Comscore Tracker

7 Ragam Kuliner Olahan Tahu khas Jawa Timur, Gurih dan Nagih!

Olahan tahu khas Jawa Timur yang bikin nambah #LokalIDN

Tahu menjadi salah satu bahan makanan popular di Indonesia. Tahu pun dapat diolah menjadi banyak makanan, bisa dibuat tumis, sup, satai, dan lain-lain.

Di Jawa Timur, olahan tahu sangatlah beraneka ragam. Beberapa daerah memiliki andalan kuliner berbahan tahu yang wajib untuk dicoba.

Nah, kuliner tahu apa saja yang populer di beberapa daerah di Jawa Timur? Artikel ini akan membahas mengenai tujuh kuliner tahu di Jawa Timur. 

1. Tahu campur khas Lamongan

7 Ragam Kuliner Olahan Tahu khas Jawa Timur, Gurih dan Nagih!ilustrasi tahu campur (instagram.com/kulinergresik)

Kuliner tahu campur berasal dari Lamongan. Tahu campur terdiri dari tahu, taoge, mie kuning, selada, perkedel singkong, dan tetelan sapi, yang disajikan dengan kuah kaldu sapi dan diberi bumbu petis yang menambah rasa gurih dan kenikmatan tahu campur.

Kuah tahu campur terbuat dari kaldu sapi yang dimasak bersama bumbu halus. Bumbu halusnya sendiri terbuat dari bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe, kencur, merica, ketumbar, dan jintan. Bumbu halus ditumis terlebih dahulu, kemudian diberi daun salam, daun jeruk, dan sereh. Setelah itu bumbu halus tersebut dimasak bersama dengan kuah kaldu.

Penyajian dari tahu campur adalah dengan mencampur petis dengan kuah kaldu secukupnya. Lalu ditambahkan berbagai bahan yang lain seperti tahu goreng, taoge, mie, dan lainnya, setelah itu baru disiram dengan kuah kaldu.

Tahu campur lebih mantap jika disantap dengan kerupuk udang, sambal, dan taburan bawang goreng.

2. Tahu telur khas Surabaya

7 Ragam Kuliner Olahan Tahu khas Jawa Timur, Gurih dan Nagih!ilustrasi tahu telur (instagram.com/verajj)

Beralih ke Surabaya, terdapat satu hidangan yang menarik untuk disantap, yaitu tahu telur.

Tahu telur terdiri dari tahu dan telur yang dicampur dan digoreng menjadi satu dan bumbu kacang yang gurih. Bumbu kacang ini terbuat dari kacang, bawang putih, bawang merah goreng, cabai rawit, garam, jeruk nipis dan air.

Penyajiannya adalah dengan menyajikan tahu dan telur yang sudah digoreng, lontong, taoge, kemudian disiram dengan bumbu kacang yang gurih.

Agar memberi rasa manis dapat diberi kecap manis, tambah sedap jika diberi taburan bawang goreng dan irisan daun bawang. Maknyus!

3. Tahu tek khas Surabaya 

7 Ragam Kuliner Olahan Tahu khas Jawa Timur, Gurih dan Nagih!ilustrasi tahu tek (instagram.com/cede.cede)

Tahu tek merupakan salah satu kuliner khas Kota Surabaya. Konon katanya nama tahu tek diambil karena para pedagang kuliner ini mengeluarkan bunyi tek tek tek saat menggunting bahan-bahannya, sehingga orang-orang pun menamai kuliner ini tahu tek.

Tahu tek terdiri dari tahu, kentang, telur, taoge, dan sambal petis. Sambal petis ini yang membedakan tahu tek dan tahu telur. Sambal petis terbuat kacang tanah, bawang  putih, garam, kecap, dan petis yang diulek hingga rata. Tahu, kentang, lontong, dan telur dipotong-potong kemudian diberi taoge di atasnya, lalu disiram dengan sambal petisnya, dan dihidangkan bersama dengan kerupuk.

Baca Juga: Tipat Cantok Olahan Ketupat khas Bali, Ide Sarapan Sehat!

4. Tahu bumbu khas Blitar

7 Ragam Kuliner Olahan Tahu khas Jawa Timur, Gurih dan Nagih!ilustrasi tahu bumbu (instagram.com/njajan.tulungagung)

Tahu bumbu atau dikenal juga dengan lontong tahu merupakan kuliner khas Blitar, Tulungagung, dan sekitarnya. Sekilas makanan ini mirip dengan tahu tek, namun bedanya sambal kacang petis di tahu bumbu lebih kasar daripada tahu tek.

Tahu bumbu terdiri dari tahu goreng, lontong, taoge, lalu disiram dengan bumbu kacang petis. Tahu bumbu dihidangkan bersama taburan kucai, bawang goreng, dan kerupuk.

Kuliner ini jadi primadona kuliner malam di Blitar.

5. Tepo tahu khas Magetan

7 Ragam Kuliner Olahan Tahu khas Jawa Timur, Gurih dan Nagih!ilustrasi tepo tahu (instagram.com/kulinerkotangawi)

Kuliner tepo tahu berasal dari Magetan, Jawa Timur. Tepo adalah makanan sejenis lontong yang terbuat dari beras. Tepo tahu memiliki cita rasa yang manis, asam, pedas, gurih, dan segar.

Makanan ini terdiri dari tahu yang dipotong dadu lalu digoreng hingga cukup kering. Kemudian tepo juga diiris, lalu disiram kuah yang segar.

Kuah dari tepo tahu terdiri dari kacang tanah goreng, bawang putih, garam, daun jeruk yang digoreng bersamaan, kemudian digerus dengan air, dan diberi gula serta kecap untuk memberi rasa manis. Perpaduan rasa yang segar dan menggoda!

6. Tahu takwa khas Kediri

7 Ragam Kuliner Olahan Tahu khas Jawa Timur, Gurih dan Nagih!ilustrasi tahu takwa (instagram.com/fitri.sanuk)

Tahu takwa merupakan makanan legendaris khas Kediri yang biasanya menjadi buah tangan saat setelah berkunjung dari Kediri.

Tahu takwa kediri memiliki bentuk yang lebih besar dan padat dibandingkan tahu yang lain,tahu takwa  berwarna kuning yang berasal dari campuran kunyit. Tahu takwa bisa langsung dimakan langsung karena sudah melalui proses perebusan atau bisa digunakan sebagai masakan.

Nama tahu takwa berasal dari nama Suku Hokkian yang bermukim di Kediri kala itu, yaitu Suku Kwa. Tapi karena pelafalannya susah bagi orang lokal Kediri, maka disebutlah tahu takwa atau takwa.

Kalau kalian berkunjung ke Kediri, wajib banget untuk membeli tahu takwa sebagai oleh-oleh!

7. Stik tahu khas Kediri

7 Ragam Kuliner Olahan Tahu khas Jawa Timur, Gurih dan Nagih!ilustrasi stik tahu (instagram.com/ikmkota_kediri)

Ingin membeli oleh-oleh dari Kediri? Selain tahu takwa, stik tahu juga bisa menjadi pilihan. Stik tahu terbuat dari tahu, tepung maizena, tepung terigu, dan berbagai rempah. Stik tahu berbentuk balok dengan tekstur garing namun lembut di dalam.

Rasanya sendiri gurih menyerupai tahu goreng tapi lebih garing dan renyah. Cocok nih untuk dijadikan oleh-oleh.

Tahu tentunya merupakan bahan makanan yang bisa diolah menjadi berbagai makanan yang lezat, seperti beberapa kuliner dari berbagai daerah di Jawa Timur di atas.

Itulah tujuh makanan berbahan tahu yang popular di beberapa wilayah di Jawa Timur. Jika berkunjung di daerah-daerah di atas, jangan lupa untuk mencicipi kuliner tahunya yang menggoda ya!

Baca Juga: 8 Macam Olahan Tahu Khas Jawa Tengah yang Populer, Mana Favoritmu?

Wanudya A Photo Verified Writer Wanudya A

You'll never walk alone.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya