Comscore Tracker

5 Trivia Madumongso, Camilan Manis dan Legit yang Mulai Langka

Camilan ini sudah ada dari zaman Mataram kuno #LokalIDN

Madumongso merupakan makanan manis yang terbuat dari ketan hitam. Tak hanya manis, camilan asal Jawa Timur ini juga memiliki rasa asam dan bertekstur lengket seperti dodol.

Madu mongso biasanya disajikan saat lebaran, pernikahan, sunatan, dan hari istimewa lainnya. Konon katanya, madu mongso sudah ada sejak zaman kerajaan, lho!

Nah ingin tahu serba-serbi dari madu mongso yang kini mulai langka? Simak terus artikel berikut, ya!

1. Madumongso sudah ada sejak zaman kerajaan

5 Trivia Madumongso, Camilan Manis dan Legit yang Mulai Langkailustrasi madumongso (instagram.com/yasmincookies)

Madumongso berasal dari kata madu yang artinya cairan manis dan mongso artinya dimakan sehingga madumongso dapat diartikan sebagai makanan manis untuk dimakan. Konon katanya camilan manis ini sudah ada sejak zaman kerajaan Mataram kuno.

Pada zaman tersebut, madumongso hanya dihidangkan untuk para raja dan saat perayaan atau ritual besar. Pada zaman dulu madumongso termasuk makanan istimewa, mahal, dan susah didapat.

2. Rasa dan tekstur madumongso manis dan legit

5 Trivia Madumongso, Camilan Manis dan Legit yang Mulai Langkailustrasi madumongso (instagram.com/banjarmasinfood)

Madumongso memiliki rasa yang mirip dengan jenang yaitu manis, legit, dan sedikit asam. Tekstur madumongso pun juga hampir mirip jenang yaitu berminyak dan lengket, hanya saja madumongso lebih padat daripada jenang.

Madumongso yang sudah jadi memiliki warna hitam karena terbuat dari ketan hitam, padat tapi lengket. Untuk penyajiannya, madumongso dibungkus kertas minyak warna warni atau plastik bening.

Baca Juga: 5 Camilan Snack Lezat Berbahan Makaroni, Banyak Ragamnya!

3. Madumongso terbuat dari tape ketan hitam

5 Trivia Madumongso, Camilan Manis dan Legit yang Mulai LangkaTape ketan hitam sebagai bahan untuk membuat madumongso (instagram.com/idaamal12)

Bahan utama dari madumongso adalah tape ketan hitam. Tape ketan hitam inilah yang membuat madumongso memiliki rasa sedikit asam.

Tape ketan hitam terbuat dari ketan hitam dan ragi. Ketan hitam dicuci hingga bersih, ditiriskan, dan dikukus sekitar 30 menit. Setelah itu, ketan hitam yang sudah dikukus dan didinginkan, ditaburi dengan ragi, diratakan, diayak, dan dicampur hingga merata.  Setelah itu, ketan dipindahkan ke wadah yang bersih dan bungkus ketan sampai tertutup semuanya menggunakan daun pisang dan diamkan selama kurang lebih tiga hari.

Voila, tape ketan hitam dapat digunakan untuk madu mongso!

4. Pembuatan madumongso cukup mudah, lho!

5 Trivia Madumongso, Camilan Manis dan Legit yang Mulai Langkailustrasi madumongso (instagram.com/kedirikusukasuka)

Bahan untuk membuat madu mongso terdiri dari tape ketan hitam, santan, gula jawa, dan daun pandan. Terlebih dulu tape ketan hitam ditiriskan hingga tak mengeluarkan air.

Santan direbus bersama dengan pandan hingga mengental lalu masukkan gula jawa dan diaduk hingga rata. Setelah itu, masukkan ketan hitam dan aduk hingga tercampur dan mengental. Langkah selanjutnya adalah menuang adonan ke wadah yang bersih, ratakan, dan dinginkan. Setelah dingin, adonan madu mongso bisa dikemas ke dalam daun pisang atau plastik.

Madu mongso siap disajikan!

5. Madumongso biasanya disajikan di acara-acara besar

5 Trivia Madumongso, Camilan Manis dan Legit yang Mulai Langkailustrasi madumongso (instagram.com/ariek_basuki)

Jika dahulu madumongso hanya dinikmati oleh raja-raja, sekarang madumongso bisa dinikmati semua kalangan. Selain dapat dibeli di pasar, biasanya, madumongso hadir pada perayaan-perayaan terutama yang masih di desa-desa. 

Madumongso biasa disajikan di resepsi pernikahan, khitan, aqiqah, dan lain lain. Madumongso kadang juga disajikan saat hari lebaran, lho!

Camilan tradisional ini memiliki rasa manis khas yang bikin ketagihan, sayangnya madu mongso kin cukup langka di pasaran. Itulah 5 serba-serbi dari madu mongso, si manis legit dari Jawa Timur. Adakah dari kalian yang suka dengan madumongso?

Baca Juga: 5 Resep Camilan Berbahan Pisang untuk Menemani WFH-mu di Rumah

Wanudya A Photo Verified Writer Wanudya A

You'll never walk alone.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya