Comscore Tracker

Sama-sama Nasi Pecel, Ini 5 Perbedaan Nasi Pecel dari Madiun dan Solo

Walau sedikit berbeda, tetapi tetap enak di lidah #LokalIDN

Nasi pecel merupakan salah satu kuliner Indonesia yang sudah tersebar di penjuru daerah. Makanan ini terdiri dari nasi, sayuran, sambal pecel, dan aneka lauk-pauk sehingga menjadikannya salah satu complete meal, karena dalam satu porsi nasi pecel sudah ada karbohidrat, protein, sayuran, serta lemak.

Nasi pecel popular di daerah Madiun dan sekitarnya, seperti Magetan, Ngawi, dan Ponorogo. Tak hanya daerah-daerah tersebut, nasi pecel juga sudah menyebar luas di daerah-daerah lain, salah satunya seperti Solo.

Walaupun pecel di Madiun dan Solo hampir sama, ternyata keduanya memiliki perbedaan, seperti sayuran dan cita rasa sambalnya. Nah, apa saja perbedaan pecel dari dua kota ini? Artikel berikut akan membahas lima perbedaan pecel dari Madiun dan Solo.

1. Sayuran yang ada di nasi pecel  

Sama-sama Nasi Pecel, Ini 5 Perbedaan Nasi Pecel dari Madiun dan Soloinstagram.com/sasmitaedo

Nasi pecel biasanya dijuluki sebagai salad Indonesia karena terdiri dari sayuran kemudian diberi dressing berupa sambal kacang. Baik pecel dari Solo maupun dari Madiun terdapat sayuran rebus.

Sayuran pada pecel madiun biasanya terdiri dari kangkung atau kenikir rebus, tauge rebus, lamtoro, bunga turi rebus, kacang Panjang rebus, dan kemangi. Sedangkan pecel solo, sayurannya terdiri dari kangkung atau, taoge, kacang panjang rebus, dan ada juga yang menambahkan bunga turi.

2. Sama-sama sambal pecel, namun keduanya memiliki cita rasa yang sedikit berbeda 

Sama-sama Nasi Pecel, Ini 5 Perbedaan Nasi Pecel dari Madiun dan Soloinstagram.com/infomakansolo

Walaupun sama-sama sambal pecel yang terbuat dari kacang, keduanya memiliki cita rasa yang berbeda. Sambal pecel dari Madiun memiliki cita rasa yang cenderung lebih pedas dam gurih, dengan rasa kencur yang sedikit terasa daripada sambal pecel dari Solo. Pecel dari Solo memiliki cita rasa yang cenderung pedas dan manis. Warna pecel dari Solo cenderung lebih gelap daripada pecel dari Madiun.

Nah, untuk kalian yang tidak terlalu suka pedas kemungkinan akan lebih cocok dengan sambal pecel dari Solo. Sedangkan untuk kalian yang suka cita rasa gurih, pedas, dan manis, bisa mencoba sambal pecel dari Madiun. Namun, kedua pecel ini enak semua, lho!

Baca Juga: 5 Fakta Unik SGPC Bu Wiryo, Nasi Pecel Legendaris di Kawasan UGM

3. Biar makin nikmat, menyantap nasi pecel harus dengan lauk pendampingnya  

Sama-sama Nasi Pecel, Ini 5 Perbedaan Nasi Pecel dari Madiun dan Soloinstagram.com/madiunfoodexplore

Nasi pecel lebih nikmat dipadukan dengan berbagai lauk. Nasi pecel dari Madiun biasanya disantap bersama lauk berupa kering tempe, serundeng, tempe goreng, telur asin atau telur rebus, atau dengan berbagai jeroan.

Di Solo, nasi pecel dari Solo biasanya disajikan bersama sate jeroan, tempe goreng, tempe bacem, atau bahkan jamur goreng. Apa nih, lauk pendamping nasi pecel favorit kalian?

4. Tambahan kerupuk dalam nasi pecel bikin tambah nikmat  

Sama-sama Nasi Pecel, Ini 5 Perbedaan Nasi Pecel dari Madiun dan Soloinstagram.com/wisatakulinermadiun

Selain lauk pauknya, tak lengkap rasanya menyantap pecel tanpa ada sensai kriuk-kriuk-nya. Di dalam satu piring nasi pecel dari Madiun, akan ada rempeyek kacang atau ikan teri yang menemani. Atau biasanya nasi pecel dari Madiun disajikan bersama dengan kerupuk puli (kerupuk yang terbuat dari nasi) atau keripik tempe.

Nasi pecel dari Solo juga biasanya disajikan bersama dengan rempeyek, ada juga yang disajikan dengan kerupuk putih biasa, atau ada pula yang disajikan dengan jamur tepung yang digoreng garing.

Kalian lebih suka pakai kerupuk yang mana, nih?

5. Tidak hanya nasi, karbohidrat lain bisa dipakai untuk menyantap pecel 

Sama-sama Nasi Pecel, Ini 5 Perbedaan Nasi Pecel dari Madiun dan Soloinstagram.com/warungjuwara

Tak hanya nasi saja, pecel juga bisa disantap bersama karbohidrat lain selain nasi. Di Madiun, ada makanan yang bernama tepo pecel. Komponennya sama dengan nasi pecel, hanya saja nasinya diganti dengan tepo. Tepo ini adalah makanan seperti lontong yang terbuat dari beras. Sedangkan di Solo, pecel bisa disantap bersama mie kuning sebagai pengganti nasi. Menggoda ya.

Nah, itulah lima perbedaan nasi pecel di Madiun dan Solo. Walaupun ada perbedaan, baik pecel dari Solo dan Madiun ini tetap enak disantap, lho!

Dari kalian, mana nih yang bucin dengan nasi pecel?

Baca Juga: 5 Kreasi Resep Pecel yang Enak dan Praktis, Kenyangnya Tahan Lama

Wanudya A Photo Verified Writer Wanudya A

You'll never walk alone.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya