Comscore Tracker

5 Macam Saus Fermentasi Kedelai, Kunci Lezat Masakan Korea Selatan

Aneka saus yang bikin masakan Korea jadi sedap!

Kedelai merupakan bahan makanan yang erat hubungannya dengan negara Korea. Terdapat aneka macam produk kedelai dari Korea Selatan, salah satu di antaranya adalah saus fermentasi kedelai, yang menjadi bumbu esensial dalam kuliner Korea Selatan.

Saus fermentasi kedelai yang dibuat secara tradisional memiliki rasa khas yang berbeda karena bakteri yang terlibat di dalamnya juga berbeda-beda. Tetapi, untuk saus yang dibuat dari pabrik biasanya hanya melibatkan monomikroba saja, sehingga rasanya lebih sederhana daripada yang dibuat secara tradisional.

Nah, apa saja saus fermentasi kedelai dari Korea Selatan? Artikel ini akan membahas macam-macam saus fermentasi Korea Selatan. Simak artikel berikut, ya!

1.  Macam produk saus fermentasi kedelai dari Korea Selatan

5 Macam Saus Fermentasi Kedelai, Kunci Lezat Masakan Korea Selataninstagram.com/nutthaus

Produk fermentasi kedelai dari Korea Selatan biasa disebut dengan jang, yang terdiri dari ganjang, doenjang, gochujang, dan cheonggukjang. Ganjang, doenjang, dan gochujang terbuat dari kedelai yang dihancurkan, dikeringkan, dan berbentuk balok bernama meju, sedangkan cheonggukjang dibuat dari kedelai utuh yang sudah dimasak kemudian difermentasi.

Cheonggukjang hampir mirip dengan natto dari Jepang, doenjang adalah pasta kedelai terfermentasi, ganjang adalah soy sauce, sedangkan gojuchang adalah pasta kedelai fermentasi yang dicampur bubuk cabai.

2. Ganjang

5 Macam Saus Fermentasi Kedelai, Kunci Lezat Masakan Korea Selataninstagram.com/maumsik

Ganjang atau soy sauce secara tradisional terbuat dari meju yang difermentasi.

Pertama, mempersiapkan meju dari kedelai yang sudah masak dan difermentasi sekitar satu hingga dua bulan sampai menyerupai fermentasi padat, kemudian meju dibiarkan hingga satu hingga dua bulan lagi di toples gerabah besar dan ditambahkan larutan garam sebagai larutan fermentasi. Setelah itu terbentuklah larutan dan padatan dari fermentasi meju tersebut. Larutan dan padatan tersebut dipisahkan, larutannya menjadi ganjang dan padatannya menjadi doenjang.

Ganjang memiliki rasa asin yang didapat dari asam amino bebas. Ganjang juga dipercaya memiliki efek antioksidan hasil dari proses fermentasi yang membantu mencegah terjadinya kanker.

Baca Juga: Hasil dari Fermentasi, 5 Makanan India ini Mirip Tempe Khas Indonesia

3. Doenjang

5 Macam Saus Fermentasi Kedelai, Kunci Lezat Masakan Korea Selataninstagram.com/minuskitchen

Doenjang memiliki cara pembuatan tradisional yang sama dengan ganjang, dari fermentasi meju, larutannya menjadi ganjang, sedangkan padatannya dibuat menjadi doenjang. Untuk fermentasi lebih lanjut, tambahkan sereal matang dan meju lagi ke dalam padatan fermentasi meju tadi, dan fermentasi selama tiga hingga enam bulan. Voila! Jadilah doenjang.

Doenjang biasanya berwarna cokelat muda dan disajikan dalam bentuk pasta yang lama kelamaan akan menghitam seiring berjalannya waktu. Hal tersebut terjadi karena adanya reaksi kimia seperti reaksi Maillard.

Doenjang sering digunakan dalam pembuatan sup dan dimakan bersama sayuran. Mengonsumsi doenjang dipercaya meningkatkan daya tahan tubuh, lho!

4. Gochujang

5 Macam Saus Fermentasi Kedelai, Kunci Lezat Masakan Korea Selataninstagram.com/iheartumami.ny

Pasti tak asing kan dengan saus asal Korea Selatan ini? Gochujang merupakan saus pedas yang sering hadir di masakan-masakan Korea Selatan.

Gochujang telah menjadi representative makanan tradisional Korea lebih dari seribu tahun, lho! Secara tradisional, gojuchang terbuat dari campuran bubuk cabai, bubuk meju, garam, malt-digested rice syrup, dan tepung beras, campuran tersebut kemudian difermentasi selama enam bulan.

Gojuchang memiliki warna merah, berbentuk pasta, dan  bercita rasa pedas, gurih, dan manis yang khas. Saus ini sudah tentunya banyak digunakan dalam aneka makanan Korea, seperti budae jigae, kimchi, nasi goreng, tteokbokki, dan lainnya.

Gochujang dipercaya dapat meningkatkan Kesehatan pencernaan dan kaya akan antioksidan. Capsaicin yang terkandung dalam gochujang juga dapat membantu menurunkan berat badan. Di Indonesia sendiri sudah mudah menemukan saus ini di berbagai online shop.

Hayo, siapa yang suka mengonsumsi makanan dari gochujang?

5. Cheonggukjang

5 Macam Saus Fermentasi Kedelai, Kunci Lezat Masakan Korea Selataninstagram.com/chae_melbourne

Nah, dari empat produk Jang, cheonggukjang memiliki waktu fermentasi yang paling singkat. Cheonggukjang tidak terbuat dari meju seperti yang lainnya, namun terbuat dari kacang kedelai yang dimasak kemudian difermentasi pada suhu tinggi sekitar 40-43 derajat celcius, selama 2 hingga 4 hari.

Cheonggukjang memiliki rasa dan aroma yang kuat, aroma saus ini kurang lebih seperti keju yang busuk. Di samping itu, cheonggukjang memilki rasa umami seikit asin yang kuat dan menambah cita rasa masakan. Cheonggukjang biasanya menjadi bahan sup tahu dan sayuran.

Tidak hanya memperkuat cita rasa masakan, tapi juga kaya akan vitamin dan mineral, juga mengandung serat dan protein.

Nah, itulah serba-serbi dari saus fermentasi kedelai asal Korea, saus-saus tersebut tidak hanya menambah cita rasa makanan tetapi juga memiliki manfaat untuk Kesehatan tubuh. Di antara kamu ada yang suka memasak dengan salah satu saus di atas?

Baca Juga: 5 Produk Fermentasi Khas Indonesia Ini Manfaatnya Luar Biasa

Wanudya A Photo Verified Writer Wanudya A

You'll never walk alone.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya