Comscore Tracker

9 Aneka Kuliner dari Daerah Vietnam Selatan, Unik dan Kaya Rempah! 

Bermacam hidangan seafood, salad, dan sup yang sedap!

Negara-negara di kawasan Asia Tenggara memiliki berbagai macam kuliner yang khas, unik dan kaya rempah. Salah satunya adalah negara Vietnam. Negara ini memiliki makanan unik di setiap daerahnya.

Kuliner di Vietnam bagian utara memiliki karakteristik rasa yang ringan, tidak terlalu pedas, tidak terlalu manis, dan tidak terlalu berminyak. Walaupun begitu, kuliner di sini memiliki cita rasa yang kuat. Jika bercita rasa asin maka akan sangat asin, kalau pedas maka akan sangat pedas. Makanan yang khas di daerah ini ada pho, cha ca la vong, bun dau mam tom, dan lainnya.

Di Vietnam bagian tengah, kulinernya didominasi rasa pedas, asin, dan kaya rempah. Jika kalian tidak terbiasa pedas maka akan sedikit sulit untuk menikmati kuliner di kawasan ini. Selain itu, karena sebagian besar provinsi di Vietnam Tengah dekat dengan garis pantai makan makanan berbahan seafood populer di sini.

Kuliner di Vietnam bagian selatan memiliki karakteristik cita rasa yang manis dibanding dua kawasan lainnya, namun tetap kaya akan rempah. Nah, artikel ini akan mengulas sembilan kuliner dari Vietnam bagian selatan (Southern Vietnam).

1. Chả giò

9 Aneka Kuliner dari Daerah Vietnam Selatan, Unik dan Kaya Rempah! instagram.com/citron_et_elle

Chả giò atau spring roll goreng yang terbuat dari daging dan udang giling lalu dibalut dengan kertas nasi dan digoreng hingga golden brown dan renyah. Biasanya disajikan dengan berbagai sayuran dan fish sauce atau sweet and sour sauce.

2. Cơm tấm

9 Aneka Kuliner dari Daerah Vietnam Selatan, Unik dan Kaya Rempah! instagram.com/insatiable__hunger

Cơm tấm secara umum artinya adalah broken rice. Cơm tấm memiliki rasa seperti nasi biasa namun ukurannya lebih kecil.

Cơm tấm biasa dihidangkan dengan telur goreng, daging, atau fish patties. Untuk menambah rasa dan tekstur, cơm tấm dihidangkan acar, sayuran, bawang bombai, dan saus.

3.  Gỏi

9 Aneka Kuliner dari Daerah Vietnam Selatan, Unik dan Kaya Rempah! instagram.com/f3n_31

Gỏi adalah salad khas Vietnam yang terdiri dari kubis, turnip, pepaya, mangga muda, bunga pisang, dan timun. Kadang diberi wortel, chilli pepper, atau kacang, dan diberi dressing berupa saus khas Vietnam yaitu nước chấm.

4. Bún mắm

9 Aneka Kuliner dari Daerah Vietnam Selatan, Unik dan Kaya Rempah! instagram.com/wokandkin

Bún mắm adalah seperti mie kuah namun mie-nya berupa rice noodle dan kuahnya terbuat dari air kaldu dari udang, squid, catfish, dan terong yang membuat makanan ini kaya rasa dan aroma. Bún mắm juga biasa disajikan dengan fish cake, daging, dan berbagai sayuran.

Baca Juga: Cita Rasa Autentik, Inilah 5 Jenis Hidangan Seafood Khas Vietnam

5. Chan chua

9 Aneka Kuliner dari Daerah Vietnam Selatan, Unik dan Kaya Rempah! instagram.com/mrfrankstagram

Chan chua merupakan sup tradisional Vietnam dari daerah Delta Mekong. Sup ini erbuat dari aneka seafood seperti belut, udang, snakehead, dan catfish, dipadu dengan tomat, okra, tamarind, kecambah, dan nanas.

Chan chua memiliki cita rasa rempah yang kaya dan kuat. Sup ini biasa disajikan dengan rice noodle dan jasmine rice.

6. Hủ tiếu nam vang

9 Aneka Kuliner dari Daerah Vietnam Selatan, Unik dan Kaya Rempah! instagram.com/ indistantlands

Hủ tiếu nam vang merupakan salah satu sup yang terdiri dari rice noodles dengan kuah dari kaldu pork, dried squid, dan udang. Topping-nya terdiri dari pork, telur puyuh, poached shrimp, dan ditaburi bawang goreng.

7.  Cơm tấm sườn

9 Aneka Kuliner dari Daerah Vietnam Selatan, Unik dan Kaya Rempah! instagram.com/vietnamesegod

Cơm tấm sườn adalah kuliner klasik Vietnam yang biasanya dimakan saat sarapan. Makanan ini terdiri dari nasi cơm tấm dengan daging bakar, bawang putih masak, acar, dan fish sauce.

8. Canh nấm tràm

9 Aneka Kuliner dari Daerah Vietnam Selatan, Unik dan Kaya Rempah! du-lich.net

Canh nấm tràm merupakan sup khas dari daerah Phu Quoc terdiri dari aneka seafood segar dan jamur Malaleuca. Sup ini disajikan dengan berbagai sayuran dan daun ketela. Agar lebih nikmat canh nấm tràm diberi taburan lada hitam untuk memperkuat rasa dan aroma.

9. Gỏi cá trích

9 Aneka Kuliner dari Daerah Vietnam Selatan, Unik dan Kaya Rempah! instagram.com/amyjuly7

Gỏi cá trích merupakan salad khas daerah Phu Quoc. Salad segar ini terdiri dari kombinasi ikan herring, mint, bawang putih, parutan kelapa, sayuran hijau, rice paper dan dihidangkan bersama saus khas Phu Quoc.

Nah, itulah sembilan kuliner khas dari negara Vietnam bagian utara. Sup, salad, seafood, dan nasi menjadi komponen yang banyak dipakai di setiap kuliner. Unik dan menarik, ya. Duh, jadi bikin pengin liburan ke Vietnam dan mencicipi makanan di atas.

Baca Juga: 8 Situs Warisan Budaya di Vietnam yang Wajib Masuk Bucket List Kamu

Wanudya A Photo Verified Writer Wanudya A

You'll never walk alone.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya