dalam pot dan kemudian natinya akan muncul pucuk-pucuk daun baru yang jika sudah besar bisa kamu gunakan deh.

Menanam akar daun bawang juga bisa menggunakan cara merendamya dalam gelas berisi air, kemudian tempatkan di tempat yang terkena sinar matahari penuh.

5. Kencur

Mudah Dipelihara, 5 Bumbu Masak Ini Harus Coba Kamu Tanam di Rumahsharingkali.com

Bagi para pencinta seblak harus nih punya tanaman kencur sendiri di rumah. Cara menanamnya cukup mudah. Rimpang kencur yang telah kamu beli bisa langsung kamu benamkan dalam tanah, baik di dalam pot maupun langsung. Siram dengan rutin dan beberapa bulan kemudian daun kencur yang lebar akan menutupi tanah yang menandakan kencur di bawahnya siap kamu gali dan gunakan.

Dengan menanam sendiri kamu bisa mendapatkan bumbu dapur yang lebih segar, sehat, dan tentunya bebas dari bahan kimia berbahaya. Selamat mencoba!

Baca Juga: 10 Bumbu yang Harus Ada di Dapur Korea, Pasta Cabai hingga Ikan Teri

Vini Krisdiani Photo Verified Writer Vini Krisdiani

just write it !

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya